Pohon Sarang Makhluk Gaib yang Dipercaya Angker dan Menakutkan

Apakah ada pohon sarang makhluk gaib di dunia ini? Mungkin di antara Anda sekalian ada yang percaya maupun tidak mengenai hal tersebut. Bagi masyarakat Indonesia terutama yang percaya akan hal-hal mitos seperti ini, pasti yakin dan sudah mengenal tentang beberapa jenis pohon atau tanaman yang bisa dijadikan sarang makhluk astral tak kasat mata. Disebut sarang karena makhluk gaib yang mendiami pohon tersebut bukan hanya satu, tetapi tidak kemungkinan banyak. Selain itu, makhluk-makhluk tersebut bisa menempati pohonnya sudah lama. Seperti halnya manusia yang menempati sebuah rumah cukup lama dan sudah kerasan tinggal di situ. Pasti dia atau mereka tidak mau pindah, dan akan mempertahankan sekuat mungkin jika ada yang mau merebut rumahnya.

Begitu juga makhluk astral yang sudah merasa nyaman tinggal di sebuah pohon. Mereka tak ingin pindah ke pohon lain dan bisa marah jika ada manusia yang mengusirnya. Atau mungkin, manusia yang ingin menebang pohonnya. Tidak sedikit orang yang mempercayai hal tersebut. Lalu, apa saja pohon sarang makhluk gaib yang dipercayai ada? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini.

Pohon beringin


Jenis pohon yang satu ini memang sangat identik dengan sarang jin, setan, demit, atau sebutan makhluk gaib lainnya. Biasanya, pohon beringin ditanam dan ada di tiap alun-alun atau lapangan besar di tiap kota di Indonesia. Dilihat dari fisiknya, pohon beringin memang cukup menakutkan. Pohonnya yang besar dan tinggi menjulang. Ditambah daun-daunnya yang rimbun serta rindang. Apalagi pohon beringin yang berumur tua, pasti batang dan dahanya lebih besar, serta daunnya sangat rimbun. Sebenarnya, pohon beringin yang besar seperti itu sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia. Pasalnya, pohonnya bisa memasok banyak oksigen pada siang hari. Sangat menyenangkan bisa beristirahat sejenak dengan duduk-duduk atau rebahan di bawah pohon beringin yang rindang saat siang hari yang panas menyengat. Namun kenyataannya, banyak yang percaya pohon beringin besar menjadi tempat atau sarang para setan, seperti genderuwo. Mereka yang mempercayainya bahkan hingga memberikan sesajen di bawah pohonnya.

Pohon pisang


Jenis pohon yang satu ini juga tak kalah menakutkan. Terutama bagi mereka yang percaya ada pohon sarang makhluk gaib. Misalnya, masyarakat tradisional dan kejawen yang hidup di pulau Jawa percaya jika pohon pisang merupakan tempat favorit setan pocong. Jenis setan yang yang memakai kain kafan berwarna putih dan diikat di atas kepalanya. Bentuk batang pohon pisang yang lurus dan sama diibaratkan seperti bentuk setan pocong. Apalagi jika banyak pohon pisang yang ditanam di suatu tanah kosong, seperti kebun yang tidak terurus. Pada malam hari, mereka percaya setan pocong bermunculan. Ada juga yang melakukan uji nyali dengan bersiam diri di tengah pohon pisang untuk sekedar membuktikan keberadaan setan pocong itu ada atau tidak. Jika dilihat dari fungsi dan manfaatnya, pohon bisa sangat bermanfaat bagi manusia. Bukan hanya buahnya saja, tetapi dari daun, batang, hingga bonggol akarnya dapat dimanfaatkan.

Pohon bambu


Sudah menjadi rahasia umum terutama mereka yang percaya mitos, bahwa jika terdapat pohon bambu yang rimbun di sekitarnya pasti ada setan atau dedemit yang tinggal di situ. Oleh karena itu, banyak orang takut saat mendekati atau berada di rerimbunan pohon bambu. Dilihat dari bentuk fisiknya saja, pohon bambu terkesan angker. Apalagi jika tertiup angin akan meni,bulkan bunyi yang aneh. Sebagian masyarakat percaya bahwa pohon bambu merupakan sarang dari genderuwo ataupun wewe gombel, yang diceritakan dalam banyak cerita mempunyai tubuh besar dan berambut panjang menyeramkan. Hantu-hantu tersebut suka menculik anak manusia yang saat petang menjelang malam masih bermain dan berkeliaran. Maka dari itu, cerita mitos tersebut sering diceritakan agar para anak-anak yang pada sore hari bermain segera pulang ke rumahnya masig-masing, sebelum malam menjemput.

Sementara itu, ada juga anggapan di tengah masyarakat bahwa pohon bambu bisa mengusir setan dan sihir jahat. Oleh karenanya, mereka yang percaya hal itu malahan menanam pohon bambu di sekitar rumahnya. Mereka pun tidak percaya mitos pohon bambu sebagai sarang makhluk gaib. Entah mana yang benar, silakan saja berpendapat sendiri-sendiri.

Pohon randu


Randu juga termasuk pohon sarang makhluk gaib bagi mereka yang mempercayainya. Jenis hantu atau setan yang suka tinggal serta menetap di pohon randu, yaitu jenis kuntianak. Setan yang digambarkan berwujud wanita berwajah seram dan menakutkan, berbaju putih, dan berambut panjang. Dalam cerita, kuntilanak saat masih hidup memang seorang wanita yang dibunuh dengan kejam oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Setelah kematiannya dan menjadi makhluk astral, kuntilanak mencari dan menuntut balas para pelakunya. Sementara itu, kuntilanak banyak tinggal di atas pohon. Maka dari itu, tidak sedikit orang yang melihat sosok penampakan wanita berbaju putih duduk di dahan pohon dengan sorot mata tajam merah menyala. Bukan tidak mungkin, penampakan tersebut adalah kuntilanak. Pohon yang populer sebagai tempat tinggal kuntilanak, yaitu randu atau sering disebut pohon kapuk. Pasalnya, buah randu bisa diambil serat yang nanti diolah menjadi isi bantal, guling, atau sejenisnya. Biasanya, pohon randu masih banyak ditanam di pedesaan. Namun, mereka yang percaya sosok kuntilanak bersarang di situ, tentu akan menjauhi pohon randu. Hal itu disesuaikan dengan percaya tidaknya masing-masing indidunya.

Pohon kamboja


Jenis pohon yang satu ini banyak ditanam di lokasi kuburan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang mempercayainya sebagai pohon sarang makhluk gaib. Dimana lokasi kuburan merupakan tempat dikuburkan orang-orang yang sudah meninggal. Bukan tidak mungkin ada setan atau jin jahat yang mendiami sekitar kuburan dengan tujuan menakut-takuti orang yang mengunjungi kuburannya. Padahal, ziarah kubur bertujuan untuk mengingat kematian. Pasalnya, tiap orang pasti akan mati tinggal menunggu waktunya saja. Maka dari itu, manusia bisa mengintrospeksi diri dan mempersiapkan bekal yang nanti dibawa saat ajal menjemput.

Nah, lokasi pekuburan yang banyak terdapat pohon kamboja itulah yang dipercaya banyak orang berhantu. Dikarenakan ada di kuburan, maka banyak hantu dan setan yang tinggal di situ. Terutama para makhluk gaib tersebut tinggal dan bersarang di dahan-dahan pohon kamboja. Tidak sedikit orang yang merasa takut saat melintas didekat pohon tersebut saat di kuburan. Sebenarnya jika ke kuburan berniat baik pasti tidak akan terjadi hal-hal yang aneh-aneh.

Demikianlah beberapa pohon sarang makhluk gaib yang banyak dipercaya di tengah masyakakat. Terseah Anda percaya atau tidak, tergantung individunya masing-masing. Lagipula, semua yang berkaitan dengan makhluk gaib memang tidak bisa dibuktikan dengan logika akal sehat. Namun demikian, kita semua yang beragama tentu percaya dengan semua hal yang berbau gaib karena sudah ada dalam keyakinan.