Film Terbaik Karya Georges Méliès Yang Menjadi Google Doodle Hari Ini



"Film Terbaik Karya Georges Méliès Yang Menjadi Google Doodle Hari Ini" - Teman anehtapinyata.net tampilan mesin pencari Google hari ini nampaknya berbeda dari biasanya. Bukan foto atau animasi yang ditampilkan, Google Doodle hari ini menampilkan Virtual Reality (VR) 360 derajat dalam sebuah video untuk pertama kalinya. Diketahui jika Doodle interaktif tersebut merupakan hasil kolaborasi Google Spotlight Stories dan Google Arts & Culture bersama tim Cinémathèque Française. Jika diklik, maka kita akan disuguhkan dengan tampilan video Youtube 360 derajat yang berdurasi 2 menit 10 detik lengkap dengan suara instrumen musik klasik.



Teman anehtapinyata.net tampilan VR pertama di Google Doodle tersebut bukanlah tanpa sebab, hal ini dilakukan Google untuk menghormati dan mengenang sosok Georges Méliès, sosok sineas Perancis yang memelopori beragam teknik film dalam aspek teknis dan naratif di masa awal perfilman yang hingga kini masih digunakan dan menginspirasi sineas modern. Pria kelahiran Perancis, 8 Desember 1861 dan meninggal pada 21 Januari 1938 ini diberi penghormatan pada tanggal 3 Mei karena pada tanggal inilah tepat dia merilis film berjudul À la Conquête du Pôle atau The Conquest of the Pole, yakni pada 3 Mei 1912. Film ini bercerita tentang ilmuwan dari seluruh penjuru dunia yang berkumpul dan mendiskusikan cara terbaik untuk mencapai kutub utara. Setelah membuat sejumlah peralatan inovatif, para ilmuwan itu pun melakukan perjalanan ke Kutub Utara dan menemukan berbagai hal di luar dugaan. Film ini menampilkan perpaduan unik dari trik sulap dan teknik sinematografi, sehingga tak heran jika konsepnya tersebut menjadi inspirasi hingga saat ini.

Teman anehtapinyata.net selain À la conquête du pôle, George Méliès juga melahirkan banyak karya film yang mendunia dan mengagumkan tercipta dari tangan dinginnya, kolaborasi antara teknik penyutradaraan dan trik sulap yang dia sisipkan. Penasaran film apa saja itu? Berikut kami rangkum 5 film karya terbaik dari George Méliès, semoga bermanfaat.


The Vanishing Lady (1896)



Teman anehtapinyata.net The Vanishing Lady merupakan film yang menggunakan efek spesial tertua yang hinnga saat ini masih digunakan oleh sutradara kenamaan dunia. Efek tersebut dikenal sebagai "jump cut". Uniknya, efek tersebut ditemukan oleh Méliès secara tak sengaja ketika kameranya macet saat merekam adegan di jalan. Ketika ia memutar film hasil rekamannya yang macet itu, gambar taksi yang terekam ternyata berubah menjadi mobil jenasah.

The Four Troublesome Heads (1898)



Teman anehtapinyata.net film satu ini dikenal sebagai salah satu film bertema ilmu hitam terbaik. Salah satu adegan yang tak akan dilupakan penonton film ini adalah saat Méliès memisahkan kepala dari badannya, kemudian melemparkan kepala itu ke udara.

Joan of Arc (1900)



Teman anehtapinyata.net film ini adalah yang pertama menceritakan kisah kehidupan pejuang Katolik Perancis, Joan of Arc atau Jeanne d'Arc. Film ini juga merupakan batu loncatan terbesar bagi Méliès dalam profesi lainnya sebagai pendongeng naratif. Dalam film ini, Méliès menggunakan sejumlah efek spesial yang lebih canggih pada masanya. Termasuk efek larut (dissolves) dan superimposisi dalam kemunculan sosok malaikat sebagai adegan pembuka.

A Trip to the Moon (1902)



Teman anehtapinyata.net film ini dikenal dunia sebagai film fiksi imliah pertama. Soalnya film ini menyajikan banyak animasisi dan efek spesial yang inovatif. Pada masanya, adegan pendaratan pesawat ruang angkasa di bulan dalam film tersebut jelas bisa membuat khayalan penontonnya seolah menjadi nyata. Meski hanya berdurasi 15 menit, film ini merupakan film terpanjang pertama saat itu. Setelah sempat hilang, versi berwarna dari film ini akhirnya ditemukan kembali di Barcelona, Spanyol pada 1993 dan direstorasi untuk kemudian ditampilkan dalam Cannes Film Festival, 17 tahun kemudian.

The Merry Frolics of Satan (1906)



Teman anehtapinyata.net film ini sebenarnya bukanlah salah satu film Méliès yang banyak dikenal masyarakat umum. Namun di kalangan penggian sinematografi, film ini menjadi salah satu referensi penting. Salah satu adegan penuh efek spesial dalam film ini adalah saat sebuah kereta ditarik oleh kuda tengkorak menembus awan di langit.