Kasus Bunuh Diri Saat Perang Dunia II

Perang Dunia II adalah salah satu perang mematikan di dunia yang pernah terjadi. Dimana dalam perang yang mematikan ini semua pihak berupaya mengalahkan musuh dengan sekuat tenaga bahkan dengan cara kejam. Mulai dari eksekusi bagi musuh yang menyerah, intrik mengalahkan teman karena kedudukan politik hingga memanfaatkan tenaga musuh untuk dijadikan kerja rodi. Dampaknya saat akhir peperangan dan mengalami kalah perang. Mereka harus mengalami balas dendam dari musuhnya. Sehingga untuk menghindari balas dendam itu banyak terjadi kasus bunuh diri saat Perang Dunia II. Mulai dari Hitler pemimpin Jerman sampai kasus bunuh diri Jepang yang dilakukan Perdana Menteri Tojo dari Jepang. Namun ada pula yang sengaja melakukan bunuh diri agar terhindar dari persidangan.

1.Perdana Menteri Hideki Tojo


Perdana Menteri Hideki Tojo adalah pimpinan dari Jepang yang menginisiatif terjadinya invansi Jepang ke Cina hingga kawasan Asia Pasifik. Dia banyak mendapat pujian saat Jepang berhasil menguasai Cina, Filipina, Singapura, Papua Nugini. Namun menjelang tahun 1944 Jepang banyak mengalami kekalahan dari Amerika Serikat sehingga dia digantikan oleh Perdana Menteri Kuniaki Koiso.

 Setelah menyerahnya Jepang kepada Sekutu setelah Kota Hirosima dan Kota Nagasaki dibom nuklir dia diadili oleh pengadilan internasional atas kejahatan perang. Di pengadilan yang bernama Pengadilan Militer untuk Timur Jauh itu dia didakwa banyak tuduhan. Mulai dari menyerang ke Cina tanpa alasan, perang agresif terhadap Sekutu hingga memerintakan perintah tidak berkeperimanusiaan kepada para tahanan. Dia divonis mati dengan cara digantung pada tanggal 2 November 1948. 

Tahu akan diadili Perdana Menteri Hideki Tojo sebelum ditangkap melakukan bunuh diri. dengan cara menembak dada kirinya menggunakan pistol sebelum ditangkap pada tanggal 11 September 1945. Namun percobaan bunuh diri itu gagal karena peluru meleset tidak mengenai jantungnya. Akhirnya setelah disembuhkan dia dibawa ke pengadilan untuk diadili. Sebelum dieksekusi dia berkata meminta maaf atas kejahatan perang yang dilakukan Jepang. Dimana kematiannya sengaja dilakukan agar Kaisar Jepang bisa cuci tangan atas kekejaman bangsa Jepang. Hal itu perlu dilakukan sebab Amerika Serikat membutuhkan pemimpin kuat di Jepang untuk melawan komunis pasca Perang Dunia II.

2.Hitler


Pada awal Perang Dunia II Jerman berhasil menguasai Polandia, Prancis, Denmark dan Swedia. Namun menjelang akhir Perang Dunia II keadaan berbalik. Karena semula Jerman menyerang Uni Soviet harus mengalami kegagalan. Bahkan keadaan berbalik dengan Uni Soviet menginvansi Jerman. Selain itu turun pula Amerika Serikat dengan persenjataan dan pasukan yang masih segar. Akhirnya Pada bulan April 1945 pasukan Uni Soviet hampir menguasai seluruh Jerman kecuali markas Hitler.

Tepatnya tanggal 27 April 1945 markasnya kehilangan semua kontak dengan wilayah Jerman lain. Bersamaan itu lewat Radio BBC Hitler mendengar tawaran dari musuh agar menyerah, namun hitler tidak mau dan menganggap itu sebuah pengkhianatan. Dia berkata tidak akan menyerah dan akan bunuh diri. Kemudian berkata kepada dokternya yakni DR Werner Haase metode yang tepat dan cepat untuk bunuh diri, jawabannya adalah menelan kapsul Sianida atau tembak pistol. Kemudian pimpinan Angkatan Udara Jerman Herman Goring lewat telegram meminta izin untuk mengambil alih keadaan. Namun Hitler tidak bergeming dia beranggapan Herman Goring hendak kudeta.

Tanggal 29 April 1945 Adolf Hitler menikahi Eva Braun karena dia tidak mau melarikan diri seperti pejabat Jerman lainnya. Setelah itu dia mendiktekan sebuah surat yag berisi bahwa tangan kanannya Joseph Goebbles menggantikannya memimpin Jerman. Kemudian dia tidur.

Tanggal 29 April terdengar kabar sekutu Adolf Hitler yakni Benito Mussolini si pemimpin Itali dieksekusi pemberontak. Dengan cara digantung terbalik di khalayak umum. Pada pukul 02.30 tepat tanggal 30 April 1945 Adolf Hotler menyusuri koridor dan menyalami para pegawainya. Saat fajar musuh sudah berjarak 500 meter dari markas Hitler. Kemudian pukul 14.30 Hitler menyalani para staf inti pegawainya termasuk beberapa perwira militer. Kemudian Hitler dan istrinya masuk kamar mereka untuk bunuh diri. Hitler bunuh diri dengan menembak pelipisnya sedangkan sang istri menelan kapsul sianida. Kemudian mayat keduanya dibakar pasukan Hitler hingga kedatangan pasukan Soviet pada sore harinya.

Pihak Uni Soviet sendiri memberi banyak versi soal kematian Adolf Hitler dengan tujuan agar tidak ada tempat pemujaan untuk dia. Setelah kematian Adolf Hitler banyak spekulasi berkembang soal kematian Adolf Hitler yang menyatakan dia sebenarnya memalsukan kematiannya. kemudian melarikan diri ke negara bekas sekutunya.

3.Harakiri jendral Kamikaze di Jepang


Mendekati akhir Mei 1945 pihak jepang mengalami kekalahan di semua sektor. Semula berhasil menguasai kawasan Asia Pasifik hingga Indonesia. Kini dengan Taktik Loncat Kataknya pihak Amerika Serikat berhasil mendesak Jepang. Kemudian Kaisar Jepang secara khusus membentuk pasukan Kamikaze. Pasukan pilot pesawat tempur ini bertugas menabrakkan diri ke kapal tempur Amerika Serikat. Nama Kamikaze ini diambil dari nama angin topan Kamikaze yang menyelamatkan Jepang dari serangan Mongol tahun 1281. Hasilnya Jepang mengorbankan 1.387 pilot terbaiknya untuk menghancurkan 81 kapal dan merusak 195 kapal perusak Amerika Serikat. Dengan jumplah korban mencapai 4.900 awak kapal dan melukai 4.800 awak kapal. Atau totalnya telah menenggelamkan 20% pasukan Amerika Serikat. Sebenarnya hal tersebut bisa dicegah namun karena semangat harga diri bangsa Jepang tinggi, mereka rela melakukan hal itu.

 Jendral Kamikaze saat itu bernama Jendral Takajiro Onishi yang pada awalnya enggan melakukan Kamikaze karena posisi Jepang sudah pasti kalah. Hingga tsaat tanggal 15 Agustus 1945 terdengar kabar Kaisar Hirohito menyerah diapun melakukan bunuh diri. Sebelum bunuh diri dia berpesta Sake atau minum keras bersama para stafnya. Kemudian paginya dia melakukan harakiri dengan cara mengerika. Yakni merobek perutnya hingga usunya terburai menggunakan Pedang Samurai. Kemudian memotong lehernya namun gagal karena sudah tidak ada tenaga. Secara bersamaan datang stafnya yang hendak memberikan bantuan mengundang medis, namun hal itu dicegah  Jendral Takajiro Onishi. Saat sekarat itulah  Jendral Takajiro Onishi menulis pesan terhadap pilot - pilot Kamikaze.

“Mereka bertempur dan gugur secara gagah berani, dengan kepercayaan kepada kemenangan akhir kita. Dalam kematian, saya berharap dapat berdamai dengan kegagalan saya dalam ikut mencapai kemenangan. Dan saya mohon maaf terhadap jiwa para penerbang yang telah gugur serta keluarga mereka yang telah berduka. Saya harapkan kaum muda Jepang menemukan moral dalam kematian saya.

4.Rudolf Hess


Rudolf Hess adalah tangan kanan Adolf Hitler dimana dia ikut menyunting buku Mein Kampf yang terbit tahun 1925.  Kemudian setelah Adolf Hitler menjabat sebagai pemimpin Jerman dia dijadikan wakilnya. Namun menjelang tahun 1941 saat Jerman kewalahan menghadapi Uni Soviet dia berinisiatif melakukan perundingan ke Inggris. Kemudian dia terbang sendirian ke Inggris dengan tujuan agar Inggris bekerja sama melawan Uni Soviet. Namun sesampai disana Inggris menganggap dia tentara Jerman biasa , sehingga tidak mendapatkan fasilitas diplomatik. Diapun dijebloskan ke penjara. Pihak Adolf Hitler juga bersikap cuek karena menganggap dia orang gila, sebab Adolf Hitler tidak ingin berdamai dengan Inggris. 

 .Rudolf Hess dipenjara hingga Perang Dunia II selesai. Setelah itu sebagai wakil Hitler dia diadili di Pengadilan Internasional Perang Nuremberg. Dia dihukum seumur hidup sampai peristiwa bunuh dirinya pada tahun 1987 di Penjara Spandau. Kematian tahanan nomor 7 itu dilakukan dengan mengantung diri menggunakan kabel lampu taman.

5.Jendral Erwin Rommel si Rubah Gurun


Jendral Erwin Rommel adalah pemimpin lapangan Jerman yang disegani oleh musuh maupun pasukannya sendiri di Jerman. Dimana jendral yang lahir tanggal 15 November ini mengepalai divisi Panser saat menginvansi Prancis. Dia mendapat julukan divisi hantu karena gerakan pasukannya sangat cepat. Dia berhasil memukul mundur pasukan Sekutu saat menguasai Prancis sehingga namanya menjadi semakin harum. 

Kemudian dia menjadi pimpinan pasukan Divisi 21 bertugas menghadapi Sekutu di Mesir. Disama dia banyak mengalahkan Sekutu di Aljazair, Maroko dan Mesir. Dia dijului Rubah Padang Pasir karena kejeniusannya yang mengalahkan pasukan Sekutu di kawasan padang pasir itu. Meskipun saat itu pasukannya hanya 22.000 berhasil mengalahkan sekutu dengan jumplah 30.000 pasukan. 

Sebagai prajurit tulen dia tidak pernah ikut dalam kubu posisi melawan Hitler. Namun dia populer di mata rakyat Jerman sehingga Hitler berfikir bahwa bila kemungkinan buruk terjadi pasti oposisi akan mengangkatnya sebagai presiden. Momentum itu datang saat terjadi plot pembunuhan Hitler pada tanggal 20 Juli 1944.

Namun kudeta pembunuhan Hitler itu gagal sehingga semua pihak ditangkap. Dibunuh dengan hukuman gantung menggunakan kawat piano sehingga kematian mereka lambat. Kebetulan saat itu Jendral Erwin Rommel. Terlibat dalam plot itu. Hitler segan untuk mengeksekusi mati karena rakyat Jerman pasti membencinya. Diapun diberi pilihan bunuh diri dan keluarganya tidak diusik. Atau eksekusi mati namun keluargnya diusik. Akhirnya Jendral Erwin Rommel memilih untuk bunuh diri. Diapun menegak Sianida dan dimakamkan dengan kebesaran militer. Kisah kudeta pembunuhan Hitler pada 20 Juli 1944 ini dapat dilihat di film berjudul Valkyrie yang rilis tahun 2008 dengan aktor utama Tom Cruise.

Sumber 
https://www.google.com/amp/s/intisari.grid.id/amp/0310937“Mereka bertempur dan gugur secara gagah berani, dengan kepercayaan kepada kemenangan akhir kita.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Hideki_Tojo
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kematian_Adolf_Hitler
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kematian_Adolf_Hitler
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Erwin_Rommel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel