Mahluk Mitologi Yang Pernah Tertangkap Kamera

Setiap daerah atau negara pasti memiliki mitos atau ceritanya masing-masing. Mitos itu bisa berupa cerita tentang tempat-tempat misterius sampai makhluk-makhluk humanoid dan berbentuk aneh yang dipercaya pernah hidup atau bahkan hidup sampai sekarang dan berdampingan dengan manusia. Ada banyak orang yang berusaha untuk membuktikan bahwa mitologi itu benar adanya. Termasuk dengan mencari bukti-bukti terkait dengan makhluk-makhluk berikut ini, makhluk-makhluk yang dipercaya ada dan pernah hidup dibumi bahkan ada yang menangkap dan mengabadikan momen munculnya makhluk tersebut menggunakan kamera maupun diabadikan dalam bentuk video. Berikut adalah beberapa makhluk-makhluk mitologi yang dipercaya eksistensinya dan bukti kemunculannya.

Israel – Putri Duyung



Beberapa tahun yang lalu dunia digemparkan dengan munculnya sebuah video yang mana isinya memperlihatkan seekor putri duyung yang sedang berjemur dibatu karang disebuah pantai di Israel. Penduduk sana serta para turis sangat yakin sekali bahwa putri duyung benar-benar ada. Mereka bersaksi bahwa mereka pernah melihat dan menyaksikan putri duyung secara langsung. Salah satu saksi mata yang melihat langsung putri duyung bersaksi bahwa putri duyung terlihat seperti sebuah makhluk yang merupakan gabungan dari lumba-lumba dan seorang gadis muda. Lalu putri duyung tersebut melakukan aksi akrobatik yang membuat siapapun yang melihatnya takjub dan tertegun selama beberapa saat sebelum akhirnya putri duyung tersebut menghilang bersama gulungan ombak laut. 

Karena hal ini, banyak orang berbondong-bondong pergi ke Israel hanya untuk menyaksikan penampakan putri duyung secara langsung dan tentu saja itu sangat menguntungkan pihak Israel karena adanya peningkatan turis dinegaranya. Bahkan sangking tidak percayanya, ada pejabat setempat yang bersedia memberi hadiah uang tunai senilai satu juta dolar bagi siapapun yang dapat memberi bukti valid berupa foto maupun video mengenai penampakan dari makhluk tersebut. 

Lalu tepatnya ditahun 2010, ada sebuah tim investigasi NBC yang rela menghabiskan waktu mereka selama berhari-hari hanya untuk menangkap gambar putri duyung tersebut disepanjang pantai Kiryat Yam. Dan kru tim investigasi itu mengatakan bahwa mereka benar-benar melihat putri duyung di malam hari tetapi tidak bisa melacak lebih jauh karena keterbatasan penglihatan saat malam hari. 

Selandia Baru – Taniwha

Taniwha Selandia Baru

Sekitar akhir tahun 2014, ada seorang insinyur pita witehira yang menangkap penampakan sebuah makhluk aneh saat sedang menggunakan Google Earth untuk melihat daerah disekitaran Oke Bay utara pulau Selandia Baru. Hal ini dilakukan karena dia memiliki properti disekitaran wilyah tersebut dan dia berniat untuk membangun sebuah chalet pantai maka dia memutuskan untuk melihatnya melalui satelit google earth dan siapa sangka dia akan menangkap penampakan makhluk yang tidak biasa dari daerah tersebut. Dia bersaksi bahwa dia menangkap sebuah penampakan makhluk laut dengan ukuran raksasa yang diduga adalah seekor Taniwha. 

Taniwha sendiri merupakan makhluk mitologi yang berasal dari Selandia Baru dengan bentuk seperti roh dari naga. Pita Witehira mengatakan pada media Daily Mail bahwa penampakan itu tidak terlihat seperti seekor ikan paus sebab gerakan dari makhluk ini sangatlah cepat dan memutar dengan tajam serta terlalu besar bila dibandingkan dengan seekor ikan hiu. Dia juga menolak kemungkinan penampakan tersebut merupakan sebuah perahu karena tidak ada busa putih yang biasa dihasilkan oleh mesin perahu. Jadi, benarkah ini merupakan Taniwha? Tidak ada yang tahu pasti tentang hal itu. Tapi banyak orang yang percaya bahwa itu memang makhluk mitologi tersebut.

China – Naga

Pada tahun 2014 tepatnya pada bulan Agustus, ada dua mahasiswa dari Universitas Jilin, China yang berhasil menangkap penampakan sebuah makhluk mitologi yakni seekor naga. Dua orang mahasiswa itu baru saja selesai berkunjung ke perpustakaan, lalu tak lama salah satu dari mereka melihat sesuatu yang aneh. Mahasiswa yang lain pun lantas bergegas untuk segera mengabadikan kejadian tersebut dalam bentuk video dengan ponselnya.

Dalam rekaman tersebut terlihat sosok makhluk dengan tinggi kurang lebih 10 meter dan berwarna agak sedikit kemerahan. Makhluk itu terbang dan memiliki empat kaki serta ekor yang memancarkan cahaya yang semakin terang sebelum benar-benar menghilang. Dari yang terlihat serta kesaksian dari para mahasiswa tersebut makhluk itu menyerupai seekor naga.

Penampakan naga bukanlah kali pertama yang dilaporkan juga dimasa lalu naga kerap kali dilaporkan muncul dalam siaran berita, rekaman kamera bahkan muncul di kuil Buddha di Penang, Malaysia. Ditahun 2004 seorang fotografer amatir melaporkan bahwa dia melihat penampakan naga terbang disekitaran gunung Himalaya. Fotografer itu melihat penampakan itu saat akan menghadiri acara upacara pembukaan Qinghai To Xizang didalam perjalanannya itulah dia menyaksikan penampakan naga terbang dan segera mengadikannya dalam bentuk foto dengan kameranya dari jendela pesawat.

Islandia - Lagarfljotsormurinn 

Dari waktu ke waktu, pemberitaan media maupun orang-orang tentang keberadaan dan keberhasilan mengadikan gambar atau video dari makhluk mitologi ataupun makhluk prasejarah yang disebut Nessie atau monster Loch Ness terus saja bermunculan. Beberapa tahun lalu ada laporan yang memberitakan bahwa seorang turis tanpa sengaja melihat dan mengabadikan monster danau Loch Ness, kali ini pun ada lagi laporan serupa namun berbeda makhluk. 

Seorang pria bernama Hjortur Kjerulf mengatakan bahwa dia berhasil mengambil sebuah bukti dari pergerakan tidak biasa yang terlihat seperti sesuatu sedang berenang di bawah air sungai Jokulsa I Fljotsdal di Islandia Timur. Temuannya itu pun akhirnya di unggahnya disitus berbagi video, youtube. 

Islandia memang mempunyai sebuah mitos dimana ada sebuah makhluk penghuni sungai yang berwujud ular raksasa bernama Lagarfljotsormurinn. Berbeda dengan Nessie, monster didanau loch ness, Lagarfljotsormurinn ini diperkirakan berwujud seperti naga dan menempati kawasan yang sangat dalam sekitar 367 kaki dari permukaan air sungai. 

Meskipun dia yakin bahwa sesuatu yang direkamnya merupakan makhluk Lagarfljotsormurinn namun sedikit orang yang percaya bahwa itu memang benar makhluk mitologi tersebut. Banyak orang yakin itu hanya ikan yang bergerak cepat sehingga membentuk riak. Bahkan ada yang berkomentar bahwa itu hanya perbuatan mesin. 

Pixie Cornish

2015 lalu, podcast seni alternatif yang berada di Inggris mendapatkan beberapa kiriman foto dari salah satu pendengarnya di Cornwall. Didalam foto itu menunjukkan bagian kerangka makhluk humanoid atau makhluk yang menyerupai manusia yang terdiri dari kerangka tengkorak, tulang rusuk dan tulang belakang. Orang yang mengirimkan foto tersebut merupakan seorang pekerja di pusat penyelamatan burung dan tugasnya adalah untuk memeriksa dan mengontrol sarang burung yang sudah terancam punah untuk mencegah adanya pencurian telur langka oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dan saat sedang melakukan pemeriksaan itulah dia menemukan kerangka makhluk humanoid itu, berada tersembunyi diantara ranting dan bulu-bulu burung yang kemudian dimasukan dalam satu kantong. Dia berspekulasi bahwa yang ditemukannya ini merupakan sisa-sisa dari makhluk bernama Pixie Cornish. 

Pixie Cornish merupakan makhluk mitologi yang menyerupai peri dengan perwujudan badan kecil, telinga runcing dan bersayap.  Karena khawatir orang-orang tidak akan mempercayai ceritanya makanya ia lantas mengirimkan bukti tersebut disertai penjelasan dan melihat bagaimana orang-orang akan menilainya dengan sudut pandangnya masing-masing. Benarkah makhluk itu adalah bekas kerangka Pixie Cornish? Benarkah makhluk-makhluk itu pernah ada atau bahkan masih ada tetapi menyembunyikan dirinya dari dunia. Itu hanya segelintir, sebenarnya masih ada banyak jenis makhluk-makhluk mitologi dan humanoid yang dipercaya pernah hidup tapi kurangnya bukti membuat banyak orang ragu akan kebenarannya.

referensi