Skip to main content

Kasus Pembunuhan Yang Tidak Terpecahkan Sampai Saat Ini

Banyak kasus pembunuhan keji yang masih belum bisa terpecahkan hingga saat ini. Ada yang sampai menjadi misteri dari puluhan tahun hingga ratusan tahun lamanya. Tidak diketahui siapakah pelakunya sampai motif dilakukan pembunuhan tersebut. Para polisi dan penyidik sudah lelah dan putus asa dalam menyelidiki kasus-kasus tersebut karena tidak bisa menemukan titik terang. Dan akhirnya meninggalkan tanda tanya dan misteri sampai saat ini. seperti beberapa kasus pembunuhan berikut.

Elisa Lam

Kasus pembunuhan yang tidak terpecahkan pertama dimulai dari kasus paling popular Elisa Lam. Bulan Februari, 2013 dunia digemparkan dengan meninggalnya seorang gadis bernama Elisa Lam. Mayatnya ditemukan didalam sebuah tangki air salah satu hotel. Diperkirakan Elisa Lam telah meninggal satu bulan sebelumnya. Dan kematian Elisa juga gerak geriknya yang terekam kamera CCTV membuatnya jadi bahan perbincangan banyak orang karena kemisteriusannya. 

Sebelumnya, jika ada yang belum siapa itu Elisa Lam, Elisa Lam adalah seorang gadis pada tanggal 30 April 1991. Dia tercatat sebagai salah satu mahasiswi di University Of British Columbia. Sebelum ditemukan meninggal, Elisa Lam ternyata aktif dalam menulis blog. Baik itu di Blogspot maupun Tumblr. Dalam blognya itu Elisa Lam kerap membagikan cerita sehari-harinya dan juga menceritakan tentang stress yang dialaminya, tekanan hidup dan juga soal Bipolar Disordernya. 

Elisa Lam terlihat terakhir kali di tanggal 31 Januari. Orang yang terakhir kali melihatnya adalah petugas hotel yang merupakan seorang satpam hotel dan seorang manajer toko buku didekat hotel Cecil bernama Katie Orphan. Terakhir kali berjumpa dengan Elisa, Katie mengatakan tidak ada keanehan sama sekali pada Elisa. 

Orang tuanya kemudian menelpon pihak hotel dan polisi setelah tahu bahwa tidak ada kabar apapun dari Elisa. Orang tuanya melaporkan kehilangan Elisa Lam. Setelah pelaporan itu polisi pun segera mencari dan berupaya untuk menemukan Elisa, dan belum dikatakan bahwa Elisa meninggal pada saat itu. Tidak lama setelah dilakukannya laporan mengenai hilangnya Elisa Lam, para tamu Hotel tempat Elisa menginap yakni Hotel Cecil mulai mengeluh dan melaporkan ada yang tidak beres dengan kualitas air dihotel tersebut. Tamu hotel mengeluhkan soal air hotel yang berbau anyir dan terkadang berwarna gelap karena adanya cairan hitam aneh. Karena banyaknya keluhan akhirnya pihak hotel pun memeriksa tangki air dan apa yang ditemuka merekapun sangat mengejutkan. Ketika memeriksa salah satu dari empat tangki air yang ada, ditemukan jasad seseorang yang sudah hancur sedikit karena sudah terlalu lama terendam air. Setelah melakukan pemeriksaan, akhirnya pihak yang bertugas memastikan bahwa jasad yang ditemukan milik Elisa Lam yang dikabarkan menghilang. Banyak penghuni hotel yang langsung pergi ketika mengetahui hal tersebut.

Investigasipun dilakukan guna mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Apakah Elisa Lam dibunuh atau bunuh diri. Dari rekaman CCTV hotel yang beredar terlihat sikap Elisa Lam yang aneh. Elisa Lam terlihat seperti sedang dikejar oleh sesuatu. Bahkan dalam salah satu rekaman Elisa nampak seperti sedang berbicara dengan seseorang dan nampak seperti meraba sesuatu yang tidak ada wujudnya. Elisa Lam juga terus menerus menekan tombol lift yang sayangnya tidak tertutup. Elisa pun akhirnya pergi dan rekaman selanjutnya menunjukkan pintu lift yang tertutup dan terbuka lagi disetiap lantai yang ditekan oleh Elisa Lam.

Setelah rekaman CCTV yang disebar luaskan, banyak orang mulai berspekulasi dan muncul berbagai teori mengenai kematian Elisa Lam. Mulai dari adanya campur tangan makhluk halus, Illuminati hingga tewas dibunuh. Pihak berwajib sendiri memberikan penjelasan mengenai kematian Elisa Lam ini, menurut kepolisian Elisa Lam dipastikan tewas karena tenggelam dan Bipolar Disordernya juga menjadi salah satu penyebab dari tewasnya gadis ini. Tapi, banyak orang yang meragukan hal itu. Ada sejumlah kejanggalan mengenai kasus ini. Seperti bagaimana bisa seorang gadis seperti Elisa Lam masuk kedalam tangki air. Bagaimana bisa seorang gadis seperti Elisa Lam membuka tangki air, masuk kedalamnya dan kemudian menutupnya kembali? Lalu, soal gerak-gerik Elisa Lam sebelum ditemukan tewas juga sangat aneh. Dan sampai saat ini, kasus ini pun hanya menyisakan tanda tanya besar karena tidak ada satupun yang bisa menjelaskan penyebab kematian Elisa Lam.

JonBenet Ramsey

Kasus selanjutnya datang dari Colorado. Pada 26 Desember 1996 di Boulder, Colorado, Patsy Ramsey seorang ibu rumah tangga, mengaku telah menemukan sebuah surat yang berisi permintaan tebusan untuk anaknya JonBenet Ramsey. Surat tersebut ditemukan ditangga didalam rumah. Patsy yang mana adalah ibu JonBenet melaporkan kejadian ini pada polisi di jam 5.52 Pagi. Saat itu, orang yang berada didalam rumah adalah Ayahnya, John Ramsey, ibunya Patsy Ramsey dan kakak laki-laki JonBenet, Burke Ramsey. Anehnya, Mayat JonBenet ditemukan kurang dari 8 jam oleh ayahnya sendiri dan didalam rumah mereka sendiri. Tepatnya di dalam basement. Kondisi mayat Jonbenet ketika ditemukan sangat mengenaskan dengan mulut terlakban dan leher yang dililit dengan kabel. 

JonBenet Ramsey adalah salah satu peseta kontes kecantikan dan pernah memenangkan kontes kelas atas, setidaknya 5 kali. Dan kematian gadis cantik itu diindikasi merupakan sebuah kasus pembunuhan. Setelah dilakukan otopsi pada mayat JonBenet, ditemukan bahwa JonBenet tewas karena dipukul. Tapi dari versi pihak Country Coroner, JonBenet tewas kehabisan nafas karena dicekik. Untuk mengencangkan kabel dileher JonBenet pelaku menggunakan kuas yang biasa digunakan oleh JonBenet. Selain itu, ditemukan juga DNA dibaju tidur dan celana dalam milik JonBenet yang sampai saat ini tidak diketahui milik siapa DNA itu. Bahkan setelah dilakukan pencocokan dari 1,5 juta sampel hasilnya pun nihil. Tidak hanya itu, terdapat jejak kaki yang tidak diketahui siapa pemiliknya yang ditemukan ditempat kejadian. Juga ada gulungan tali didekat kamar JonBenet. 

Jika memang ada seseorang yang menerobos masuk ke kediaman Keluarga Ramsey, orang yang melakukan itu sangatlah rapih dan teliti. Lalu tanggal 27 Desember surat tebusan yang ditemukan Patsy diteliti. Fakta lain dari surat tebusan itu adalah bahwa surat tersebut dibuat dan ditulis menggunakan peralatan yang ada dikediaman Ramsey. Ada banyak orang yang percaya bahwa surat itu palsu atau sengaja dibuat. 

Tidak sedikit orang yang dijadikan tersangka kasus ini, bahkan anggota keluarga Ramsey itu sendiri. Diawal, Ayah, Ibu dan Kakak JonBenet diperiksa pihak berwajib dengan sangat teliti dan pada akhirnya anggota keluarga Ramsey dibebaskan dari tuduhan pembunuhan JonBenet. Selain mereka bertiga ada juga orang lain yang dijadikan tersangka, yaitu Billy McRonalds. Billy mengunjungi keluarga Ramsey dua hari sebelum kejadian. Dan terkadang dia berpakaian seperti santa klaus. Tapi, Billy pun akhirnya bebas dari tuduhan karena kurangnya bukti. Lalu ada Gary Olivia yang tinggal hanya beberapa blok dari kediaman Ramsey. Alasan mengapa Olivia dicurigai adalah karena ditemukannya foto JonBenet dalam tasnya saat ditangkap atas kasus kepemilikan obat terlarang. Selain itu, teman Olivia juga mengatakan bahwa Olivia pernah mengatakan bahwa dia telah menyakiti gadis kecil dan menyebutkan tempat dimana dia menyakiti gadis tersebut, yaitu di Boulder, Colorado. Dan ternyata, menurut catatan, tidak ada gadis kecil selain JonBenet didaerah itu. tapi tetap, DNA yang ditemukan tidak cocok dengan Olivia. 

Zodiac Killer

Terakhir ada Zodiac Killer. Pelaku pembunuhan yang paling misterius sampai detik ini. Zodiac Killer merupakan pembunuh berantai yang melancarkan aksinya di California Utara dan memulai aksinya disekitaran tahun 1960-an. Identitas asli pembunuh ini tidak diketahui sampai sekarang. Untuk julukannya sendiri, diberikan karena selalu ada kata Zodiac disetiap surat yang dikirim ke pers. Sampai saat ini, tidak diketahui siapa pengirimnya, tapi yang pasti surat itu terdapat kriptogram dan sandi-sandi yang rumit dan memusingkan. Diduga kuat surat tersebut berasal dari Zodiac Killer. 

Korban-korban dari Zodiac Killer sendiri dibunuh di empat tempat berbeda yakni di, Benicia, Danau Berryessa, San Fransisco dan Vallejo. Korbannya terdiri dari tiga wanita dan empat pria yang kisaran umurnya dari 16 – 29 tahun. Dibunuh dari Desember 1968 sampai Oktober 1969. Ada beberapa tersangka dalam kasus ini, tapi tidak ada yang ditangkap karena kurangnya bukti yang ada. Kasus Zodiac Killer ini sempat ditutup pada tahun 2004 karena kasusnya tidak berkembang dan mengalami kebuntuan lalu dibuka kembali ditahun 2007. Didalam surat yang dikirimkan oleh terduga pelaku Zodiac Killer yang asli, penulisnya mengklaim telah melakukan pembunuhan dengan membunuh sebanyak 37 kali. Tetapi, menurut hasil dari penyelidikan, hanya 7 orang yang berhasil diketahui identitasnya, bahkan dua dari korban ada yang berhasil selamat.

Dari beberapa surat berisi kode, ada satu yang terpecahkan. Inti dari hasil pemecahan kode itu adalah bahwa Zodiac Killer ini sangat suka membunuh orang karena menurutnya itu menyenangkan. Zodiac Killer ini terus berkomunikasi dengan pihak berwajib melalui surat-surat yang dikirimkan sampai tahun 1970. Dan surat terakhir Zodiac Killer ini dikirimkan pada tanggal 8 Juli 1974 yang berisi keluhan tentang kolumnis dan ditanda tangani menggunakan Phentom Red semacam lilin yang dicairkan dan ditempel dengan stampel.

Referensi:
https://allthatsinteresting.com/elisa-lam-death-video
https://meaww.com/pageant-star-jonbenet-ramsey-8-suspects-killer-murder-theories-cold-case
https://www.britannica.com/biography/Zodiac-killer

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar