Budaya Unik Berbuka Puasa Ala Timur Tengah


"Budaya Unik Berbuka Puasa Ala Timur Tengah" - Teman anehtapinyata.net saat paling ditunggu saat bulan Ramadan adalah waktu berbuka puasa. Ditambah lagi berbuka bersama keluarga dan orang yang kita cintai dengan makanan favorit. Tradisi buka puasa di masing-masing daerah memiliki kekhasan masing-masing, tidak terkecuali juga negara di Timur Tengah. Penasaran bagaiamana saja itu? Berikut informasinya.


Tembakan Meriam Tanda Buka Puasa


Teman anehtapinyata.net seperti yang kita ketahui, di Indonesia umumnya buka puasa ditandai dengan suara beduk dan suara adzan yang berkumandang, namun di Timur Tengah ternyata berbeda. Negara seperti Arab, Dubai, dan Mesir menggunakan meriam raksasa sebagai pengganti beduk. Tembakan meriam tersebut digunakan sebagai penanda akan datangnya adzan. Tak tanggung-tanggung, meriam yang digunakan pun luar biasa besar, wajar kalau hampir penjuru kota mendengar dentuman yang luar biasa. Budaya unik ini tetap dilestarikan, berkembang dengan kemajuan zaman, meriam yang digunakan pun semakin canggih.

Tradisi Keliling Kampung Selepas Buka Puasa


Teman anehtapinyata.net tradisi unik menjelang berbuka puasa lainnya bernama Garangpao. Tradisi yang dilakukan selepas magrib dan berbuka puasa ini mirip dengan perayaan Halloween. Umumnya yang melakukan tradisi ini pun adalah anak-anak yang dipakaikan baju tradisional. Dengan membawa sebuah tas yang dihias sangat cantik, mereka berkeliling kampung sambil menyanyikan sebuah lagu dan memukul benda. Saat melewati rumah warga, anak-anak ini diberikan kacang ataupun permen.

Isi Kulkas Berisi Takjil Gratis Di Setiap Rumah


Teman anehtapinyata.net takjil gratis biasanya dapat kita temui di masjid atau tempat umum lainnya. Namun di salah satu negara Timur Tengah ini kita tak perlu repot-repot nyari takjil saat berbuka. Hal tersebut dikarenakan tradisi unik berupa ‘kulkas’ gratis bagi siapapun yang hendak berbuka atau mencari makanan. Di Dubai para pemilik rumah menyediakan kulkas di depan pintu atau rumah dengan keadaan penuh yang bisa diambil secara gratis. 

Profesi Baru Calo Buka Puasa


Teman anehtapinyata.net negara Arab memang sangat meriah dalam melaksanakan acara buka puasa. Saat berbuka puasa, di sini kita bisa meliat sepanjang mesjid dan jalan banyak menyediakan takjil gratis buat para pengunjung. Saking ramainya, sampai-sampai ada profesi aneh yang tercipta karena hal tersebut, yakni calo buka puasa.  Calo buka puasa adalah sebuah kerja unik untuk menggaet orang agar mau berbuka gratis di tempat seseorang. Layaknya mecalokan tiket atau barang, para calo ini sudah menjaring orang dan mengajaknya bahkan sejak waktu jauh sebelum buka.