Wednesday, September 26, 2018

Teknologi Canggih Masa Depan yang Segera Dapat Kita Miliki

Teknologi canggih masa depan memang yang paling ditunggu-tunggu banyak orang. Mereka tidak sabar untuk bisa menggunakan peralatan canggih berteknologi tinggi, seperti yang dilihat di film-film bertema futuristik. Di dalam film memang sangat terlihat nyata, tetapi kenyataannya hanya fiksi atau khayalan saja. Sebagai contoh, di film Star Trex dimana bercerita manusia di masa depan. Pada saat itu, manusia sudah mampu menjelajah luar angkasa dan bertemu dengan banyak makhluk luar angkasa (alien). Salah satu teknologi canggih yang dimiliki, yaitu alat teleportasi. Dengan begitu, tiap orang bisa berpindah tempat dalam singkat waktu tanpa harus berlama-lama.

Lalu, apakah teknologi yang diceritakan dalam film seperti itu akan benar-benar ditemukan oleh manusia? Tidak menutup kemungkinan bisa menemukannya karena hingga sekarang terus dilakukan penelitian dan percobaan yang bertujuan menemukan teknologi canggih masa depan. Sementara itu, beberapa alat berteknologi canggih yang dapat Anda nikmati sebentar lagi, antara lain sebagai berikut.

Augmented Reality


Inilah salah satu teknologi canggih masa depan yang sudah diadopsi di beberapa film, seperti Iron Man. Oleh karenanya, sangat mungkin teknologinya bisa dirasakan oleh banyak orang di dunia di masa depan. Dalam film Iron Man, karakter Tony Stark menggunakan komputer canggihnya untuk mendesain baju besi miliknya secara visual tiga dimensi. Teknologi itu dinamakan Augmented Reality. Anda pasti bisa membayangkan begitu kerennya jika teknologi tersebut dipakai, pasti seperti di dalam film.

Perlu Anda ketahui bahwa teknologi tersebut sebenarnya sudah ada, tetapi terbatas penggunaannya. Mungkin di bidang teknologi militer, perusahaan digital, dan pastinya diaplikasikan oleh mereka di negara-negara maju. Seiring perjalanan waktu, pasti teknologi tersebut bisa diproduksi massal oleh produsen komputer atau piranti lunaknya. Tentu saja perlu bersabar karena ada prosesnya yang harus dilalui. Jika semua sudah siap, terutama untuk sumber daya alam dan sumber daya sebagai bahan-bahannya, pasti akan segera diluncurkan teknologinya untuk masyarakat umum.

Aerofex Aero-X


Sebuah kendaraan seperti sepeda motor, tetapi mampu melayang dan terbang di udara. Kendaraan tersebut sering ditayangkan di film-film bergenre fiksi ilmiah atau futuristik, tetapi belum ada di dunia nyata. Misalnya, film Star Wars yang begitu fenomenal dan menunjukkan aktivitas manusia di masa depan. Namun, pembuatan filmnya banyak menggunakan animasi tingkat tinggi, sehingga terlihat begitu nyata saat dilihat filmnya. Ternyata, kendaraan yang bisa melayang-layang di udara sekarang memang sudah ada, tetapi belum diproduksi massal.

Nama kendaraannya adalah Aerofex Aero-X. Kendaraan yang satu ini memang terinspirasi pembuatannya dari film. Diketahui bahwa proses pembuatannya hingga dinyatakan berhasil harus melalui masa peelitian 15 tahun. Kendaraan tersebut merupakan sebuah hover yang memiliki tenaga setara dengan sekitar 240 tenaga kuda. Mampu melayang di udara hingga setinggi 3 meter, serta maksimal melaju dengan kecepatan 72 km/jam. Anda pun bisa membayangkan sendiri begitu seru dan menyenangkannnya saat mengendarai Aerofex Aero-X.

Robot Asimo


Sebuah robot berhasil diciptakan oleh produsen otomotif asal Jepang, Honda. Robot tersebut bernama Asimo yang bisa difungsikan layaknya asisten atau pembantu rumah tangga. Negara matahari terbit memang sudah terkenal dengan penelitian dan penemuannya di bidang robotic. Tidak sedikit produk robot yang berhasil ditemukan dengan tujuan membantu pekerjaan dan aktivitas manusia keseharian. Bahkan, hampir semua pabrik-pabrik di Jepang sudah mengaplikasikan teknologi robot di dalamnya.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa robot menjadi salah satu teknologi canggih masa depan yang diperkirakan ada dan banyak orang atau pihak membutuhkannya. Berbicara mengenai masa depan, pasti berkaitan dengan kehadiran robot-robot canggih, seperti pada film-film di layar lebar. Robot yang bisa berjalan sendiri, berbincang, dan membantu pekerjaan manusia sehari-hari. Nah, robot asisten rumah tangga Asimo diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia membersihkan serta membereskan rumah. Mulai dari menyapu, mengembalikan barang-barang di rumah ke tempat asalnya, hingga bisa diajak bermain. Teknologi robotnya memang masih kaku, tetapi di kemudian hari pasti bisa dibuat lebih baik lagi.

Super Maglev Train


Kereta merupakan salah satu alat transportasi yang efektif, murah, serta cepat. Hampir di semua negara maju dan berkembang, pemerintahannya memanfaatkan kereta sebagai moda transportasi untuk msyarakat yang ingin bepergian ke tempat atau lokasi tertentu. Jika dulu, hanya ada kereta api berbahan bakar kayu atau batu bara. Sekarang, kereta sudah bisa digerakkan dengan listrik. Jika dulu, kereta paling hanya bisa melaju dengan kecepatan di bawah 100 km/jam. Sekarang, kereta mampu melaju di lintasan rel 200 km/jam hingga 300 km/jam. Bahkan, bukan tidak mungkin diemukan kereta super cepat karen mampu melaju hingga kecepatan ribuan kilometer per jam.

Sebuah perusahaan pembuatan teknologi kereta cepat berambisi membuat kereta super cepat yang pertama kali di dunia. Diketahui bahwa kereta cepat Buatan Maglev Technology memang sudah terkenal dan dipakai di beberapa negara, seperti Jepang dan Tiongkok. Kereta cepat dengan maksimal kecepatannya 418 km/jam sudah berhasil dibuat Maglev. Selanjutnya, Maglev ingin membuat kereta api super cepat dengan nama Super Maglev Train. Teknologi yang diterapkan pada kereta ini tidak jauh berbeda dengan kereta-kereta yang sudah dibuat oleh Maglev. Hanya perlu disesuaikan teknologi penambahannya karena kecepatan kereta tersebut nantinya bisa mencapai 2.896 km/jam. Mungkin seperti kecepatan suara atau kecepatan cahaya. Lalu, apakah Maglev berhasil membuat teknologi canggih masa depan pada keretanya? Kita tunggu saja sama-sama untuk mengetahui hasilnya.

Jet Pack International H202



Sebuah kendaraan di masa depan diperkirakan dapat melayang-layang di udara, seperti burung yang terbang. Apalagi di jalanan kota-kota besar yang selalu macet. Sudah seharusnya ditemukan solusi untuk mengatasi kemacetan tersebut. Solusi yang tepat untuk para pengguna jalan dan masyarakat umum agar bisa lebih cepat sampai ke tempat tujuan, selamat, serta tidak terjebak kemacetan. Oleh karena itu, dibutuhkan teknologi canggih masa depan dalam bentuk alat transportasi modern. Salah satu alat yang dimaksud adalah Jet Pack Internationa H202. Anda sudah mengetahui atau mengenal jet pack, bukan? Sebuah alat yang bisa membuat manusia yang memakainya terbang dan melayang. Alat tersebut sudah lama ditemukan dan berhasil diujicobakan. Seiring perjalanan waktu, teknologi yang diterapkan pada jet pack semakin tinggi hingga ditemukan Jet Pack International H202. Jet pack yang dapat terbang hingga ketinggian 76 meter. Selain itu, kecepatan maksimalnya mencapai 123 km/jam. Jet pack tersebut memang belum dijual secara komersil, tetapi suatu hari nanti pasti dikomersilkan oleh perusahaan pembuatnya.

Bagaimana beberapa teknologi canggih masa depan seperti yang diuraikan di atas? Sangat menarik, bukan? Berdoa saja agar peralatan canggih tersebut segera bisa hadir dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Lalu pertanyaan berikutnya, berapa harga yang dibandrol jika benar-benar alat tersebut dikomersilkan? Semoga saja tidak terlalu mahal.