Percayakah Anda Inilah List Hewan yang Bisa Hidup Abadi

Kematian alami biasanya berasal dari penuaan. Dimana kondisi ini terjadi saat tiubuh mengalami kemunduran fungsi tubuh secara perlahan. Secara alami sebagaian besar hewan di dunia akan mengalami kematian. Semua dilalui setelah melalui siklus kelahiran, dewasa, reproduksi dan kematian. Namun di dunia ini ternyata ada pula pula yang dalam kehidupannya mengalami keabadian. Hal ini terjadi baik karena sistem imunitas tubuh mereka yang memang panjang. Atau karena organ tubuhnya selalu mengalami metamorfosis secara terus menerus. Contoh hewan yang bisa hidup abadi ini adalah Hydra, ikan Lungfish, ubur - ubur Turritopsis dan tikus Naked.

1.Flatworm 
Flatworm
Flatworm via animalcorner.org
Flatworm adalah hewan yang mengandalkan regenerasi untuk bisa hidup abadi. Model regenerassi hewan melata ini adalah dengan membelah dirinya kemudian menggunakan salah satu tubuh terbaiknya untuk melanjutkan hidupnya. Bahkan konon potongan tubuh kecilnya bisa digunakan untuk membentuk kehidupan lagi.

2.Tardigrades
Tardigrades
Tardigrades via sains.kompas.com
Tardigrades adalah hewan mini yang hanya bisa dicek lewat mikroskop karena mempunyai panjang 1,5 milimiter. Hewan ini mempunyai kekuatan daya tubuh dan adaptasi sangat kuat. Bahkan misalnya diletakkan di planet asing dia pasti akan tetap bisa bertahan disana.

Bentuk kemampuannya untuk hidup abadi adalah mampu menahan radiasi tingkat tinggi dan hidup tanpa air selama puluhan tahun. Sehingga tidak heran hewan ini banyak diteliti untuk kepentingan manusia.

Penelitiann terbaru di jurnal Scientific Report menunjukkan hewan ini mampu hidup selama 10 miliar. Hal ini berdasarkan kalkulasi keberadaannya yakni semenjak asteroid menyerang bumi di zaman Dinosaurus. Dalam jurnal itu dijelaskan bahwa hewan ini hanya bisa mati setelah matahari tidak ada.

3.Ubur - ubur Turritopsis Dohrnii
ubur ubur turritopsis dohrnii
ubur ubur turritopsis dohrnii via nationalgeograpic.grid.id
Ubur - ubur Turritopsis Dohrnii ini perkembangniakannya ada di perairan hangat Karibia. Ubur - ubur berukuran kecil karena hanya 5 mili ini mempunyai kemampuan regenerasi berkelanjutan yang sangat panjang, sistemnya adalah ketika mengalami luka kemudia dia akann menempel di dasar laut. Setelah itu dari tentakel - tentakelnya muncul Ubur - ubur Turritopsis Dohrnii muda. Hal ini Dalam tahap kemunculan Ubur - ubur Turritopsis Dohrnii muda inini terjadi secara berkepanjangan dan secara terus menerus.

4. Lobster
Lobster
Lobster via sinmaartengov.org
Hewan yang mempunyai ciri khas memiliki capir panjang ini mempunyai tingkat kesuburan sangat tinggi. Setiap waktu dia akan ganti kulit dan setelah itu ukurannya tambah membesar. Usia mereka bahkan bisa mencapai 140 tahun lamanya.

Hal tersebut terjadi di dalam tubuhnya terdapat enzim telomerase yang berguna menjaga agar tubuhnya tetap melakukan regenerasi. Semua enzim itu secara merata berada di semua DNA lobster. Sebenarnya semua mahluk hidup mempunyai enxin telomerasa. Namun sebagaian besar hanya dalam jumplah sedikit saja.  Kematiannya hanya bisa terjadi karena diserang penyakit atau diserang predator. Bisa juga terjadi karena dalam proses ganti kulit ini lobster membutuhkan energi sangat banyak. Sehingga lobster mengalami mati karena kelelahan.

5.Hydra 
Hydra
Hydra via phys.org
Hewan yang hanya bisa dilihat lewat mikroskop ini hanya memiliki satu kepala. Namun dengan keunikannya apabila kepalnya dipenggal maka akan tumbuh dua kepala. Selain itu Hydra juga tidak bisa mati karena kemampuuan melakukan generasi sel tubuh yang sudah rusak. Jadi ketika salah satu bagian anggota tubuh rusak maka akan segera memperbaiki diri. mirip Wolverine di fil X-Man ya pembaca anehdunia.com

Penyebab regenerasi begitu kuat di tubuh Hydra yidak lain karena ditubuhnya terdapar gen Foxo. Sebenarnya di tubuh mahluk hidup lainnya terdapat gen Foxo ini. Namun khusus di tubuh Hdyra keberadaan gen Foxo ini sangat melimpah sehingga membantu generasi mereka.

6.Ikan Lungfish
Ikan Lungfish
Ikan Lungfish via provoke-online.com
Ikan Lungfish adalah ikan purba yang dapat ditemukan di daerah ra berlumpur seperti di Afrika, Amerika Serikat dan Austalia. Mereka mampu hidup tanpa air selama 6 bulan ketika sudah mati maka segera masukkan ke air. Ajaibnya setelah itu ikan Lungfish akan hidup kembali.

7.Semut Tree Weta
Semut Tree Weta
Semut Tree Weta via ahmadcan.blogspot.com
Semut Tree Weta adalah jenis semut raksasa yang berukuran besar. Hewan ini mampu bertahan hidup di kondisi udara sangat dingin. Ketika mengalami pembekuan air maka dia akan membekukan dirinnya. Setelah kondisi normal kembali dia akan hidup kembali.

8.Tardigrade
Tardigrade
Tardigrade via scitechdaily.com
Hewan berjulukan beruang air ini karena bentuknya mirip beruang mempunyai ukutan 1,5 milimeter. Sehingga untuk melihatnya harus mengunakan miskroskop. Meski kecil namun hewan ini mampu hidup di kondisi ekstrem. Mulai dari kondisi panas hingga dibakar sekalipun hingga kondisi sangat dingin yakni mius 0 derajat. Bahkan tanpa oksigen mereka masih bisa hidup. Hebat bukan pembaca anehdunia.com ?

9.Bakteri Dinococcus radiodurans
Bakteri Dinococcus radiodurans
Bakteri Dinococcus radiodurans via kucingtekno.com
Bakteri Dinococcus radiodurans adalah bakteri yang kebal terhadap radiasi dan kondisi lingkungan yang mengerikan. Hal ini disebabkan mempunyai kemampuan untuk melakukanmati suri dan perbaikan DNA secara baik.

Berdasarkan penelitian hewan ini tidak bisa dikalahkan meskipun menggunakan radiasi nuklri. Begitu pula di kondisi berhawa dingin dan asam Bakteri Dinococcus radiodurans ini tetap masih sanggup hidup.

10.Kura - kura 
Kura - kura
Kura - kura via manado.tribunnews.com
Ternyata hewan yang terkenal lambat ini dikenal hewan abadi karena bisa hidup lama. Hal ini terjadi karena gerakannya yang lambat sehingga organ tubuh mereka tidak rusak seiring berjalannya waktu. Hal ini dibuktikkan dengan penemuan kura - kura berusia 250 tahun. Kemudian saat dibedah ternyata organ tubuhnya seperti organ kura - kura berusia 50 tahun. 

11. Spons laut
Spons laut
Spons laut via idntimes.com
Spons laut adalah biota laut yang bisa hidup lama hingga 11 ribu tahun. Hewan kategori organisme multiseluler ini mempunyai umur hinngga ribuan tahun. Umur abadinya ini terjadi karena sistem organ tubuhnya sangat sederhana. Karena tidak memiliki sistem organ dalam, organ pencernaan, sistem perderadan darah dan sistem otot. 

Selain itu spos laut juga mempunyai kemampuan untuk membentuk kembali tubuh mereka karena pemisahan sel atau jaringan. Atas dasar dua hal diatas tidak heran umur binatang ini sangat panjang.

12.Kerang Quahong
Kerang Quahong
Kerang Quahong via ms.hiloved.com
Kerang Quahong adalah hewan lauut yang terkenal karena umurnya panjang. Untuk mengetahui umur hewan ini dapat dilihat dari pola lingkaran di permukaan cangkang. Kunci semua ini adalah kemampuannya untuk melakukan pertahanan terhadap semua yang merusak selnya. Sehigga tidak heran dia bisa menahan semua serangan yang merusak DNA dan RNA. Pada tahun 2006 seorang ilmuwan menemukan Kerang Quanhong yang berusia 507 di pantai wilayah Eslandia. Sayangnya Kerang Quanwong itu kemudian mati saat diteliti.

13.Tuatara
Tuatara
Tuatara via eol.org
Hewan ini konon merupakan garis keturunan dari dinosaurus yang hidup 200 tahun lalu. Sehingga tidak heran yang terancam punah itu diklaim hidup lama di dunia ini. Yang terbaru telah ditemukan hewan mirip kadal ini berumur 110 tahun. Kita dapat melihat hewan ini saat di Slandia Baru.

14.Geoduck
Geoduck
Geoduck via vchightmarine.ca
Ini adalah nama kerang besar yang mendiami pantai barat d Amerika Utara. Kerang ini mempunyai ciri khas cangkangnya lebih kecil daripada bagian organ tubhnya. Sehingga tidak heran dia tidak bisa menyembuntikan tubuh lunaknya. Meskipun begitu hewan ini adalah hewan produktif dibuktikan mampu menghasilkan lima miliar telur sepanjang tahun. 

15.Landak laut merah
Landak laut merah
Landak laut merah via isw.co,id
Sesuai namanya hewan ini dapat ditemukan di laut namun khusus di wilayah Samudra Pasifik yang terkenal dengan gelombang tingginya. Disana dengan ditutupi duri tajam berwarna merah di tubuhnya dia merangkak lambat. usia mereka kononn mencapai usia 200 tahun.

16.Ikan Koi
Ikan Koi
Ikan Koi via jualbelikoi.com
Ikan Koi adalah ikan yang banyak disukai oleh banyak orang. Dipercaya karena ikan ini menikmati hidup dan menerima banyak perhatian dari pemiliknya membuat hidupnya sangat lama. Tercatat pernah terdapat ikan Koi berumur 226 di Jepang yang bernama Hanako.

17.Cacing tabung Laellibrachia
Cacing tabung Laellibrachia
Cacing tabung Laellibrachia via sains.kompas,com
Cacing ini diklaim dapat hidup lama karena dapat membentuk habitat biogenik yang kemudian menciptakan agregasi besar dari ratusan hingga ribuan individu. Mereka hidup di Teluk Meksiko yang mampu hidup hingga 250 tahun.

18.Ubur - ubur Imortal
Ubur - ubur Imortal
Ubur - ubur Imortal via sains.kompas.com
Seperti namanya ubur - ubur ini diklaim bisa hidup abadi. Karena dapat beregenarasi di kehidupannya. Dia merubah sel dewasa menjadi lebih muda kemudian berubah menjadi polip. Kematiannya hanya bisa terjadi saat dirinya dibunuh dan dimakan predator saja.

19.Hiu Greenland
Hiu Greenland
Hiu Greenland via mongabay.co.id
Hiu ini memang tidak terkenal dengan jenis hiu lainnya. Namun jangan salah dia mencapai usia dewasa di usia 150 tahun. Sehingga tidak heran vertebrata tertua ini mampu hidup hingga usia 400 tahun

Sumber 
https://m.brilio.net/creator/13-hewan-ini-berumur-paling-panjang-di-dunia-bahkan-ada-yang-abadi-028765.html
https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/14/070000169/organisme-abadi?page=all#page3
https://today.line.me/id/article/Percaya+Gak+Percaya+Hewan+Aneh+Ini+Hidup+Abadi+Alias+Gak+Bisa+Mati-26c69706c2725f2e38a8ad21525774d847d101e3b4c403beaec91c67ff5467e0
https://www.google.com/amp/s/m.jitunews.com/amp/read/90300/tahukah-kamu-ternyata-ada-makhluk-yang-bisa-hidup-abadi
https://www.google.com/amp/s/sains.me/turritopsis-nutricula-ubur-ubur-yang-dapat-hidup-abadi/amp/
https://m.merdeka.com/teknologi/binatang-ini-mampu-hidup-abadi-hanya-mati-kalau-matahari-juga-mati.html
https://m.liputan6.com/citizen6/read/2840464/kenali-5-makhluk-bumi-dengan-kemampuan-hidup-abadi
https://www.boombastis.com/hewan-abadi/67222
https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/science/discovery/amp/eka-amira/hewan-yang-secara-ilmiah-bisa-hidup-abadi-exp-c1c2


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel