Penemuan Tak Terduga yang Membuat Sang Penemunya Kaya Raya

Penemuan tak terduga berhasil dilakukan oleh beberapa orang atau pihak. Mereka pada awalnya tidak menyangka jika penemuannya tersebut akan berdampak baik untuk kehidupannya. Hal itu dikarenakan mereka menemukannya tidak begitu serius dan diangap penemuannya tidak penting. Namun setelah berselang waktu tertentu, banyak orang mencari dan membutuhkan barang yang ditemukannya tersebut. Alhasil, sang penemu diibaratkan seperti kejatuhan buah durian yang begitu banyak. Dalam arti, penemunya mendapatkan keuntungan sangat besar dan berlipat. Kenyataannya memang ada dan mereka yang menemukannya hingga sekarang masih dikenang namanya karena penemuannya tersebut. Bahkan, barang hasil penemuannya hingga di masa sekarang masih banyak orang membutuhkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu, apa penemuan tak terduga yang dimaksud dan siapa yang menemukannya? Anda tentu penasaran ingin mengetahuinya, bukan? Maka dari itu, silakan untuk membaca dan menyimak informasi di bawah ini yang semoga bermanfaat di kemudian hari.

Microwave


Microwave merupakan salah satu peralatan memasak di dapur yang hingga saat ini banyak orang menggunakannya. Bukan hanya digunakan di rumah tangga saja, tetapi hingga rumah makan dan restoran di seluruh pelosok dunia. Lalu, apakah Anda sudah mengetahui siapa penemunya? Dia bernama Percy Spencer yang secara tidak terduga menemukan teori bahwa magnetron atau tabung vakum berkekuatan tinggi yang menghasilkan gelombang mikro dengan mengalirkan elektron, dapat melelehkan atau memanaskan makanan di dalamnya. 

Spencer melakukan percobaan penelitiannya pada cokelat batangan dan berhasil. Dia terus melakukan inovasi hingga berhasil mendesain alat bernama microwave. Atas penemuan microwave tersebut, perusahaan Raytheon tempat Spencer bekerja mendapatkan keuntungan hingga sebesar USD 25 miliar. Hingga sekarang, perusahaan tersebut masih mendapatkan royalti dari penemuannya tersebut. Dan pastinya, nama Percy Spencer sebagai penemunya akan selalu diingat sepanjang masa.

Sticky Note atau catatan tempel


Apakah Anda sudah mengetahui perihal sticky note? Kertas tempel yang satu ini sudah populer di tengah masyarakat sebagai catatan kecil. Mulai dari rumah tangga hingga kantoran menggunakannya karena memang sangat bermanfaat. Dengan catatan tempel tersebut, kita semua bisa mengetahui apa yang dilakukan terutama hal-hal penting yang berkaitan dengan pekerjaan sehari-hari. Lalu, siapa sosok yang menemykan sticky note tersebut?

Penemuan tak terduga yang terjadi pada tahun 1973. Dia bernama Spencer Silver yang diketahui seorang ahli kimia. Pria tersebut ingin menciptakan sejenis pita yang dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk seluruh anggota timnya. Spencer berpikir keras, tetapi belum menemukan solusinya. Di saat yang bersamaan, salah satu anggota tim Spencer yang bernama Arthur Fry mau menciptakan sesuatu dari kertas yang dapat dimanfaatkan sebagai pengingat. Setelah itu, Spencer, Fry, dan seluruh anggota tim berpikir serta melakukan berbagai percobaan. Akhirnya, diambil langkah penggabungan antara tujuan penemuan dari Spencer dan Fry dan berwujud sticky note. Wujudnya memang sangat sederhana, terlihat sepele, dan harganya murah. Namun, tidak menyangka sticky note akan terus dipakai dan dimanfaatkan oleh banyak orang hingga hari ini. Spencer bersama timnya menjadi kaya raya karena sudah mematenkan penemuannya tersebut.

Komik pertama Superman


Superman merupakan salah satu karakter superhero yang diciptakan oleh perusahaan DC Comics. Bukan hanya Superman, tetapi masih ada pahlawan lainnya, seperti Batman, Wonder Woman, Green Latern, dan lain sebagainya. Namun demikian, Superman tetaplah karakter pertama yang dibuat oleh DC Comics. Lalu, apakah Anda sudah mengetahui komik pertama Superman dibuat?

Perlu Anda ketahui bahwa komik Superman episode pertama yang diterbitkan oleh DC Comics pada tahun 1938. Belum diketahui berapa jumlah eksemplar komik yang dicetak pertama kali pada tahun tersebut. Dalam arti, cetakan pertamanya karena di kemudian hari pihak DC mencetak lagi karena banyaknya permintaan dari pasar. Meskipun cetakannya sama persis, namun cetakan pertama komik Superman episode pertama yang paling berharga. Terutama oleh para kolektor komik dunia, mereka berani membayarnya dengan nominal uang begitu besar. 

Diketahui bahwa pada tahun 2014 pernah ada seseorang yang menjualnya di e-Bay dibandrol USD 3 juta. Nominal fantastis hanya untuk sebuah komik saja, entah ada yang membelinya atau tidak. Bahkan, ada seorang yang membeli komiknya dalam kondisi tidak begitu bagus dengan harga USD 175.000. Jadi, sangat beruntung mereka yang memiliki komik Superman episode pertama dan cetakan pertama di tahun 1938 karena harganya sekarang benar-benar mahal.

Mutiara terbesar di dunia


Penemuan tak terduga bukan hanya untuk barang-barang yang dikomersilkan dalam jumlah banyak. Untuk barang yang satu ini, dipastikan hanya satu di dunia. Selain itu, dibandrol dengan harga yang fantastis. Sangat beruntung orang yang menemukannya. Lalu, barang apa yang dimaksud?

Seorang nelayan di Filipina menjadi orang yang paling beruntung. Pasalnya, dia secara tidak sengaja dan terduga berhasil menemukan mutiara. Bukan sembarangan mutiara karena ukurannya yang sangat besar. Bahkan, digadang-gadang mutiara tersebut yang paling besar di dunia. Dalam arti, mutiara alami yang ada di dalam kerang laut. Bukan mutiara imitasi buatan manusia yang sekarang banyak dijual di pasaran. Nelayan tersebut berangkat dari rumah untuk memancing ikan di sekitar Pulau Palawan, Filipina. 

Di tengah asik-asiknya memancing, sang nelayan mengangkat sebuah jangkar di laut. Dia malahan menemukan mutiara. Pada mulanya, dia mengira benda tersebut hanya karang biasa, tetapi dibawanya pulang. Setelah ditanyaka ke banyak orang termasuk tetangga dan keluarganya, barulah yakin benda itu sebuah mutiara. Berat mutiaranya adalah 34 kg yang diperkirakan bernilai sekitar USD 35 juta. Entah mutiara tersebut sudah dijual atau belum oleh penemunya. Jika benar dijual dan ada orang yang membelinya dengan nominal segitu, dipastikan kaya mendadak orang itu.

Super Glue atau lem super


Lem merupakan salah satu benda atau barang yang banyak digunakan orang dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi utamanya adalah menjadikan satu atau menempelkan dua benda menjadi satu. Mulai dari pekerjaan di rumah, kantoran, pertukangan, di sekolah, di lapangan membutuhkan lem. Sementara itu, lem biasa yang hanya untuk menempelkan kertas atau sejenisnya mungkin sudah biasa. Lem tersebut mempunyai kekuatan tidak sekuat super lem. Dimana lemnya mampu mengeratkan dua benda lebih tahan lama.

Penemu dari lem super tersebut adalah Harry Coover. Seorang ahli kimia asal Amerika Serikat yang secara tidak terduga menemukan Super Glue. Diceritakan bahwa saat itu Coovr bersama timnya di Eastman Kodak sedang mengadakan penelitian untuk membuat senjata pistol dari bahan plastik. Namun pada proses penelitian berlangsung, Coover malahan menemukan bahan lembek yang dapat menempelkan sangat erat. Selanjutnya, Coover mematenkan penemuannya dengan nama super Glue. Barang tersebut dijual di seluruh Amerika Serikat hingga di penjuru dunia hingga sekarang. Coover pun menjadi kaya raya dengan penemuannya tersebut.

Itulah beberapa penemuan tak terduga yang berhasil dilakukan oleh mereka yang beruntung. Setelah membaca tulisan di atas, semoga menginspirasi Anda untuk menemukan sesuatu yang bermanfaat.