Sunday, May 27, 2018

Prediksi Musnahnya Peradaban Manusia Karena Robot

Kondisi dunia pada saat ini memang tengah dihantui oleh kian banyaknya isu mengenai global warming atau perubahan iklim yang ekstrim. Di mana kondisi itu diramalkan cepat atau lambat akan sangat berpotensi dalam memporak-porandakan semua peradaban umat manusia di dunia. Beragam bencana alam yang dipicu karena semua ulah dari manusia itu juga tercatat menelan korban yang tidak sedikit jumlahnya. 

Kondisi cuaca yang sangat ekstrim itu juga ternyata dibarengi dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan umat manusia. Saat ini juga semakin banyak mesin-mesin dan beragam macam robot yang secara perlahan mampu menyamai kecerdasan manusia. Bahkan ada kabar bahwa manusia akan mengalami kemunduran fungsi karena perannya sudah akan digantikan pleh para robot dan mesin. Ramalan-ramalan serta prediksi-prediksi mengenai peradaban manusia itu juga kian menyebar ke seluruh pelosok dunia, di mana diramalkan bahwa pada saatnya nanti para robot dan mesin-mesin akan secara total mengambil alih peradaban di atas bumi. Benarkah itu ?

Wacana mengenai pembangunan koloni manusia di planet lain


Apabila manusia memang hendak bertahan hidup di dalam jangka waktu yang lebih lama, maka ada kemungkinan bahwa manusia harus memiliki rencana untuk menghuni planet lain agar peradaban umat manusia bisa terus berlangsung. Penyebabnya sangat banyak, bisa saja manusia pada akhirnya akan membuat planet bumi menjadi tidak layak huni lagi, dan tidak bisa lagi menopang kehidupan. Planet Mars juga telah menjadi salah satu alternatif planet yang kabarnya bisa dihuni oleh manusia, dan juga ada banyak planet-planet lainnya di luar sana yang masih dalam tahap penelitian apakah bisa dihuni oleh manusia ataukan tidak. Tentu saja rencana besar itu memang sangat membutuhkan persiapan dan sejumlah teknologi mutakhir agar dapat memungkinkan rencana tersebut bisa diwujudkan di masa depan.

Karakter serta penampilan manusia akan berubah secara drastis


Diyakini bahwa pada masa yang di akan datang, entah kapan, manusia akan secara perlahan berevolusi jadi ebuah ras yang berbeda. Diramalkan bahwa manusia secara perlahan akan kehilangan perbedaan ras satu dengan ras yang lainnya. Bahkan diramalkan bahwa tinggi spesies manusia pada umumnya akan mencapai lebih dari dua meter. Para kaum pria dan wanita akan terlihat jauh lebih efisien dan sempurna, namun yang menjadi kendalanya adalah masalah sistem kekebalan tubuh, manusia akan jauh jadi lebih lemah dikarenakan konsumsi obat yang berlebihan.

Para kaum robot berteknologi canggih akan menguasai bumi


Seorang ilmuwan terkenal bernama Stephen Hawking, berkata bahwa para kaum robot yang canggih dan cerdas itu pada suatu saat nanti akan mengambil alih peradaban di dunia ini, dan hal itu akan benar-benar terjadi jika perkembangan teknologi semakin kian melesat seperti yang terjadi pada era sekarang ini. Bisa jadi, pada suatu saat nanti para kaum robot canggih akan bangkit dan kemudian akan menguasai umat manusia di dalam banyak aspek. Dan yang jauh lebih buruk, para kaum robot itu akan menghancurkan peradaban umat manusia kemudian akan mengambil alih semua isi bumi. Bukan menjadi hal yang tidak mungkin bahwa semua itu akan terjadi, karena melihat kondisi manusia yang juga semakin gila dalam mengembangkan teknologi dan semakin tidak mencintai alam sekitarnya.

Dikabarkan bahwa manusia akan menjadi spesies setengah robot


Sebenarnya, dengan tanpa anda sadari, pada saat ini umat manusia sudah semakin menyatu dan senyawa dengan peran mesin yang berteknologi tinggi. Dapat kita lihat, bahwa hampir semua aktivitas manusia kini tidak dapat lepas lagi dari keberadaan smartphone. Semua aspek di dalam kehidupan manusia itu kini bisa diatur hanya dengan memakai aplikasi di dalam smartphone. Bahkan kabarnya ada sebuah pengembangan teknologi khusus yang sedang berusaha mengembangkan teknologi untuk dapat membangkitkan manusia dari kondisi kematian. Sekilas memang terdengar sangat mustahil, di mana teknologi yang dimaksud adalah sebuah teknologi yang mengaktifkan kembali aktifitas otak otak manusia yang sudah mati untuk kemudian ditanam di dalam  robot buatan yang didukung dengan teknologi canggih yang khusus. Maka, bukan menjadi hal yang tidak mungkin lagi apabila di masa depan manusia bisa menjadi kaum robot yang dapat hidup secara abadi.

Dipercaya bahwa di masa depan robot mampu berkembang biak


Seorang novelis dan insinyur ternama, George Zarkadakis sangat mempercayai bahwa robot di masa depan akan dapat berhubungan badan dengan sesama robot lainnya guna berkembang biak dan menghasilkan keturunan yang unggul. Ia juga sangat percaya bahwa spesies robot mungkin tidak akan terlalu cerdas, dan dapat dicerdaskan dengan cara menukar sejumlah perangkat lunak yang ada di dalmnya, sehingga jenis kode yang akan digunakan nantinya dapat disesuaikan dengan beragam tugas tertentu yang akan robot itu lakukan. Pemrograman itu juga nantinya bisa dikombinasikan dengan tujuan untuk bisa menghasilkan sejumlah keturunan robot yang sifatnya unggul.

Apabila robot dapat kawin satu dengan yang lainnya, maka juga diyakini bahwa aktifitas seks itu akan melindungi spesies mereka dari serangan virus digital, sama halnya aktifitas seks sesama manusia itu mampu melindungi dari serangan parasit yang berbahaya. Aktifitas seks pada robot di masa depan juga akan membuat spesies mereka jauh lebih kuat dan juga bisa mempercepat evolusi, sehingga beragam teknologi mesin dan robot terbaru dapat berkembang jauh lebih cepat. Dan di sanalah peran serta eksistensi manusia akan semakin dipertanyakan, dan tentunya juga akan semakin terancam peradabannya. 

Diramalkan bahwa peradaban manusia akan berhadapan dengan kepunahan karena adanya robot


Beragam macam prediksi serta perdebatan yang sudah muncul belakangan ini mungkin memang belum tentu akan benar-benar terjadi di masa depan, namun juga tidak ada salahnya jika kita semua mewaspadai tentang hal itu. Dimasa lalu, planet bumi juga sudah nyaris mengalami kiamat dikarenakan adanya bencana alam yang sifatnya benar-benar massive. Nah, sekarang ini ternyata yang kita hadapi adalah kaum kita sendiri, yaitu manusia. Di mana manusia semakin rakus dan tamak dalam mengeruk kekayaan alam, dan juga semakin gila-gilaan dalam mengembangkan nteknologi tanpa memperhatikan keseimbangan alam. Maka, di sanalah akan ada kemungkinan bahwa teknologi manusia yang super canggih justru akan memusnahkan diri manusia sendiri menuju kepunahan. Sementara itu, di belahan bumi yang lainnya juga sudah kita yang tahu bahwa bencana buatan manusia dari energi nuklir dan juga dampak peperangan juga kian semakin memusnahkan segalanya. Maka, memang juga ada benarnya jika mungkin pada suatu saat nanti peradaban manusia akan tergusur total dengan peradaban mesin serta peradaban robot yang super canggih.

Referensi :