Skip to main content

Rahasia-Rahasia Menarik Seputar Atenisme Mesir Kuno

Dari sepanjang sebagian besar sejarah Mesir Kuno yang orang-orang ketahui, masyarakat Mesir Kuno menyembah beberapa dewa. Orang-orang mempunyai kesempatan untuk menyembah dewa-dewa yang dianggap pantas. Namun, dalam waktu yang relatif singkat, negara itu secara tiba-tiba berubah menjadi monoteisme dalam bentuk Atenisme yang mungkin merupakan salah satu bagian yang paling menarik sekaligus misterius. 

Ada begitu banyak pertanyaan seputar Atenisme di Mesir Kuno ini, misalnya tentang dari mana agama asing ini muncul, mengapa hanya ada sedikit perlawanan, mengapa agama itu menghilang begitu tiba-tiba setelahnya, dan mengapa Raja Firaun Mesir Kuno yang paling terkenal dizaman itu, Tutankhamun, berada dalam tengah-tengah masa yang aneh disalah satu peradaban paling mulia dan luas dalam sejarah yang ada. Berikut adalah beberapa fakta menarik dari Atenisme.

Kemunculan Atenisme
Firaun Amenhotep IV
Firaun Amenhotep IV credit merinding.com

Setelah lebih dari 2000 tahun, Politeisme yang berakar, praktik-praktik semacam itu dengan mudah dapat dihilangkan ketika Firaun Amenhotep IV yang mengubah namanya menjadi Akhenaten pada tahun kelima dimasa pemerintahannya dan kemudian mulai mempernalkan Atenisme. Ditahun kesembilan, bukannya menyembah beberapa dewa, Akhenaten justru menyatakan Aten adalah satu-satunya dewa. Selain itum tidak ada gambar terkait tentang dewa ini. hal itu dikarenakan tidak memanifestasikan bahwa dirinya tidak dapat dilihat. Satu-satunya yang merepresentasikan Aten adalah sebuah piringan surya yang datar. Intinya semacam matahari.

Hal menarik yang lain dari ini adalah adanya fakta bahwa meskipun Aten disebutkan dalam tulisan suci kuno juga Mesir Kuno, itu menegaskan bahwa itu adalah dewa matahari, bukan dewa yang dipahami oleh orang Mesir Kuno. Mengenai asal-usul ideologi itu tampaknya hanya ditemukan pada sekolah-sekolah misteri tertentu di Heliopolis yang memiliki koneksi-koneksi yang sangat menarik.

Tidak Ada Bentuk Penolakan Yang Jelas
achenaten
Achenaten credit brewminate.com

Sangat bertolak belakang dengan perlawanan yang telah diperkirakan, seperti sebuah upaya untuk menggulingkan firaun dengan agamanya yang baru, nampaknya, dari catatan sejarah pada saat itu, dimana seluruh penduduk yang ada hanya menerima perubahan tersebut. Meski Mesir Kuno mempunyai pasukan yang kuat serta terlatih, hal itu ternyata tidak cukup untuk sekedar menggulingkan Akhenaten. Hal ini terjadi karena meskipun Akhenaten telah pindah ke Ibukota baru yaitu dari Thebes ke Armana.

Hal yang membuat keadaan ini menjadi lebih aneh dan membingungkan adalah agama Atenisme ini menghilang sangat cepat dan begitu tiba-tiba. Sekitar dua dekade saja dan kemudian menghilang. Lalu secara tiba-tiba salah satu dari penerus Akhenaten, yang mana mungkin salah satu dari Firaun paling terkenal, memulihkan cara kuno Amun Ra. 

Adanya Kemiripan Dengan Agama-Agama Abraham Awal Hingga Freemason
Sejarah Freemason
Sejarah Freemason Credit britannica.com

Ada banyak praktik yang jelas dari The Atenisme. Seperti yang tampaknya diajarkan disekolah misteri Heliopolis dan telah menjadi cikal bakal dari tiga agama utama Ibrahim yang mengikuti Yudaisme awal dengan Kekristenan. Tuduhan ini mungkin akan lebih meyakinkan mengingat ada sosok misterius Aper-El yang menjabat sebagai seorang menteri utama Akhenaten dan setelah penemuan yang dibuat di makamnya sangat mungkin dari bahasa Ibrani Awal. Fakta lainnya adalah koneksi-koneksi ke agama-agama awal serta tulisan suci dari Perjanjian Lama yang lebih spesifik.

Ketika mempertimbang studi dari banyak penulis, banyak ditemukan berbagai rahasia dan juga adat istiadat mengenai mereka, mungkin yang paling penting adalah ksatria Templar dan juga tentang Freemasonry. Bahkan dalam ajaran agama Kristen dan Gereja Roma diseluruh dataran Eropa, ajaran rahasia serta koneksi yang terpisah ini terus berlanjut selama ribuan tahun.

Upaya Yang Dilakukan Untuk Menghilangkan Sejarah Mesir Kuno Atenisme
Horemheb
Horemheb Credit Tragedisosialdansejarah.com

Setelah kepergiaannya dari Mesir Kuno, ada sebuah upaya yang bisa untuk menghapus semua jenis catatan tentang Atenisme dari sejarah. Banyak dari sesuatu yang diketahui saat ini berasal dari sisa-sisa catatan Mesir yang mana pada dasarnya telah diabaikan atau terlalu sulit untuk diakses dan dihancurkan. Hal yang terkenal dan mudah untuk dikenali oleh Firaun Mesir Kuno adalah sebuah misteri yang ada. Dari semua Firaun di waktu itu, meski telah mengalami mumi dalam sejarah, mumi yang dipelihara dan dijaga dilindungi dengan baik. 

Bahkan, Firaun yang mengikuti tampaknya telah tumbuh terlalu besar. Sangat penting untuk menjauhkan diri dari kepercayaan Atenisme ini, dimulai dengan adanya Horemheb untuk secara aktif melakukan penganiayaan kepada siapapun yang dengan sengaja mempraktikan atau memberitakan tentang ideologi ini, serta menghancurkan monumen dan menghapus prasasti. Ada begitu banyak spekulasi tentang tanggapan yang tertunda ini dan itu berkisar pada klaim dunia tentang adanya revolusi sederhana sampai ke klaim gila, intervensi-intervensi luar angkasa. 

Koneksinya Dengan Tutankhamun
Tutankhamun
Tutankhamun credit Britannica.com
Kembali ke Firaun yang terkenal dimana pada waktu itu pemerintahannya bertanggung jawab untuk mengembalikan fokus keagamaan kembali ke negara sebelum Akhenaten, Tutankhamun. Dia mungkin yang paling terkenal dari sejumlah Firaun dalam Mesir Kuno, bagi kita di zaman yang moderen ini. Bahkan ia akan mengubah namanya demi menunjukkan penolakannya terhadap Atenisme. Namun demikian, namanya sudah dihapus dari catatan resmi dari kerajaan bersama dengan penguasa lainnya saat ini. menariknya lagi, makam itu terletak tepat di seberang Tutankhamun, sekitara beberapa meter jaraknya. Makam 55 itu juga dikenal dengan KV55.
Adanya Sebuah Makam Misterius 55

Aspek lain yang misterius dari Atenisme adalah tentang penemuan isi yang dikenal dengan makam 55. Hal khusus tentang hal itu adalah bahwa ia seharusnya membawa meterai Tutankhamun, namun klaim ini belum bisa dikonfirmasi. Bagian yang lebih menarik tentang makam 55 adalah sebuah gagasan bahwa itu sebenarnya disegel. Ada sebuah kepercayaan dimana ada sebuah kutukan dan pembalasan dari para dewa. Selain itu juga, tubuh mumi sengaja dinodai dan digambarkan sebagai sosok perempuan walau ditemukan mumi pria.

Kemunculan Patung Sekhmet Yang Tiba-Tiba Dimana-mana
Patung Sekhmet
Patung Sakhmet Credit ancient-origins.net
Dimasa pemerintahan Amonhotep III, didirikanlah sebuah patung Sekhmet di sebuah kuil keberanian. Ada sekitar 730 patung yang dibangun. Hal ini dikaitkan dengan dewa khusus ini dengan adanya benana. Para peneliti berpendapat bahwa ada sesuatu yang sangat serius terjadi pada Mesir Kuno. Ngomong-ngomong, Sekhmet, Putri Ra, telah berupaya untuk mencoba menghancurkan dunia sesuai dengan mitologi Mesir Kuno dan diamankan oleh Ra. 

Terjadinya Bencana-Bencana 
dampak letusan gunung thera/santorini
Dampak letusan gunung Thera/Santorini credit merinding.com
Didalam bukunya yang berjudul Act Of God, peneliti dan penyelidik Graham Philips berpendapat bahwa alasan patung-patung itu memang bentuk penaklukan yang sangat jelas dari seluruh bangsa dalam menghadapi perubahan drastis. Bencana besar yang akan datang melanda seperti bencana besar letusan gunung berapi yang mematikan dari Gunung Thera  yang dikenal juga dengan Santorini yang efeknya akan terasa sampai ke tanah Mesir. 

Jadi, mungkin inilah maksudnya mereka mau menerima perubahan yang sangat besar itu? karena jika gunung tersebut meletus, langit Mesir aan berubah gelap yang akhirnya membuat Akhenaten membuat sebuah keputusan untuk menyembah Aten yaitu piringan matahari. Yang menarik ada banyak tulah nyata yang melanda Mesir Kuno menurut legenda yang ada. Dan ketika tulah ini berlanjut dan bangsa ini mendapat kesimpulan bahwa dengan menyembah Aten yang dipandang sebagai satu-satunya cara untuk mengatasi masalah bencana yang akan datang tidaklah berpengaruh.

Secara singkat, kita mengetahui tentang ideologi, budaya serta pemikiran Mesir Kuno. Ada sebuah manipulasi yang tidak sengaja dari peristiwa yang terjadi secara alami tetapi merupakan bencana besar yang tidak hanya mengawali sebuah kepercayaan Atenisme, namun juga kemudian memicu hal lainnya. Itulah beberapa rahasia serta beberapa fakta menarik seputar kepercayaan Atenisme.

Referensi
https://learnodo-newtonic.com/akhenaten-facts