Fakta Kelam Bulan Satelit Alami Bumi

Beberapa waktu lalu Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberi pernyataan yang kontroversia. Secara tidak langsung dia menyatakan bahwa bulan adalah milik Amerika Serikat. Hal ini diucapkan dengan mengungkapkan bahwa negaranya mempunyai peraturan eksklusif bahwa negaranya berhak menambang bulan dan tidak boleh dihalangi oleh negara lain. Pernyataannya ini segera mendapatkan respon dari musuh bebuyutannya yakni Rusia. Lembaga antariksa Rusia bernama Roscosmos menyatakan bahwa pernyataan Donal Trump merupakan bentuk keagresifan Amerika Serikat padahal jelas bulan milik semua warga bumi.

Bulan memang masih penuh misteri hingga saat ini. Banyak upaya dilakukan oleh umat manusia untuk memahaminya. Baik dengan cara memujanya sebagai penguasa alam atau menelitinya secara langsung seperti yang dilakukan oleh berbagai negara maju. Dari kegiatan meneliti itulah kemudian banyak ditemukan berbagai fakta tersembunyi dari bulan. Seperti pernah diklaim secara pribadi oleh penduduk bumi hingga adanya konspirasi yang menyatakan bahwa pendaratan Amerika Serikat di bulan oleh astronot Neil Amstrong adalah rekayasa.

1. Jual beli tanah di Bulan
planet bulan di jual
planet bulan di jual via popsci.com
Karena pada tahun 1967 pihak PBB melarang setiap negara memiliki Bulan maka banyak pihak berfikir pihak individu boleh memlikinya. Salah satunya adalah seseorang bernama Dennis Hope. Dia menjual tanah di bulan dengan harga setiap 4 kilometer persegi dihargai 20 dollar. Anehnya banyak yang percaya hingga tidak heran dia mendapatkan pemasukan sebesar 11 juta dollar dari usaha tipu - tipunya. Konon artis Tom Cruises termasuk pihak yang percaya akan klaim Dennis Hope.

2. Membuat negara di bulan
membuat negara di bulan
membuat negara di bulan via okezone.com
Seorang bernama 20 Desember 1940 mengklaim mendeklarasikan bahwa bulan miliknya dan mendirikan negara di atasnya. Namun klaim itu ditolak oleh Badan Pertnahan di tempat asalnya yakni Cook Country, Illinois, Amerika Seikat. Namun pihak Jaksa Agung Amerika Serikat menyetujui hal itu.

Semakin bersemangat akirnya James Thomas Mangan meminta agar PBB mengakkui deklarasi negara miliknya. Meski ditolak dia tetap keras kepala dengan mengibarkan bendera di depan markas gedung PBB. Dia juga membuat mata uang di negara yang ada di Bulan itu. Yakni bernama Celeston sebagai alat pembayaran resminya. Pada tahun 1970 saat dirinya hendak meninggal dunia dia mewasiatkan negara di bulan itu kepada anaknya.

3. Menjauh perlahan dari bumi
bulan Menjauh perlahan dari bumi
bulan Menjauh perlahan dari bumi via saintif.com
Faktanya bulan setiap tahun menjauh dari bulan dengan jarak 4 cm. Namun karena matahari memutari bumi membuat gerakan bulan melambat. Sehingga upaya bulan untuk benar - benar menjauh dan melepaskan diri dari bulan paling tidak mencapai waktu ratusan miliar tahun.

4. Mengapa bulan banyak lubangnya ?
bulan memiliki banyak lubang
bulan memiliki banyak lubang via hitekno.com
Jawaban pastinya karena bulan tidak memiliki atmosfer seperti bumi. Sehingga tidak heran banyak benda - benda luar angkasa yang menabraknya. Tidak adanya atmosfir disana karena ukuran massanya sangat keciil sehingga tidak mempunyai medan kuat untuk menahan atmosfir disana

Namun sekitar 3,5 miliar tahun lalu bulan memiliki atmosfir yang tipis dan bertahan hanya dalam waktu 70 tahun. Hal ini dibuktikan dengan ditemukan jejak - jejak yang tertinggal di atmosfir seperti karbon monoksida.

4. Sertifikat bulan
sertifikat bulan
sertifikat bulan via bbc.com
Pada tahun 1953 seorang pengcara bernama Jenaro Gajardo menyertifikatkan bulan yang ada di luar angkasa itu. Pengacara dari Chile itu membayar kantor pertanahan setempat dengan harfa 42 peso. Sehingga tidak heran dengan dasar sertifikat itu dia menggugat Neil Amstrong dan Buzz Aldrin yang mendarat di bulan pada tahun 1969. Namun gugatan itu sama sekali tidak digubris oleh pihak Amerika Serikat. Hingga dikematiannya tahun 1998 para ahli warisnya masih mengklaim bulan sebagai milik mereka.

5. Menjual di Ebay
Menjual bulan di Ebay
Menjual bulan di Ebay via moneysavingexpert.com
Sebagai situs jual beli Ebay melayani banyak permintaan jual beli. Namun syarat khususnya adalah tidak menjual belikan benda yang asal - usulnya tidak jelas. Salah satunya adalah bulan yang dijual di Ebay oleh Maria Angleles Duran tahun 2010 silam. Akibatnya akun Maria Angeles Duran itu diblokir dan masalah ini dibawa ke pengadilan.

6.Mengapa bentuk bulan berubah - ubah ?
bentuk bulan berubah - ubah
bentuk bulan berubah - ubah via mediaindonesia.com
Jawaban pastinya karena pengaruh cahaya matahari. Sebab cahaya posisi matahari selalu berubah - rubah saat berputar mengelilingi bumi. Sehingga tidak heran dampaknya dari bumi akan terlihat purnama, sabit hingga setengah lingkaran

7. Cuaca yang sering berubah - rubah
Cuaca di bulan yang sering berubah
Cuaca di bulan yang sering berubah via idntimes.com
Suhu permukaan di bulan bisa mencapai 127 derajat Celcius ketika disinari matahari sehingga tidak heran saat itu cuacanya sangat panas. Namun saat tidak diterangi matahari suhu disana mencapai 153 minus derajart Celcius.

8.Bila kita tanpa bulan
bumi tanpa bulan
bumi tanpa bulan via suryakepri.com
Dengan adanya bulan maka bumi dapat berotasi secara sempurna yakni 24 jam. Selain itu dengan rotasi yang sempurna menghasilkan cuaca dan musim yang kita kenal saat ini. Berbeda bila bumi berputar tanpa kehadiran bulan. Yang terjadi adalah bumi hanya berputar selma 6 sampai 12 jam saja. Selain itu malam akan terlihat lebih gelap tanpa cahaya bulan.

9. Konspirasi pendaratan manusia pertama di bulan
Konspirasi pendaratan manusia pertama di bulan
Konspirasi pendaratan manusia pertama di bulan via merdeka.com
Manusia pertama yang mendarat di bulan adalah astronot dari Amerika Serikat bernama Neil Amstong dan Buzz Aldrin. Misi pendaratan menggunakan Apollo 11 ini dilakukan pada tanggal 20 Juli 1969. Tepat pada pukul 10.56 mereka turun dari kapsul pesawat mereka dan menjejakkan kaki ke permukaan bulan selama 2 jam 30 menit.

Banyak teori soal konspirasi pendaratan Neil Amstrong dan Buzz Aldrin di bulan ini. Yakni konspirasi kebohongan pendaratan mereka dengan tujuan untuk memenangkan perang antariksa di bulan melawan Uni Soviet. Tepatnya pada tahun 1974 seorang bernama Bill Kaysing menerbitkan buku berjudul We Never Went to the Moon : America'4 Thirty Bilion Dollar Swindle. Di buku itu dia menjelaskan pemalsuan Amerika Serikat soal pendaratan Neil Amstrong dan Buzz Aldrin. 

Dia membuktikkan dengan dasar kejanggalan pada rekaman dan foto - foto yang dirilis oleh NASA. Teori pendukungnya adalah para astronut tidak bisa melintasi sabuk radiasi Van Alllen karena terdiri dari partike dan radikasi kosmik yang tertangkap oleh medan magnetik bumi. Balasan dari NASA menyatakan bahwa astronot ini bergerak 30 derajat sehingga bisa melewatinya dengan radiasi minimal.

 Berikutnya adalah tidak adanya bintang di foto - foto pendaratan itu. Pihak NASA menjawab bahwa mereka ke bulan bukan untuk foto bintang. Sehingga kamera yang digunakan adalah kamera dengan setelan eksposure pendek. Tidak heran hasilnya bintang tidak terfoto jelas. Yang terakhir adalah posisi bendera Amerika Serikat yang terlihat berkibar. Padalah di bulan sendiri tidak ada angin. Jawaban sederhana dari NASA karena NASA menggunakan tiang bendera berbentuk L terbalik. Sehingga tidak heran bendera terlihat berkibar.

10. Ledakan Pesawat Apollo 13 
Ledakan Pesawat Apollo 13
Ledakan Pesawat Apollo 13 via kompas.com
Pesawatr Apollo 13 adalah pesawat yang digunakan oleh NASA untuk melakukan penerbangan ke bulan. Sayangnya enerbangan yang dilakukan pada tanggal 13 April 1970 ini berakhir dengan tragis. Karena tabung oksigen di pesawat luar angkasa Apollo 13 yang membawa kapten Lovell dan dua awaknya Swingert dan Fred Haise meledak. Namun meskipun pesawat mereka meledak namun para astronot berhasil menyelamatkan diri.

Ledakan ini terjadi saat mereka berada di jarak 330.000 km dari bumi. Saat pesawat itu meledak mereka kembali ke bumi dengan mematikan komputer di pesawat. Kemudian mereka membuat alat penyaring karbondioksia agar mendapatkan oksigen yang diambil dari selang baju mereka. Kemudian secara perlahan turun ke bumi dan mendarat di bumi pada tanggal 17 April 1970. Diduga ledakan tangki oksigen itu terjadi karena percikan saat menembus atmosfer bumi.

11. Tragisnya nasib astronot Uni Soviet
Tragisnya nasib astronot Uni Soviet
Tragisnya nasib astronot Uni Soviet via grid.id
Dia bernama Vladimir Komarov yang lahir di tahun 1927. Vladimir Komarov masuk di Akademi Penerbangan Khusus Moskow pada tahun 1945. Tugas pertama yakni di Kaukasus. Kemudian dia menjadi insinyur senior di dunia penerbangan Uni Soviet. Tidak heran dia mampu bersaing dan mengalahkan calon 3.000 lainnya. Vladimir Komarov Pertamakali memasuki bulan pada tanggal 11 Oktober 1960 kemudian banyak misi yang dilakukan oleh Vladimir Komarov. Tidak heran dia banyak mendapatkan medali dari negara atas kontribusinya terhadap negara. 

Sayangnya nasib Vladimir Komarov harus berakhir tragis di tahun 1967. Saat itu pesawat luar angkasa Soyus miliknya ketika diluar angkasa panel suryanya gagal terbuka. Akibatnya tidak ada energi yang bisa disalurkan ke pesawatnya Soyusnya. Vladimir Komarov kembali ke bumi sayangnya dalam pendaratannya itu parasut gagal terbuka. Akibatnya terjadi ledakan kuat yang membuat tubuhnya hancur terbakar. 


Sumber 
https://amp.suara.com/tekno/2020/04/10/133000/trump-sebut-bulan-milik-as-rusia-geram
https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20190624141224-199-405875/mengenal-dua-manusia-pertama-yang-mendarat-di-bulan
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Teori_konspirasi_pendaratan_bulan
https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/science/discovery/amp/nena-zakiah-1/fakta-unik-bulan
https://m.liputan6.com/citizen6/read/3430331/menambang-mars-sampai-jual-tanah-di-bulan-6-kasus-orang-yang-mengklaim-luar-angkasa
https://m.tribunnews.com/amp/internasional/2020/02/27/wujud-astronot-rusia-yang-terjun-dari-luar-angkasa-tanpa-parasut-lalu-hantam-tanah?page=all
https://m.liputan6.com/global/read/2211689/13-4-1970-ledakan-di-pesawat-apollo-13-menuju-bulan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel