Makanan Dan Minuman Enak Khas Bulan Ramadan


"Makanan Dan Minuman Enak Khas Bulan Ramadan" - Teman anehtapinyata.net ada begitu banyak makanan dan minuman khas Ramadan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Makanan dan minuman ini biasanya menjamur dijual untuk menemani menu sahur dan berbuka. Jika belum menjadikan makanan dan minuman ini sebagai menu berbuka atau sahur, mungkin Ramadan akan terasa berbeda. Penasaran apa saja makanan dan minuman khas Ramadan masyarakat Indonesia? Berikut informasinya.


Gulai Siput


Teman anehtapinyata.net pernahkah teman mencoba gulai siput? Makanan khas yang satu ini merupakan gulai berbahan utama siput sawah dengan tambahan daun pakis, pucuk daun ubi, daun keladi, dan terong. Makanan ini menjadi hidangan berbuka khas Tanjung Pinang, Riau.

Kolak


Teman anehtapinyata.net makanan khas Ramadan yang selanjutnya adalah kolak. Makanan ini sangat identik sebagai menu berbuka puasa di Indonesia. Hal ini karena kolak mempunyai rasa yang sangat manis sehingga sangat cocok sebagai makanan pembuka berbuka puasa. Kolak biasanya terdiri dari bahan baku pisang, ubi jalar atau singkong, dan disertai kuah santan manis yang menggoda selera.

Kolang-Kaling


Teman anehtapinyata.net kolang kaling merupakan salah satu sajian buah menyegarkan yang enak dinikmati bersama es. Tekstur buah ini kenyal dan memiliki rasa yang agak tawar. Karena itulah, masyarakat Indonesia biasanya menjadikannya manisan atau dicampur dalam kolak dan es campur. Popularitas buah kolang kaling di bulan puasa hampir sama dengan popularitas buah kurma, makanya penjualan kolang kaling akan meningkat selama Ramadan ini.

Sate Susu


Teman anehtapinyata.net kalau bicara tentang sate mungkin yang ada di benak teman semua adalah sate ayam, sate kambing, sate ikan, ataupun sate usus. Namun pernahkah teman mendengar nama sate susu? Makanan unik ini merupakan jenis sate yang menggunakan puting susu sapisebagai bahan dasarnya. Puting susu sapi dipotong-potong berbentuk dadu yang kemudian direbus dan dibumbui. Yang menjadikan sate ini makin unik adalah hanya ada di Bali saja dan dijual pada saat bulan Ramadan.

Ketan Bintul


Teman anehtapinyata.net ketan Bintul merupakan makanan populer khas bulan puasa sejak abad ke-15. Makanan ini terbuat dari olahan ketan yang menjadi menu favorit warga Serang pada saat bulan Ramadan. Beras ketan dikukus bersama santan dan garam. Setelah matang, ketan kemudian dipotong berbentuk persegi dan diberi alas daun pisang.

Es Timun Suri


Teman anehtapinyata.net saat bulan Puasa di pinggir jalan pasti banyak teman jumpai penjual timun suri. Timun suri biasanya dicampur dengan es dan sirup manis sebagai pilihan pelepas dahaga saat berbuka puasa. Hidangan ini wajib tersedia di meja makan apalagi mengonsumsi buah timun suri dipercaya dapat menyejukkan tubuh.

Es Blewah


Teman anehtapinyata.net selain es timun suri, es blewah juga menjadi primadona masyarakat Indonesia saat berbuka puasa. Perpaduan buah blewah dan sirup membuat es ini dapat menyegarkan dahaga. Tak hanya itu, kuliner satu ini juga mudah ditemukan di hampir setiap pinggir jalan. 

Kurma


Teman anehtapinyata.net berbuka puasa dengan kurma mungkin bisa jadi menjadi tradisi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Meskipun memiliki warna yang hitam dan tidak menarik, buah ini kaya akan manfaat kesehatan salah satunya mengembalikan tenaga setelah seharian berpuasa.


Baca Juga: Negara Dengan Rentang Waktu Puasa Terpendek Hingga Terpanjang