Tanaman Penangkal Santet Berikut Dapat Anda Tanam di Pekarangan Rumah

Apakah Anda percaya ada tanaman penangkal santet? Disebut seperti itu karena jenis tanamannya bisa menangkal ilmu sihir, mengusir setan ataupun jin jahat, serta melindungi dari orang iseng yang ‘mengirimi’ ilmu hitam, guna-guna, santet, atau apapun itu namanya. Dalam kepercayaan masyarakat di Indonesia, hal-hal berbau mistis, sihir, dan gain seperti itu memang ada. Bukan hanya masyarakat tradisional di zaman dulu saja yang mempercayainya, tetapi juga masyarakat modern di zaman sekarang. Secara langsung atau tidak, kepercayaan tersebut didapatkan turun temurun dari cerita, dongeng, film, atau sumber lainnya. 

Bahkan, sejak masih anak-anak sudah diberikan cerita-cerita mistis seperti itu dan akan selalu diingat hingga dewasa nantinya. Sebenarnya, hal tersebut kurang mendidik dan hanya menanamkan jiwa penakut pada anak-anak. Percaya atau tidak, tanaman penangkal santet ada di sekitar kita semua. Tanaman yang bersifat herbal atau alami, sehingga ditakuti oleh para setan. Lalu, apa saja tanamannya? Berikut informasi selengkapnya untuk Anda sekalian.

Bambu kuning


Tanaman penangkal santet yang satu ini cukup langka, sehingga memang mahal harganya di pasaran. Warnanya kuning berbeda dengan bambu biasa pada umumnya. Bukan hanya warnanya saja yang berbeda, bambu kuning di dalamnya tidak berongga. Oleh karena itu, bambunya lebih kuat dan tahan lama. Bambu kuning bagi rumah-rumah yang ada di pedesaan biasa dijadikan pagar mengelilingi bangunan rumahnya. Tidak sembarangan dipasang menjadi pagar bambu kuningnya, tetapi didesain agar lebih terlihat menonjol estetika atau keindahannya. Selain itu, bambu kuning juga dipercaya sebagian masyarakat dapat menolak pencuri, perampok, atau orang yang ingin berniat jahat di rumah yang bersangkutan. Bahkan, ada yang berpendapat tanaman bambu kuning akan bertambah kekuatannya jika ditanam berdampingan dengan tebu ireng. Tanaman ini juga langka sekarang karena tidak banyak orang membudidayakannya. Baik bambu kuning maupun tebu ireng dipercaya mempunyai kekuatan untuk mengusir sihir atau kekuatan jahat, seperti santet atau sejenisnya.

Daun sirih


Sirih juga termasuh dalam daftar tanaman penangkal santet yang perlu Andaketahui. Tanaman yang satu ini sejak dulu hingga sekarang memang populer digunakan sebagai obat-obatan herbal atau alami. Terutama pada bagian daunnya yang mempunyai khasiat menyembuhkan luar biasa. Memang benar, daun sirih ampuh menyembuhkan banyak penyakit yang diderita mulai bayi, anak-anak, hingga orang tua lanju usia. Baik pria ataupun wanita dapat memanfaatkannya. Kandungan bahan alami di dalamnya sudah diteliti dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia secara umum.
Ternyata, daun sirih bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja. Namun, daun sirih dapat memberikan pengaruh baik dan positif bagi tubuh manusia. Bahkan, tidak sedikit yang percaya kandungan di dalam daunnya dapat menetralisir serta menangkal kekuatan jahat, seperti sihir atau santet. Cukup mudah menemukan daun sirih. Tanamannya masih banyak ditanam di pekarangan atau halaman rumah, terutama di daerah pedesaan. Daun sirih juga tidak menutup kemungkinan masih dijual di pasar-pasar tradisional di pelosok Indonesia. Harganya pun cukup terjangkau.

Daun kelor


Mereka yang percaya dengan hal-hal berbau mistis, tentu mengenal tanaman penangkal santet yang satu ini. Tanaman kelor dipercaya dapat mengusir setan serta menangkal ilmu hitam atau lebih dikenal dengan sebutan santet, yang ‘dikirim’ oleh orang atau pihak lain. Mereka mengirimi santet seperti itu bertujuan utama ingin menyakiti atau membuat luka seseorang yang dibencinya. Santet bisa terjadi karena orang atau dukun yang melakukannya mendapat bantuan dari setan atau jin jahat. Maka dari itu, setannya harus dikalahkan terlebih dulu agar santet yang dikirim tidak bisa mengenai orangnya. Nah, salah satu cara menangkal santet tersebut dengan menggunakan tanaman kelor. Ciri tanaman ini adalah mempunyai daun berbentuk lonjong kecil-kecil berwarna hijau. Tanam saja tanamannya di pekarangan rumah, di dalam pot lalu diletakkan di dekat pintu atau jendela. Dengan begitu, bisa menangkal sihir jahat yang tidak menutup kemungkinan dikirimkan oleh orang lain di luar sana.

Bangle


Mungkin Anda belum mengenal tanaman penangkal santet yang satu ini karena memang tidak begitu populer, baik sebagai tanaman herbal atau dalam bidang mistis. Namun ternyata, tanaman tersebut bisa digunakan untuk mengusir roh jahat yang ada di dalam tubuh seseorang. Selain itu, Bangle dapat menolak atau menangkal ilmu atau sihir hitam yang sengaja dikirimkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab. Tentu saja Anda yang mungkin merasa ada orang atau pihak lain ada yang berbuat jahat mengirim santet. Sudah seharusnya Anda menangkalnya dengan cara efektif. Tak perlu ikut-ikutan menggunakan jasa dukun untuk membalasnya. Anda cukup menggunakan bahan dan cara herbal. Pasalnya, bau dari tanaman ini kabarnya tidak disukai oleh mereka yang diduga memiliki ilmu hitam.

Anda cukup menanam tanamannya di sekitar rumah sebagai cara menangkal santet. Namun untuk bisa mengusir ilmu hitam seluruhnya dari dalam tubuh, harus diambil ekstrak tanamannya lalu dioleskan ke seluruh tubuh. Silakan saja dipraktikkan cara ini sebagai metode alternatif untuk menangkal santet dan segala ilmu hitam.

Tebu


Tanaman yang satu ini juga dipercaya mampu menangkal ilmu hitam, seperti santet. Tidak menutup kemungkinan di zaman sekarang masih ada bahkan banyak orang yang menggunakan santet padahal berdosa dan dilarang agama. Mereka menggunakannya bertujuan tertentu yang biasanya menyakiti dan membunuh orang lain dengan cara yang bisa disebut keji tersebut. Dengan kondisi seperti itu, mau tidak mau kita semua harus berjaga-jaga sebagai langkah antisipasi agar tidak menjadi korban santet sewaktu-waktu. Salah satu cara yang direkomendasikan, yaitu menanam tanaman tebu di sekitar rumah. Lebih tepatnya, jenis tebu ireng atau tebu hitam. Jenis tebu tersebut dipercaya mempunyai kekuatan lebih besar dalam menangkal ilmu hitam. Namun, keberadaannya sulit ditemui meskipun ada tentu harganya mahal. 

Tak perlu mencari jenis tebu ireng yang susah dicari. Anda pun cukup menanam tanaman tebu biasa. Tanaman yang batangnya terasa manis karena mengandung glukosa atau gula. Tanaman yang juga bisa difungsikan sebagai penangkal ilmu hitam, seperti santet. Diketahui juga bahwa paranormal atau dukun menggunakan tanaman tebu sebagai media pengobatan untuk mengusir setan atau jin jahat. Anda sekalian yang ingin aman dan terhindar dari santet, tidak ada salahnya menanam tebu di sekitar rumah.

Setelah membaca uraian mengenai beberapa tanaman penangkal santet di atas, semoga Anda semua makin tahun dan paham. Bukan hanya mengenai ilmu santet yang benar-benar ada dan diperkirakan masih banyak yang mempraktikkannya. Namun, Anda juga memahami cara menangkal ilmu hitam tersebut secara sederhana dan alami, yaitu menanam beberapa jenis tanaman herbal di pekarangan rumah. Cara yang dianggap begitu sepele, tetapi hasilnya tak perlu diragukan lagi. Selain untuk menangkal santet, tanaman tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit.