Sunday, September 30, 2018

Temui Manusia Dengan Bagian Tubuh Paling Aneh

Meski sama-sama manusia, Tuhan menciptakan manusia tak ada yang sama. Semua memiliki ciri khasnya masing-masing, bahkan untuk yang kembar sekali pun. Dari semua manusia yang telah diciptakan Tuhan, beberapa ada yang diciptakan spesial, karena memiliki bagian tubuh yang unik bahkan aneh. Bagian tubuh unik yang mereka miliki itu justru menjadikan mereka dikenal masyarakat luas di seluruh dunia, karena banyak media yang meliputnya. Berikut ini adalah manusia-manusia yang memiliki bagian tubuh aneh.

Chanel Tapper

Chanel Tapper

Chanel Tapper adalah wanita asal Houston, Amerika Serikat. Tahun 2011 lalu, wanita ini jadi dikenal dunia berkat memiliki salah satu bagian tubuhnya yang unik. Ya, wanita ini memiliki lidah yang super panjang. Panjang lidahnya bisa mencapai 9,7 cm! Karena panjang lidahnya itulah, namanya bisa tercatat di Guinness World Records sebagai pemilik lidah terpanjang di dunia.

Lidah panjang milik Chanel tersebut sebenarnya sudah mulai eksis beberapa tahun silam, ketika usianya baru 13 tahun. Ketika itu ia berhasil merebut perhatian para netizen pengguna YouTube ketika mengunggah videonya yang memperlihatkan lidahnya yang panjang. Namun baru pada September 2011, Guinness mengundang Chanel untuk datang ke Los Angeles mengikuti audisi lidah terpanjang di dunia. Hasilnya, dia berhasil menyingkirkan 2 kontestan lain yang kebetulan laki-laki semua, dengan selisih panjang sangat kecil hanya dalam hitungan milimeter.

Rekor lidah terpanjang di Guinness World Records memang sudah beberapa kali pindah tangan. Pada tahun 2006, rekor ini pernah menjadi milik warga Inggris bernama Stephen Taylor dengan panjang lidah 9,5 cm. Sebelum Stephen, rekor lidah terpanjang dipegang oleh perempuan asal Jerman bernama Annika Irmler pada tahun 2001 dengan panjang lidah 7 cm.

Vivian Wheeler

Vivian Wheeler

Sekilas, orang yang melihat Vivian menganggapnya sebagai seorang laki-laki, atau bahkan kakek-kakek yang sudah memiliki banuak cucu, karena dia memiliki jenggot yang cukup lebat dan panjang. Tapi nyatanya, Vivian adalah seorang wanita! Ya, Vivian Wheeler adalah seorang wanita, yang memegang rekor Guinness World Records sebagai wanita pemilik jenggot terpanjang di dunia. Panjang jenggotnya mencapai 11 inci atau 27,94 cm.

Vivian asal Bakersfield, California, Amerika Serikat, terlahir dengan memiliki kondisi hypertrichosis atau yang dikenal dengan sindrom serigala, di mana bulu-bulu atau rambut tumbuh secara berlebihan di wajah. Bahkan, Vivian juga terlahir sebagai hermaphrodite atau memiliki 2 jenis kelamin. Namun ketika masih kecil ibunya, yang mewariskan hypertricohisis kepadanya, meminta dokter untuk mengambil alat kelamin pria karena sang ibu menginginkan anak perempuan. Sebenarnya Vivian sudah disuruh untuk memotong jenggotnya saat berusia 7 tahun. Namun karena sudah semakin malas mencukur jenggotnya, sejak tahun 1993, Vivian membiarkan jenggotnya tumbuh panjang.

Haramb Ashok Kumthekar

Haramb Ashok Kumthekar

Semua manusia pada umumnya memiliki 10 jari tangan dan 10 jari kaki. Namun, beda halnya dengan seorang pria asal Goa, India, bernama Haramb Ashok Kumthekar. Pria India tersebut diketahui memiliki jari tangan dan kaki lebih dari manusia pada umumnya. Haramb memiliki 12 jari tangan, yaitu 6 jari di tangan kanan dan kirinya, serta 14 jari kaki, yaitu 7 jari kaki di kaki kanan dan kirinya. Total, Haramb memiliki 26 jari.

Jari tambahan Haramb disebabkan oleh kondisi medis yang dinamai polydactlyism. Dalam bahasa Yunani, polydactylism berarti “banyak jari”. Haramb memang bangga memiliki jari yang berbeda dengan manusia lainnya, namun ada kalanya dia merasakan kesulitan karena jari-jarinya itu, seperti misalnya saat ingin mencari sarung tangan bahkan sepatu yang pas untuknya. Meski memiliki jari tangan dan kaki terbanyak, namun sayangnya nama Haramb Ashok Kumthekar tak bisa tercatat dalam buku rekor Guinness World Records. Nama yang tercatat dalam Guinness World Records sebagai pemilik jari terbanyak di dunia adalah Devendra Harne, yang juga merupakan seorang pria asal India. Devendra punya total jari sebanyak 25 jari, yakni 12 jari tangan dan 13 jari kaki.

Nama Haramb Ashok Kumthekar memang tak tercatat sebagai pemilik jari terbanyak dalam Guinness World Records, namun dia masih bisa berbangga hati karena namanya tercatat dalam buku rekor India, the Limca Book of Records.

Shridhar Chillal

Shridhar Chillal

Masih dari India, pria yang bernama Shridhar Chillal ini mirip-mirip dengan Haramb, karena masih berhubungan dengan jari. Bedanya, yang dimiliki Shridhar bukan jumlah jari yang banyak, melainkan dia memiliki kuku dengan ukuran panjang yang luar biasa. Diketahui, Shridhar memiliki panjang kuku mencapai 9 meter, tepatnya 909,6 cm. Karena itulah, namanya tercatat dalam Guinness World Records sebagai pemilik kuku terpanjang di dunia.

Namanya tercatat di Guinness World Records pertama kali pada tahun 1979. Saat itu kukunya mencapai panjang dua meter lebih atau 219,7 cm. Dikatakan, membutuhkan waktu 66 tahun untuk bisa menumbuhkan kukunya di tangan kirinya sampai 9 meter. Shridhar memanjangkan kukunya sejak usianya masih 14 tahun pada tahun 1952. Semua berawal saat dia mematahkan kuku panjang seorang guru, dan guru itu marah pada Shridhar karena tak tahu apa arti penting dari kuku.

Sejak saat itu, Shridhar pun mulai memanjangkan kuku jari tangannya agar bisa memahami perasaan gurunya pada saat usianya 14 tahun tersebut. Dia menganggap pernyataan guru itu sebagai tantangan.
Sayangnya, kuku yang sudah dipelihara selama 66 tahun itu harus dipotong, karena Shridhar memang berharap kukunya bisa dipajang di sebuah museum. Niatan Shridhar itu mendapat respons positif dari Museum Ripley's Believe It or Not di Times Square, New York, Amerika Serikat. Mereka pun menerbangkan Shridhar ke New York untuk memotong kukunya, dan memajang kukunya itu di Museum Ripley's Believe It or Not.

Cathie Jung

Cathie Jung

Rata-rata wanita memiliki lingkar pinggang sebesar 74 cm atau 78 cm, tergantung ukuran tubuhnya. Namun, wanita yang bernama Cathie Jung ini memiliki lingkar pinggang yang jauh lebih kecil dibandingkan wanita pada umumnya, yaitu hanya 38 cm. Karena ukuran lingkar pinggangnya yang kelewat kecil itu, nama Cathie Jung sukses tercatat dalam Guinness World Records sebagai wanita dengan lingkar pinggang terkecil di dunia.

Ternyata, wanita ini sebelumnya memiliki ukuran lingkar pinggang yang normal sejak lahir. Namun, dia pun memutuskan untuk menggunakan korset selama 25 tahun agar bisa mendapatkan lingkar pinggang yang super kecil.Ketika ditanya apa motivasinya memiliki lingkar pinggang kecil, Cathie  mengatakan bahwa dia terinspirasi lingkar pinggang wanita di zaman Victoria di Inggris, yang berlangsung dari tahun 1837 sampai tahun 1901. Pada masa itu, wanita-wanita akan memakai korset dan membentuk tubuh bagai jam pasir. Walau begitu, Cathie Jung mungkin bisa berbangga hati, karena lingkar pinggang Cathie lebih kecil dibandingkan wanita-wanita di abad Victoria.

Orang yang melihat lingkar pinggang Cathie mungkin akan keheranan, apakah dia bisa melakukan semua aktivitasnya dengan nyaman. Ternyata, Cathie tak memiliki masalah dengan kegiatannya sehari-hari meskipun memiliki lingkar pinggang yang sangat kecil. "Saya punya pakaian renang yang dirancang khusus dengan korset yang dijahit sendiri, jadi saya bisa ke pantai. Dan saya masih bisa melakukan pekerjaan rumah tangga," ungkapnya. Bagaimana dengan makanan yang dia konsumsi agar bisa menjaga lingkar pinggangnya tetap kecil? Cathie mengaku tak punya pantangan soal makan, dia bisa makan makanan apa pun. tetapi dia membatasinya dalam porsi yang sedikit. Sejauh ini tidak ada masalah kesehatan yang timbul padanya.

Dari semua orang yang memiliki bagian tubuh aneh di atas, mana yang menurut kalian paling aneh bagian tubuhnya?