Asiaforbet

Tuesday, May 8, 2018

author photo

"Kue Tradisional Khas Indonesia Yang Keberadaannya Mulai Menghilang" - Teman anehtapinyata.net Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman suku dan budaya. Hal tersebut jugalah yang membuat Indonesia memiliki beraneka ragam jenis kuliner khas dan termasuk juga kue khasnya. Mengusung cita rasa yang berbeda-beda, kue tradisional khas Indonesia kerap menjadi tujuan wisata kuliner turis. Namun kini, keberadaannya nampaknya sudah terkikis, kalah akan kue moderen yang menyerbu pasaran. Disamping itu pembuatnya mungkin juga sudah jarang dan tidak diwariskan, sehingga keberadaan kue tradisional ini lambat laun semakin berkurang. Kue-kue tradisional ini dapat membuat kita kangen untuk mencicipinya lagi. Untuk itu berikut kami rangkum beberapa kue tradisional Indonesia yang dapat membuat kita bernostalgia ke masa lalu. Semoga bermanfaat.


Ciwel Ireng


Teman anehtapinyata.net kue yang satu ini memang terlihat tidak menarik karena warnanya yang hitam. Namun jangan salah, dibalik warnanya yang gelap tersebut, rasa kue ini sangatlah manis. Ciwel Ireng merupakan jajanan pasar khas Kota Kebumen. Kue ini terbuat dari singkong yang dihaluskan. Makanan ini jarang diketahui orang masa kini karena memang sangat susah untuk ditemui.

Kue Lumpur


Teman anehtapinyata.net dari namanya mungkin terdengar aneh dan membuat kita penasaran dengan kue ini. Kue lumpur memiliki rasa yang nikmat dan bikin ketagihan. Diberi nama kue lumpur karena tekstur dari kue ini lembut dan halus. Selain itu aroma serta rasa dari kue ini khas dan menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Kue lumpur menggunakan bahan utama santan, kentang, tepung terigu, dan telur. Sebagai pewanginya digunakan vanila, dan seringkali diberi hiasan berupa kismis dan kelapa muda iris, yang ditaruh tepat di atas permukaannya. Kue ini tergolong kue basah, sehingga tidak tahan disimpan lama-lama.

Kue Putu


Teman anehtapinyata.net nama kue yang satu ini mungkin cukup familiar ditelinga teman semua. Kue Putu memiliki komposisi Gula Jawa, parutan Kelapa, dan Tepung Beras butiran kasar. Cara membuatnya ialah dengan dikukus, dan diletakkan di dalam tabung bambu dengan sedikit dipadatkan, dan biasanya dijual pada saat matahari terbenam sampai larut malam. Nama kue tradisional ini berasal dari bunyi khas uap yang keluar dari alat suitan yang digunakan untuk membuat Kue Putu. Suara ini juga menjadi ciri khas untuk memanggil pelanggan. Dengan warna alami nan menggoda dan wangi aroma daun pandan serta manisnya gula jawa membuat kenikmatan tersendiri dalam menyantap kue tradisional yang satu ini.

Getuk Lindri


Teman anehtapinyata.net kue jajanan pasar yang satu ini terbuat dari bahan utama singkong dengan toping parutan kelapa ditambah gula pasir. Untuk mempercantiknya biasanya ditambah dengan pewarna untuk menarik minat pembeli. Getuk Lindri merupakan kue Tradisional Jawa, dan banyak terdapat di pasar-pasar tradisional, maupun toko-toko kue di perkotaan. Kue ini terkenal sejak zaman dahulu, dan banyak disukai karena murah meriah, serta memiliki rasa yang lezat.

Kue Bandros


Teman anehtapinyata.net kue Bandros mirip dengan kue Pukis atau kue Balok, karena sama-sama menggunakan cetakan yang sama. Kue Bandros terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut, dan juga santan. Dalam penyajiannya, kue ini menggunakan taburan gula pasir agar lebih nikmat. Kue ini sangat pas dinikmati untuk teman kopi atau teh manis.

Awug


Teman anehtapinyata.net kue Awug berasal dari tanah Pasundan, Bandung. Pada zaman dulu, kue ini dibuat saat musim panen telah usai. Awug terbuat dari tepung beras yang dicampur parutan kelapa, perasa pandan, dan gula merah. Semua bahan tersebut dicampurkan, dan kemudian dikukus di atas api sedang. Proses memasak Awug cukup unik karena menggunakan wadah khusus yang berbentuk kerucut, dan terbuat dari anyaman bambu untuk mengukusnya. Biasanya Awug dinikmati oleh masyarakat Sunda, bersama segelas teh hangat agar lebih nikmat tatkala mereka sedang bersantai.

Kue Klepon


Teman anehtapinyata.net kue yang satu ini memang terkenal tidak hanya di Indonesia melainkan juga di dunia. Kue Klepon merupakan makanan khas Indonesia yang  mendunia. Jajanan pasar yang satu ini terbuat dari tepung beras ketan, yang dibentuk menyerupai bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah, kemudian direbus dalam air mendidih. Sebagai toping dalam penyajiannya dibaluri parutan kelapa. Selain rasanya yang sudah pasti lezat, kue tradisional ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal.




Next article Next Post
Previous article Previous Post
 
close
Banner iklan