Mumi - Mumi Kontroversial Dari Berbagai Negara di Dunia

Mumi adalah mayat yang diawetkan dengan cara dibalsam, diberi penggunaan bahan kimiawi, ditempatkan di tempat yang bersuhu sangat dingin dan ditempatkan di tempat bersuhu panas. Biasanya mumi yang kita ketahui dari anggota kerajaan sehingga kematiannya relatif damai seperti mati alami.

Namun seringkali setelah kematiannya yang mencapai ribuan tahun seringkali para mumi ini menjadi kontroversi. Seperti karena dapat bersuara, ekspresi wajah yang mengundang pertanyaan hingga metode pembuayannya yang tidak lazim.

1.Mumi yang terdengar bersuara
Mumi yang terdengar bersuara
Mumi yang terdengar bersuara via cnnindonesia.com
Ilmuwan dari Kerajaan Inggris tepatnya dari Inggris membuat sebuah mumi bernama Nasyamun berhasil bersuara. Mumi yang meninggal pada tahun 1100 SM. Saat hidupnya mumi tersebut hidup di zaman Ramses XI yang memerintah dari tahun 113 SM hingga 1085 SM. Jabatan mumi Nesyamun sendiri adalah sebagai pendeta di kuil Amun yang letaknya di kota Thebes atau sekarang kota Luxor yang sekarang ini adalah kota Luxor.

Mumi Nesyamun ini seorang pendeta dengan jabatan tinggi di masanya. Karena berdasarkan tingkat keilmuwannya dia sudah sangat tinggi. Dibuktikan diperbolehkan mendekati patung Amun yang notabene adalah patung paling suci di kuil Amun.

Mumi Nesyamun adalah satu - satunya mumi yang merupakan mumi berasal dari pemerintahan Raja Ramses XI. Oleh para ilmuwan mumi ini dibuat bisa bersuara secara langsung lewat mulutnya. Hal ini karena kondisi tenggorokan dan trakea mumi Nesyamun masih sangat baik. Caranya dengan bantuan saluran suara 3D yang dibuat mirip mulut dan tenggorokan. Kemudian suara tersebut dipindai menggunakan CT scan. Dari aliran suara 3D itulah disalurkan ke pengeras suara yang disambungan dari laring mumi Nesyamun. Suara yang berhasil keluar adalah suara eh, ah, bad dan bed.

2.Mumi yang dibuat dengab metode pengasapan
Mumi yang dibuat dengab metode pengasapan
Mumi yang dibuat dengab metode pengasapan via bebaspedia.com
Biasanya mumi dibuat dengan cara dibalsem ternyata ada pula dengan metode pengasapan. Ternyata praktik ini dilakukan di Papua Nugini . Bahkan cara pembuatan mumi disini jauh berbeda dengan ada yang ada di Mesir, yakni dengan metode pengasapan. Dengan cara didudukkan di atas asap selama tiga bulan. Dimana fungsi asap disini membantu mengawetkan jasad tersebut. Setelah itu anus disodok dengan kayu secara pelan - pelan. Tujuannya agar mengalirkan cairan dan membantu merontokkan organ dalam.

Hal tersebut dilakukan oleh Suku Anga yang ditemukan pada tahun 2003 dalam sebuah penelitian. Suku yang terdiri dari 45.000 ini memulai kebiasaan memumifikasikan jasad pada abad 19 dan 20. Tujuan dilakukan mumifikasi ini adalah cara pandang suku tersebut untuk menjaga sebuah kenangan akan seseorang. Biasanya terhadap anggota keluarga tercinta atau kepala suku yang bijak.

3.Dikubur hidup - hidup
Dikubur hidup - hidup
Dikubur hidup - hidup via merdeka.com
Pada tahun 1865 pemerintah daerah Guanajuato membuat aturan pajak penguburan. Berisi bahwa keluarga yang menguburkan anggota keluarga mereka di pemakaman umum haruslah membayar pajak kepada pemerintah. Namun karena tidak memiliki uang banyak yang menyimpan jasad anggota keluarga mereka ditimbun disuatu tempat. Nanti bila sudah ada uang baru diangkat dan dimakamkan dengan layak. Namun seiring waktu banyak mayat yang tidak diambil sehingga mengalami mumifikasi.

Kebetulan saat itu terjadi wabah kolera besar - besaran. Dimana wabah ini menyebar sangat cepat dan mengerikan. Sehingga banyak keluarga yang segera menguburkan anggota keluarga mereka disuatu tempat. Yang mengerikan ada beberapa yang dikuburkan dalam kondisi hidup - hidup. Salah satunya adalah seorang mumi yang bernama ignacia Aguilar dimana dia ditemukan dengan kondisi mengigit lengan sendiri. Begitu pula dengan mumi lainnya nampak mulut mereka menganga karena mengalami kesakitan karena dikubur hidup - hidup.

Hingga karena tempat tersebut sudah tidak muat untuk menampung para mumi tersebut, kemudian mereka dipindah ke Museum Mumi Guanajuato. Dimana flm Horor Meksiko berjudul Santo Versus Mummy of Guanajuato membuat museum ini terkenal. Akhirnya museum ini menjadi populer karena secara detail menampilkan ekspresi menjelang kematian. Juga menampilkan mumi wanita dalam keadaan hamil.

4.Melakukan mumifikasi sendiri
Melakukan mumifikasi sendiri
Melakukan mumifikasi sendiri via hitekno.com
Sokushinbu adalah memumifikasikan diri oleh biarawan Jepang. Dimana proses mumifikasi diri ini cukup rumit karena dilakukan sendiri oleh calon mumi itu sendiri. Jadi yang pertama biksu itu hanya makanan kacang - kacangan atau biji - bijian agar lemak berkurang ditubuh mereka. Setelah itu selama seribu hari hanya makan akar. Ketika seribu hari makan akar sudah dilalui maka yang terakhir adalah minum the beracun yang berasal dari getah pohon Urushi.

Akibat dari the beracun itu membuat tubuh kehilangan cairan sangat banyak. Kemudian dia mengunci diri di dalam kubur batu yang sempit. Disitulah dia bersemedi menunggu kematiannya sekaligus diawali proses mumifikasi. Dampak dari tehberacun itu juga membuat tubuh sangat beracun. Sehingga pembusukan tidak terjadi sebab tubuh terlalu beracun juga untuk tubuh.

Selama di kubur batu itu diberi ruang kecil di atasnya untuk membunyikan lonceng. Setiap hari selama satu kali biksu itu membunyikan lonceng. Bila lonceng sudah tidak berbunyi tanda bahwa biksu itu sudah mati. Kemudian makan disegel dan selama 1000 hari para biksu lainnya membacakan bait suci. Setelah itu kuburan dibuka bila mumifikasi berhasil tandanya biksu itu sudah menjadi Buddha dan diperontontonkan untuk umum di kuil.

5.Mumi terbaik pengawetannya
Mumi terbaik pengawetannya
Mumi terbaik pengawetannya via liputan6.com
Mumi dari Cina ditemukan daerah Hunana. Mumi yang berusia 2.100 tahun ini ditemukan dalam kondisi relatif baik. Hal ini dapat dilihat dari kondisi organ mumi tersebut yang masih baik. Bahkan saking baiknya dari mumi ini peneliti bisa menentukan golongan darah dari mumi ini yakni A. Selain itu peneliti juga mengetahui bahwa makanan terakhir dari mumi ini adalah melon.

Mumi tersebut adalah Xin Zhui yang hidup pada Dinasti Han. Julukan untuk mumi ini adalah Lady of Dai karena saat ditemukan dalam kondisi cantik. Yakni masih dalam kondisi kulit lembut dan bulu mata yang masih melekat. Bahkan kehidupan mumi ini diangkat dalam sebuah drama musikal yang berjudul " beauty of the Han Dynasty " yang dimainkan di daerah Changsa tempat mumi itu ditemukan.

Cara memumikan mumi ini adalah dengan cara dibungkus 20 lapisan sutra kemudian ditempatkan di dalam empat peti mati. Kemudian dikemas dengan arang dan disegel dengan tanah liat. Sehingga kedap air dan mencegah masuknya bakteri. Dimana saat ditemukan dia bersama lemari pakaiannya yang terdiri dari 100 pakaian sutra serta alat kecantikan dan peralatan mandi.

6.Mumi dengan kondisi mulut mengaga
Mumi dengan kondisi mulut mengaga via merahputih.com
Mumi ini ditemukan di kuil mayat Deir El-Bahri tepatnya di Mesir.  Mumi ini ditemukan dengan kondisi mulut dibiarkan menganga seolah - olah menjerit kesakitan. Mumi yang disebut dengan Unkownd Man E pada awalnya saat ditemukan,  cukup membuat arkeolog kebingungan. Karena mereka mengira mumi ini tewas karena diracun.

Ternyata mumi yang ditemukan tahun 1886 ini sebelumnya digantung. Hal ini terlihat dari tanda - tanda disekitar leher mirip luka digantung. Diduga dia adalah putra Ramses III bernama Pangeran Pentawere. Dia dikenal sebagai pangeran yang melakukan kudeta terhadap Ramses III. konsekuensi dari kudeta yang gagal itu dia digantung. Bahkan seakan muminya dianggap tidak layak dikubur atau dianggap hina. Ditunjukkan bila mumi lainnya dibungkus kain linen putih dan dilakukan dengan hati - hati. Maka mumi ini ditinggalkan mengering dalam garam natron dan ditutupi kulit domba.

7.Mumi anak - anak bernasib malang
Mumi anak - anak bernasib malang
ilustrasi mumi anak - anak bernasib malang via sains.kompas.com
Dia adalah mumi yang ditemukan di Gunung Liullaillaco pada 16 Maret 1999 oleh para arkeolog. Saat ditemukan mumi yang dijuluki mumi la doncella  ini dalam keadaan duduk bersila di puncak gunung itu. Diduga mumi ini berumur 500 tahun dimana mumi ini terawetkan secara alami oleh alam. Yakni kondisi alam yang ekstrem yakni puncah gunung yang selalu membekku sepanjang tahun. Sehingga tidak heran tubuhnya masih utuh sempurna dan dapat dilihat sampai sekarang.

Yang tragis adalah nasibnya sebelum dimumikan yakni dipaksa mabuk. Dengan cara sebelumnya dipaksa minum alkohol terus menerus dan konsumsi daun koka. Sehingga kedua bahan itu merusak jaringan otak dan kesehatan mereka secara perlahan. Kemudian tubuh mereka ditinggal di puncak gunung itu dan termumifikasikan sampai sekarang.

Diduga mumi ini adalah untuk korban ritual persembahan. Dibuktikan disekitarnya ditemukan juga emas, patung perak,kain dan tembikar. Dimana di masa lampau pada peradaban suku Inca semua benda itu sebagai pelengkap dalam sebuah ritual pengorbanan. Baik pengorbanan untuk bencana alam atau perang.

8.Mumi dari Afrika
Mumi dari Afrika
Mumi dari Afrika via bit.ly/2IntRzn
Banyak yang mengira bahwa mumi hanya berasal dari kebudayaan Amerika, Mesir dan Asia. Ternyata ada pula kebudayaan mumi dari Afrika. Sebuah mumi prajurit berusia 27 ditemukan di Kota Gaborone, Botswana. Kemudian mumi yang meninggal karena peneumonia itu dibawa ke Museum Darder Natural History di Kota Bayoles, Spanyol. Mumi berkulit hitam ini tentu menarik perhatian karena bentuk fisiknya. Dengan bentuk fisik setinggi 137,16 centimeter, berkulit hitam, postur badan sedikit membungkuk, bahu terangkat dan tombak berada di tangan kanan dan perisai di tangan kiri.

Mumi berjuluk El- Negro itu ditempatkan di satu ruangan bersama kerangka gorila, kucing dan mamalia. Hingga tahun 1990 seorang dokter bernama Aplhonse Arcelin mmeminta agar mumi El - Negro ini dikuburkan di tanah airnya Botswana. Akhirnya pada tanggal 5 Oktober 2000 mumi ini dikuburkan secara kristen di Kota Gaborone, Botswana.

sumber
https://www.google.com/amp/s/www.harianhaluan.com/amp/detail/85336/mumi-berusia-3000-tahun-bisa-bersuara-kembali
https://m.liputan6.com/global/read/2668117/mumi-berusia-2100-tahun-ditemukan-dalam-kondisi-cantik
https://m.liputan6.com/citizen6/read/3301406/mumi-menjerit-pembantai-ayahnya-sendiri-dipamerkan-di-mesir
https://lifestyle.okezone.com/read/2018/01/25/406/1849933/el-negro-mumi-prajurit-afrika-yang-menjadi-kontroversi
https://lifestyle.okezone.com/amp/2017/08/21/406/1759793/la-doncella-mumi-berumur-500-tahun-yang-tewas-akibat-makan-koka-dan-alkohol
https://www.google.com/amp/s/amp.suara.com/lifestyle/2018/07/31/200000/mumi-biksu-di-jepang-ini-proses-ritualnya-yang-mengerikan
https://www.google.com/amp/s/jogja.tribunnews.com/amp/2018/01/24/bukan-untuk-kamu-yang-penakut-kisah-menyedihkan-dibalik-puluhan-mumi-yang-terbelalak-kesakitan
https://nationalgeographic.grid.id/amp/13306968/menelusuri-pembuatan-mumi-di-papua-nugini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel