Skip to main content

Urban Legend Jepang yang Bakal Membuat Anda Susah Tidur

Jepang bukan hanya terkenal dengan kemajuan teknologinya. Negeri Sakura ini juga memiliki urban legend alias legenda seram modernnya sendiri. Saking terkenal dan menyeramkannya kisah-kisah urban legend tersebut, sebagian di antaranya bahkan sudah ada yang diadaptasi ke beragam media hiburan seperti film, komik manga, hingga game. Berikut adalah urban legend paling terkenal dari Jepang yang bakal membuat anda merinding saat membacanya:

1. Hantu Toilet Hanako


Jika anda hobi menonton film horor, maka adegan pembunuhan yang mengambil tempat di kamar mandi dan toilet adalah adegan yang cukup sering ditemui. Walaupun terkesan klise, ada alasan tersendiri kenapa adegan tersebut sering dimunculkan.

Toilet merupakan tempat sempit yang penggunanya hampir selalu berada dalam kondisi sendirian. Jadi ketika seseorang terpojok di tempat ini, kecil peluangnya untuk melarikan diri atau mengharapkan bantuan dari orang lain.

Toilet pulalah yang menjadi setting dari urban legend Hanako, hantu perempuan yang dipercaya menghuni bilik toilet ketiga. Menurut cerita, jika seseorang memasuki toilet khusus wanita yang berhantu, lalu mengetuk pintu bilik toilet ketiga sebanyak tiga kali sambil bertanya, “Apa kau ada di sana, Hanako-san?”, akan ada suara perempuan yang menjawab dari dalam.

Jika pintu toilet tersebut dibuka, maka orang yang tadi bertanya akan melihat sosok anak perempuan yang memakai rok merah. Kalau menurut cerita versi lain, orang yang membuka pintu toiletnya tidak akan melihat sosok Hanako secara penuh, namun hanya bisa melihat bayang-bayang tangannya yang bersimbah darah.

2. Si Jubah Merah (Aka Manto)


Satu lagi urban legend yang bersetting di toilet. Menurut cerita, jika seseorang sedang sendirian di toilet, ia mungkin bakal mendengar suara orang bertanya, “Tisu merah, atau tisu biru?” Jika seseorang menjawab “merah”, maka sang hantu akan membunuh orang yang ditanyanya tadi dengan cara menusuknya hingga sekujur bajunya berubah warna menjadi merah akibat darah.

Namun jika korban menjawab “biru”, maka sang hantu akan mencekik leher korban hingga korban berubah warna menjadi biru akibat mati kehabisan nafas. Supaya bisa lolos dari hantu ini, maka korban harus menjawab “tidak ada” dan hantu Aka Manto akan pergi meninggalkan korban tanpa membunuhnya.

3. Gadis yang Mulutnya Robek (Kuchisake Onna)


Mendengar nama julukannya saja sudah cukup membuat bulu kuduk merinding. Namun yang lebih menyeramkan lagi adalah sosok ini dilaporkan benar-benar pernah menampakkan diri dan meneror anak-anak di Jepang, Korea, serta Cina sejak tahun 1970-an. Kuchisake Onna sendiri dideskripsikan sebagai seorang gadis misterius yang selalu mengenakan masker. Alasan ia menggunakan masker adalah karena ia memiliki luka robekan yang lebar di kedua sisi mulutnya sehingga ia terlihat seolah-olah sedang tersenyum lebar.

Ada beberapa versi cerita mengenai bagaimana Kuchisake Onna memperoleh luka di mulutnya. Menurut salah satu cerita, mulutnya robek akibat kesalahan dalam operasi plastik. Lalu kalau menurut versi cerita yang lebih lawas, mulut gadis yang kelak menjadi Kuchisake Onna dirobek oleh suaminya sendiri yang berprofesi sebagai samurai karena dianggap tidak setia.

Kalau dalam urban legend-nya sendiri, Kuchisake Onna dilaporkan akan mendekati korbannya pada saat hari sudah senja. Mula-mula, ia akan bertanya apakah dirinya cantik. Jika korbannya menjawab “ya”, ia akan merobek mulut korbannya supaya mirip dengan dirinya. Namun jika korban menjawab “tidak”, ia akan membunuh korban dengan cara membelah badannya jadi dua.

Jika korban tidak menjawab dan melarikan diri ke arah lain, Kuchisake Onna akan muncul secara tiba-tiba di hadapan korban sambil kembali bertanya apakah dirinya cantik. Supaya korban bisa selamat, maka korban harus menjawab “penampilanmu biasa saja”. Kuchisake Onna konon juga bisa dibuat bingung jika korban bertanya balik kepadanya.

4. Kepala Sapi (Gozu)


Urban legend yang satu ini terbilang unik karena isi ceritanya sendiri tidak pernah benar-benar diketahui. Menurut cerita, seorang guru dan murid-muridnya sedang meniki bus bersama-sama untuk studi lapangan. Untuk membunuh kebosanan, sang guru kemudian menceritakah kisah Kepala Sapi kepada murid-muridnya.

Pada awalnya murid-murid tersebut menunjukkan rasa tertarik dan penasaran. Namun saat ceritanya semakin mendekati tahap klimaks, mereka mulai merasa ketakutan dan berteriak-teriak meminta supaya ceritanya dihentikan. Mendadak, guru yang menceritakan kisahnya merasa kejang-kejang sehingga murid-muridnya merasa semakin panik.

Pada saat itulah, tiba-tiba bus yang mereka tumpangi terperosok ke dalam parit dan terguling. Saat supirnya diperiksa, ia ditemukan berada dalam kondisi tewas dengan mulut yang penuh busa. Tidak diketahui bagaimana nasib guru dan murid-muridnya sesudah itu. Menurut mitos, siapapun yang mengetahui cerita asli Kepala Sapi akan meninggal dalam waktu dekat karena ceritanya konon terlalu menakutkan untuk diingat.

5. Sekolah Mimpi


Mimpi merupakan salah satu hal yang masih sulit dipahami oleh manusia. Sebagian berpendapat kalau mimpi tidak lebih dari kumpulan bayangan dan imajinasi terpendam seseorang yang muncul saat orang tersebut sedang tidur. Namun tidak sedikit pula yang menganggap kalau mimpi memiliki kaitan dengan hal-hal supranatural.

Dalam urban legend Sekolah Mimpi, awalnya sang tokoh utama menemukan kalau dirinya tengah berada di sebuah bangunan sekolah misterius. Sejauh apapun ia menyusuri lorong, ia akan selalu kembali ke tempat di mana ia pertama kali berdiri. Saat ia merasa kebingungan, ia tiba-tiba mendengar langkah kaki mendekati dirinya.

Karena merasa ketakutan, sang tokoh utama kemudian berlari ke lantai atas. Namun sesampainya di sana, ia justru malah berada di lantai dasar. Ia juga menemukan kunci dan petunjuk mengenai ruangan manakah yang bisa digunakan untuk menggunakan kunci. Karena ia mengira kalau kunci tersebut merupakan kunci yang penting, ia pun mengambil kunci tadi dan pergi ke ruangan yang dimaksud.

Sesampainya di depan ruangan, sang tokoh utama lalu menggunakan kunci tadi untuk membuka pintunya. Alangkah terkejutnya ia begitu menemukan kalau apa yang ada di balik ruangan ternyata adalah potongan tangan dan kaki manusia yang menyatu membentuk gumpalan makhluk raksasa.

Sang tokoh utama akhirnya sadar kalau ia sedang terjebak di dunia mimpi. Namun jasadnya yang berada di dunia nyata tidak pernah terbangun sehingga kini jiwanya terjebak di dalam Sekolah Mimpi untuk selamanya. Menurut legenda, jika ada seseorang yang mengetahui cerita ini dan masih mengingatnya hingga lebih dari seminggu kemudian, jiwa orang tersebut akan ikut terjebak di Sekolah Mimpi.

6. Gadis Penghuni Celah


Pernahkah anda membayangkan ada makhluk yang menghuni celah gelap di sela pintu, retakan tembok, atau tas yang ritsletingnya terbuka sedikit? Itulah inti dari kisah Gadis Penghuni Celah. Menurut cerita, jika seseorang sedang melihat celah gelap dan tanpa sengaja melihat ada mata yang menatap dari baliknya, maka pemilik mata tersebut akan mengajak korbannya bermain petak umpet.

Sepintas urban legend ini tidak terdengar menyeramkan ya? Simak dulu kelanjutan ceritanya. Jika sang hantu hanya mengajak bermain petak umpet, maka korban masih berpeluang untuk selamat. Namun jika korban kembali bertemu hantu yang sama, maka korban akan dibawa ke dunia lain dan tidak akan pernah kembali.

Sumber :
https://thoughtcatalog.com/natasha-glover/2015/06/the-10-most-frightening-japanese-urban-legends/
https://www.hellystar.com/en/the-girl-of-the-gap/
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar