Thursday, September 13, 2018

Tersembunyi, Inilah Tempat Paling Rahasia di Bumi

Ternyata, ada beberapa tempat paling rahasia di dunia ini. Tempat-tempat tersebut hanya memperbolehkan orang-orang tertentu saha masuk ke dalamnya. Sementara untuk orang umum, dilarang masuk. Bukan hanya dijaga oleh pihak militer atau keamanan yang terlatih saja. Namun, bukan tidak mungkin dijaga oleh anjing penjaga serta tidak ketinggalan sistem keamanan berteknologi canggih. Disebut paling rahasia tentu saja ada sesuatu yang dirahasiakan di dalamnya, tidak boleh diketahui umum. Apapun rahasia di dalamnya pasti berkaitan dengan orang atau pihak penting yang tentu mempunyai kepentingan tertentu.

Diibaratkan saja Anda yang mempunyai barang atau benda rahasia.Anda akan selalu menyembunyikan dan tidak akan memberikan informasi keberadaannya kepada orang lain. Dengan kata lain, barang tersebut hanya untuk Anda sendiri dan bukan untuk orang lain. Begitu juga sesuatu yang tersimpan di dalam tempat paling rahasia di dunia ini. Lalu, di mana saja letak atau lokasinya? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini yang semoga bermanfaat.

Gunung Cheyenne, Amerika Serikat


Inilah tempat paling rahasia pertama yang ada di dunia. Berlokasi di negara bagian Colorado, Amerika Serikat. Diketahui tempat tersebut merupakan pusat pelatihan militer sekaligus bunker antinuklir. Tidak boleh orang sembarangan atau warga biasa tidak diperbolehkan masuk. Hanya petinggi militer dan pemerintahan Amerika Serikat saja yang diperbolehkan masuk. Atau mungkin, orang-orang penting yang memang sudah mendapatkan izin memasuki lokasinya. Khususnya, bunker antinuklir yang dibangun untuk mengantisipasi bencana dasyat, seperti serangan atau ledakan nuklir. Bunker tersebut dibangun di bawah lapisan batuan granit sedalam 610 meter di bawah tanah.Batuan granit tersendiri diketahui sangat keras dan tebal, sehingga sangat tepat dijadikan tembok penghadang jika ada benturan, tabrakan, atau ledakan bomnuklir dari luar. Lokasinya yang jauh di dalam tanah dimungkinkan tak akan berdampak serius untuk radiasi nuklirnya. Dikatakan bahwa bunker di Cheyenne mampu menahan ledakan nuklir sebesar 30 megaton, sehingga orang yang berlindung di dalamnya masih bisa selamat.

Pusat penyimpanan dokumen rahasia di Vatikan, Italia


Sebuah tempat paling rahasia di dunia yang tidak kalah menariknya untuk ditelusuri. Vatikan merupakan sebuah kompleks wilayah yang dijaga super ketat berlokasi di kota Roma, Italia. Pasalnya, di dalamnya menjadi tempat tinggal Paus beserta para uskup agung sebagai pemimpin tertinggi agama Kristen Protestan. Di dalam tempat paling rahasia atikan, ada sebuah ruangan yang khusus menyimpan arsip dan dokumen rahasia penting, yang berusia ratusan hingga ribuan tahun sejak Paus pertama diangkat. Tidak boleh sembarangan orang atau masyarakat umum bisa masuk dan mengakses semua buku serta dokumen di dalamnya, seperti di perpustakaan umum. Pusat dokumen di Vatikan hanya boleh dimasuki oleh Paus dan orang-orang yang sudah diberi izin langsung oleh Paus. Sementara itu, mereka yang ingin membaca buku atau dokumen kuno tidak bisa langsung masuk ke dalamnya. Mereka hanya bisa merequest-nya, lalu pihak penjaga memintakan izin kepada Paus. Jika Paus mengizinkan, buku atau dokumennya akan diambilkan dan dibaca di tempat khusus. Namun jika ditolak, maka tidak bisa membacanya sama sekali. Perlu Anda ketahui ruangan penyimpanan dokumen rahasia di Vatikan ini begittu luas dan besar, tetapi sangat sepisan senyap karena hanya sedikit orang yang bisa memasukinya. Entah rahasia apa yang sangat dilindungi dan tidak boleh diketahui masyarakat umum. Pastinya, berupa informasi berharga yang berkaitan dengan bidang keagamaan atau kehidupan manusia secara umum.

Kawasan Woomera, Australia


Sebuah daerah tandus, bergurun pasir, dan tidak banyak makhluk hidup yang tinggal di situ. Wilayah yang bernama Woomera dan berada di negara Australia.  Hal itu dikarenakan tempat tersebut menjadi kawasan untuk uji coba pihak militer Australia, seperti peluncuran roket, senjata biologis, hingga nuklir. Oleh karenanya, pihak yang berwenang banyak mengeluarkan ataupun memasang rambu-rambu peringatan berbahaya agar tidak didekati oleh manusia karena bisa membahayakan nyawa mereka. Bahkan, petugas atau pihak militer yang masuk ke dalam kawasannya harus memakai pakaian khusus anti radiasi agar tidak terkena dampak membahayakan tubuhnya. Memang sudah dipasang penghalang, rambu berbahaya, dan kamera CCTV. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan masih ada yang nekat menerobos wilayah tersebut dengan alasan tertentu.

HavenCo, Inggris


Satu lagi tempat paling rahasia di dunia bisa Anda ketahui informasinya. HavenCo adalah perusahaan yang bergerak di bidang data digital. Lebih sepesifiknya, yaitu menyediakan pelayanan penyimpanan data, penyedia server internet, hingga produsen enkripsi. Perusahaan tersebut berdiri pada tahun 2000 dan berkantor pusat di lepas pantai Suffolk, Inggris. Bangunan lepas pantai yang dulunya merupakan fasilitas perang dunia ke-2. Dikarenakan berlokasi di lepas pantai, tidak banyak orang yang mengunjunginya. Hanya beberapa karyawan HavenCo yang memang bertugas di situ, tak terkecuali petugas keamanannya. Arsip dan dokumen digitalnya begitu berharga dan sangat dilindungi karena berkaitan dengan klien yang ditanganinya sehingga bersifat top secret atau sangat rahasia. Perlu diketahui bahwa klien dari HavenCo sebagian besar merupakan perusahaan-perusahaan nakal yang ingin terhindar dari pihak berwenang karena sudah melanggar hukum. Misalnya, bisnis pornografi anak, spam, hingga hacking. Mereka tak ingin berurusan dengan pihak kepolisian Inggris, maka menyewa HavenCo sebagai konsultannya. Pada tahun 2008, HavenCo ditutup dan dinyatakan bangkrut.

Pesawat Air Force One


Pesawat kepresidenan Amerika Serikat yang diketahui paling elite dan juga menjadi tempat paling rahasia di bumi. Pasalnya, tidak boleh sembarangan orang memasukinya. Hanya presiden Amerika Serikat, wakil presiden, beserta keluarganya, para menteri, serta pejabat tinggi pemerintahan. Selain itu, pasukan pengaman presiden (secret service), pilot, pramugari, dan beberapa staf yang sudah mendapatkan izin saja boleh memasukinya. Sebuah pesawat canggih berteknologi tinggi. Sang presiden bisa menjalankan aktivitas kenegaraan serta pemerintahannya di dalam pesawat. Selain Gedung Putih (White House), Air Force One juga menjadi tempat paling aman terhindar dari serangan musuh. Semua fasilitas dan fitur canggihnya bertujuan untuk melindungi orang nomor satu di Amerika Serikat dari semua musuhnya tanpa terkecuali. Bahkan, tidak sedikit film produksi Hollywood yang menceritakan perihal Air Force One. Tentu saja di dalam film tidak seluruhnya memberikan informasi mengenai fasilitas dan fitur pesawatnya. Pasti masih ada sesuatu rahasia di dalam pesawat tersebut yang tidak boleh diketahui oleh banyak orang. Maka dari itu, sangat tepat jika pesawat kepresidenan Air Force One menjadi salah satu tempat paling rahasia yang dimiliki oleh Amerika Serikat.

Kelima tempat seperti ditulis di atas memang begitu rahasia dan menjadi sebuah tanda tanya besar, sebenarnya apa yang dirahasiakan di dalamnya. Semua itu tentu mempunyai tujuan khusus dan hanya mereka yang membangun tempatnya saja mengetahuinya. Sementara orang umum dan awam, paling hanya menduga-duga saja sembari membayangkan bisa masuk ke dalam tempat paling rahasia di bumi tersebut. Semoga informasi yang disampaikan ini bermanfaat. Minimal menambah pengetahuan Anda sekalian mengenai tempat-tempat unik sekaligus misteri di dunia.