Rekor Rekor Aneh Dalam Game Yang Pernah Tercatat

Game, atau lebih spesifiknya video game, sudah menjadi satu hal yang diminati oleh banyak orang, terutama anak-anak muda. Jika pada zaman dulu video game hanya bisa dinikmati oleh orang-orang kaya, kini video game sudah bisa dinikmati semua kalangan. Apalagi, sekarang video game sudah tak lagi terbatas pada mesin konsol rumahan atau PC, namun sudah merambah smartphone, yang mana kini hampir semua orang memilikinya.

Bicara tentang game, ada orang yang gemar bermain game (disebut dengan gamer) namun dengan intensitas yang biasa-biasa saja, atau istilahnya casual gamer, ada juga gamer yang menghabiskan waktunya untuk bermain game, atau istilahnya hardcore gamer. Di antara hardcore gamer itu, ternyata ada yang berhasil mencatatkan namanya di Guinness World Records karena rekor yang dibuatnya. Berikut ini adalah rekor-rekor teraneh dalam dunia game yang pernah tercatat.

Marathon game dance terlama di dunia


Selain game bertema petualangan atau olahraga, diciptakan pula game lain yang bertema dance, seperti Dance Dance Revolution, atau Just Dance. Bahkan, pihak pengembang game dance itu juga berinovasi agar para pemainnya tak hanya duduk diam memainkan game tersebut, melainkan juga ikut bergerak mengikuti tarian dalam game. Hal ini dibuktikan dengan diciptakannya karpet khusus untuk memainkan game Dance Dance Revolution.

Tentu saja, untuk bisa memainkan game menggunakan karpet tersebut butuh stamina yang tinggi, karena memainkan game itu cukup melelahkan. Nah, rekor kali ini berkaitan dengan daya tahan gamernya memainkan game dance tersebut. Adalah Carrie Swidecki, seorang guru asal California, Amerika Serikat, yang berhasil mencatatkan namanya di Guinness World Records.

Carrie tercatat pernah melakukan marathon permainan game Dance Dance Revolution selama 15 jam pada tahun 2010. Berikutnya, dia juga pernah main Dance Central 2 selama 24 jam penuh pada tahun 2012. Yang terakhir, Carrie berhasil memecahkan rekor dunia dengan bermain game Just Dance selama 49 jam 3 menit dan 22 detik nonstop pada tahun 2013. Ketika ditanya kenapa dia memainkan game bertema dance tersebut, Carrie mengaku memainkan game tersebut untuk menurunkan berat badannya. Dari situ, Carrie seperti mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Selain berat badannya terjaga, dia juga sukses menjadi salah satu pemegang rekor di Guinness World Records.

Waktu permainan terlama dalam satu game


Memainkan satu game dalam waktu yang lama memang membutukan waktu luang yang tak sedikit, dan bisa jadi hanya orang yang punya banyak waktu luang yang bisa bermain game dalam total waktu permainan yang sangat lama. Bagi orang lain, dibandingkan main game, mungkin waktu luangnya bakal digunakan untuk bepergian yang jauh, atau untuk berolahraga di gym. Namun, beda halnya dengan gamer dengan nama samara Brutaldactyl yang satu ini.

Brutaldactyl diketahui merupakan gamer asal Amerika Serikat yang merupakan salah satu penggemar fanatik game berjudul Resident Evil 6. Pasalnya, lewat game tersebut, dia rela membuat rekor dunia yang mungkin menghabiskan seluruh waktu luang dalam kehidupannya. Tercatat, Brutaldactyl adalah gamer yang bermain game Resident Evil 6 selama total 2.900 jam 46 menit 23 detik! Rekor tersebut dia buat antara bulan Oktober 2012 sampai dengan bulan Agustus 2013.

Jika ingin dihitung, Brutaldactyl membuat rekor tersebut selama 10 bulan, sementara total permainan game Resident Evil 6 miliknya adalah 2.900 jam 46 menit 23 detik, atau setara kurang lebih 4 bulan. Itu artinya, selama 10 bulan, dia menghabiskan waktu 4 bulan hanya untuk memainkan game Resident Evil 6.

Tentu saja, dia tidak memainkan game tersebut secara nonstop, karena dia memiliki kegiatan lain seperti sekolah, makan atau tidur. Namun tetap saja, rekor bermain game sebanyak total lebih dari seribu jam sudah termasuk ke dalam kategori luar biasa.

Winning-streak terpanjang dalam game Street Fighter


Street Fighter adalah sebuah game bertarung (fighting), di mana para pemainnya akan bertarung satu sama lain untuk menentukan siapa pemenangnya. Yang ikonik dari Street Fighter ini adalah nama jurus dari salah satu tokoh utamanya, Ryu. Saat mengeluarkan jurus bola apinya, dia akan mengatakan ‘Hadouken!’. Selain itu, banyak juga tokoh-tokoh lain yang terbilang ikonik, bahkan sampai sekarang.

Banyak rekor yang sudah dibuat melalui game ini, namun yang cukup mengagumkan adalah rekor yang dibuat oleh seorang pria bernama Ryan Hart. Ryan Hart sendiri adalah seorang pro gamer berkebangsaan Inggris. Dia berhasil mencatatkan namanya di Guinness World Records setelah menjadi orang dengan kemenangan konsekutif (berturut-turut) terbanyak dalam permainan Street Fighter V.

Seberapa banyak pemain Street Fighter V lain yang berhasil dia kalahkan berturut-turut? Ryan Hart diketahui berhasil mengalahkan 260 orang berturut-turut selama 11 jam pemecahan rekor ini. Sungguh dedikasi yang tinggi dan pencapaian yang luar biasa.

Selain menang konsekutif terbanyak dalam game Street Fighter V, Ryan Hart juga pernah tercatat di Guinness World Records sebagai orang yang memenangkan banyak kompetisi Street Fighter. Tercatat, dia sudah memenangkan sebanyak 450 kompetisi Street Fighter di 13 negara yang berbeda sejak tahun 1998 sampai 2011. Jika kalian juga menyukai game Street Fighter V, mungkin ada yang mau mengikuti jejak dari Ryan Hart? Siapa tahu kalian bisa menggantikan namanya di Guinness World Records.

Screenshot terbanyak dari satu game dalam satu website


Screenshot bisa diartikan sebagai mengambil gambar ketika sedang bermain dalam suatu game. Screenshot itu bisa dijadikan acuan untuk memperlihatkan permainan suatu game itu seperti apa. Nah, rekor kali ini berkaitan dengan screenshot.

Adalah Katie Fleming, seorang wanita yang merupakan penggemar game Tomb Raider. Saking sukanya dengan game yang menceritakan petualangan Lara Croft tersebut, Katie sampai repot-repot membuat website non official dari Tomb Raider, yang berisikan banyak informasi mengenai Tomb Raider.

Lalu, apakah rekor yang berhasil dibuat Katie adalah jumlah pengunjung website tersebut yang luar biasa, karena memang website tersebut dibuka untuk umum? Ternyata bukan. Rekor yang berhasil dibuat Katie adalah dia memasukkan screenshot terbanyak ke dalam website buatannya tersebut, yang sudah dia kumpulkan dengan susah payah.

Untuk jumlah pasti berapa screenshot yang sudah dia masukkan ke dalam website-nya itu memang tak ada yang tahu jika dilihat sekilas. Namun, setelah melewati satu proses penghitungan, diketahui paling di dalam website tersebut terdapat 10 ribu screenshot! Jumlah tersebut masih berupa perkiraan, bisa saja lebih atau kurang. Namun tetap saja, dedikasi Katie dalam membangun website tersebut patut diacungi jempol.

Controller terbesar di dunia


Controller adalah alat yang digunakan untuk gamer bisa memainkan tokoh yang ada di dalam gamenya, seperti berjalan, melompat, atau kegiatan lainnya. Selain controller, ada juga gamer yang menyebutnya dengan sebutan joystick, atau cukup stik saja jika di Indonesia. 

Biasanya, ukuran stik video game itu tak lebih dari ukuran dua tangan, karena pada umumnya stik dibuat agar sesuai dengan kedua tangan kita. Namun, mahasiswa teknik di universitas Delft Belanda bernama Ben Allen membawa ukuran stik ke level yang lebih tinggi.

Stik video game yang dia buat adalah stik NES (Nintendo Entertainment System). Jelas, stik itu bukan stik biasa, karena memiliki ukuran jumbo! Bila ingin dibandingkan, stik buatan Ben itu memiliki ukuran 30 kali lebih besar dibandingkan stik NES biasa. Kerennya lagi, stik itu bukan hanya berfungsi sebagai pajangan saja, namun juga bisa dipakai untuk bermain layaknya stik NES biasanya.
Karena ukurannya yang jumbo itu, nama Ben pun tercatat sebagai pembuat stik NES terbesar di dunia.

Ituah rekor-rekor paling aneh dalam dunia game. Jika kalian mengaku sebagai seorang gamer, prestasi apa dalam game yang sudah diraih?