Nasib Tragis Pemimpin Dunia yang Dikudeta

Kudeta adalah upaya merobohkan kekuasaan yang tengah berkuasa oleh pihak lain sebagai oposisi atau lawan. Sebagaian besar kudeta dilakukan di negara berkembang secara ekonomi. Sebab para pelaku kudeta memanfaatkan momen ekonomi yang tengah runtuh untuk mendapatkan dukungan dari rakyat. Sebab saat ekonomi runtuh rakyat merasa tidak puas atas kepemimpinan yang ada.

Dapat pula memanfaatkan suasana perang yang tengah terjadi. Saat negara kalah perang dengan negara lain kemudian banyak terjadi kemunduran di bidang ekonomi dan militer, saat itulah para pelaku kudeta merebut kekuasaan itu. Disaat kalah perang ini rakyat juga cenderung mendukung para kudeta sebab suasana kalah perang dan ekonomi yang tengah carut marut membuat rakyat muak atas kepemimpinan yang tengah berkuasa. Yang terakhir kudeta dapat pula terjadi saat perang saudara. Dimana saat negara terpecah menjadi dua kemudian pihak kudeta memburu pemimpin yang sah. Setelah ditemukan kemudian dibunuh dan pihak pemberontak memproklamirkan diri sebagai penguasa sah.

Saat dikalahkan dalam kudeta yang terjadi bagi pihak yang dikudeta biasanya hanya ada tiga pilihan. Dipenjara, melarikan diri ke luar negeri atau dieksekusi. Mayoritas pilihan eksekusilah yang sering terjadi karena dendam politik saat berkuasa menindas oposisi. Kemudian terjadilah balas dendam besar - besaran dari pihak oposisi.

1.Dikanibal
Presiden Samuel K. Doe
Presiden Samuel K. Doe via jimidisu.com
Presiden Samuel K. Doe adalah presiden yang berkuasa dari tahun 1980 hingga tahun 1990. Saat dewasa Liberia bebas dari penjajahan Amerika Serikat. Kemudian yang menjadi presiden di Liberia adalah Presiden William R Tolbert. Dia dikenal sebagai tangan kanan Amerika Serikat karena pemerintahannya diisi orang pro Amerika Serikat. Selain itu Presiden William R Tolbert sendiri bukan asli suku di Liberia namun campuran antara Liberia dengan Amerika Serikat.

Presiden Samuel K. Doe berasal dari etnis Krahn yakni suku termiski di Liberia namun mayoritas jumplahnya di Liberia. Dia dilatih oleh Pasukan Baret Hijau Amerika Serikat sehingga mempunyai jabatan penting di kesatuannya, sebagai sersan yang menguasai sebuah batalion di wilayahnya.

Memanfaatkan momen sentimen anti suku yang kuat akhirnya Presiden Samuel K. Doe mengkudeta Presiden William R Tolbert pada tanggal 12 April 1980. Seluruh keluarga Presiden William R Tolbert dieksekusi. Kemudian para pegawai dari Presiden William R Tolbert ditahan dengan alasan korupsi. Ada pula yang diarak keliling kota kemudian dieksekusi di wilayah lautan.

Saat menjadi presiden di Liberia dia banyak melakukan penindasan hingga kecurangan. Seperti kecurangan dengan merubah tanggal lahirnya agar bisa maju sebagai calon presiden.

Dia juga bersikap brutal terhadap para lawan - lawannya. Pertama saat di Pemilu tahun 1985 dia membunuh tidak kurang 50 oposisi. Kedua pada tahun 1985 dia membunuh etnis dari suku - suku yang menjadi pesaing di pemerintahannya. Yakni membantai 3000 penduduk asli etnis Gio dan etnis Mano. Dari genosida kepada entis Gio dan etnis Mano inilah awal dari kudeta kepada Presiden Samuel K. Doe.

Pada tanggal 24 Desember 1989 para etnis Gio dan etnis Mano bersatu mendirikan The National Patriatic Front of Liberia. Kemudian melakukan kudeta terhadap Presiden Samuel K. Doe. Para negara gabungan di Afrika cenderung membantu kudeta ini dengan mengirimkan pasukan gabungan. Akibatnya pasukan Presiden Samuel K. Doe kalah hingga dia ditangkap oleh Prince J Jhonsin tanggal 9 September 1990. Kemudian Presiden Samuel K. Doe diseret ke markas tentara. Dia disiksa, dimutilasi hingga dimakan oleh Princee j Jhonson.

2.Digantung terbalik
 Benito Mussoloni ditangkap oleh oposisi
 Benito Mussoloni via sinarpost.com
Pada Perang Dunia II pihak Italia yang dipimpin Benito Mussoloni bersikap pro terhadap Jerman. Sehingga tidak heran Italia berani menyerang Ethiopia dan Abbesinia karena didukung Jerman. Dia mendapatkan kekuasaan sebagai perdana menteri di Italia dengan cara brutal. Yakni para pasukan Fasis pimpinannya berdemo ke pusat kota. Ketika melihat para pasukan brutal ini membuat Raja Victor Emmanuel III takut. Diapun mengangkat  Benito Mussoloni menjadi Perdana Menteri Italia tahun 1922.

Dengan pandangan sama dengan Adolf Hitler dia menguasai Ethiopia. Karena beranggapan bahwa kulit putih Eropa lebih tinggi daripada kulit hitam di Afrika. Tidak hanya itu saat Jerman menyerang Prancis dia juga menduduki Prancis. Wilayah jajahannya di Prancis seluas 832 km dengan penduduk sebanyak 28.500. Wilayah kekuasaanya meliputi delta sungai Rhone hingga pulau Korsika.

Selain menyerang negara lain dia juga bersikap menindas kepada oposisi dan rakyat di Italia. Diapun banyak dibenci oposisi di Italia, namun karena kalah kekuatan mereka hanya diam. Akhirnya kesempatan itu muncul saat Italia dikalahkan oleh Amerika Serikat dan Inggris di Yunani. Kemudian kedua negara itu menguasai Itali tahun 1943. Pihak Raja Victor Emmanuel III yang pro Amerika Serikat diwaktu bersamaan segera menurunkan jabatan Perdana Menteri  Benito Mussoloni. Kemudian dia ditahan di resor pegungan Abruzzo.

Saat ditahan di Campor Imperatore inilah pasukan khusus Jerman pimpinan Adolf Hitler membebaskan. Kemudian menjadikan pemimpin Italia Utara. Namun statusnya hanya pemimpin boneka karena para stafnya adalah orang - orang pro Adolf Hitler. Ketika Amerika Serikat sudah menguasai seluruh Eropa para pasukan Fasis di Italia dikalahkan oleh oposisi. Kemudian  Benito Mussoloni ditangkap oleh oposisi. Dia dan istrinya ditembak mati oleh oposisi komunis. Setelah itu mayatnya di Desa Giulino ditembaki berkali - kali, diludahi, dilempari batu dan ditendangi oleh rakyat yang benci kepada  Benito Mussoloni karena penindasannya. Setelah itu mayatnya digantung terbalik dengan kondisi babak belur dan penuh ludah.

3.Disodomi dengan bayonet
Muammar Khadafi adalah prresiden di Libya dari tahun 1969 hingga 2011.
Muammar Khadafi adalah prresiden di Libya dari tahun 1969 hingga 2011 via janoubia.com
Muammar Khadafi adalah prresiden di Libya dari tahun 1969 hingga 2011. Pemimpin yang beraliran nasionalisme dan sosialisme arab ini menjadi presiden setelah mengkudeta Raja Idris di tahun 1969. Kemudian dia mengusir orang - orang Italia di Libya, menutup pangkalan militer barat dan menasionalisasi semua produksen minyak bumi di Libia. Hasilnya penghasilan dari minyak bumi itu digunakan untuk mensubsidi kebutuhan ekonomi dan pendidikan rakyat. Sehingga tidak heran taraf hidup rakyat Libya naik sama dengan taraf hidup negara - negara maju di Eropa.

 Muammar Khadafi bersikap sangat kritis terhadap pengaruh Amerika Serikat dan Inggris di wilayah Afrika. Sehingga tidak heran dia banyak memberi dukungan dana kepada perlawanan Armenia, Afrika Selatan dan pemberontak Islam Moro. Sehingga tidak heran dia dimusuhi oleh Amerika Serikat atas tindakannya yang memberi pendanaan kepada organisasi anti Amerika Serikat.

Pada tahun 2011 di Timur Tengah terjadi demonstrasi besar - besaran melawan pemimpin negara. Seperti di Tunisia yang menjatuhkan kepemimpinan Presiden Zine El Abidine Ben Ali. Begitu pula di Libya disana terjadi pula demonstrasi menentang Muammar Khadafi. Alasan terjadi demonstrasi iini karena tingginya angka korupsi dan pengangguran di Libya. Namun Muammar Khadafi menanggapi dengan kekerasan. Para demonstran ini diburu kemudian dipenjara. Bahkan ratusan para demonstran ini juga ditembaki membabi buta oleh tentara. Akibatnya para politisi membelot ke demonstran, kemudian berubah menjadi pemberontakan.

Pasukan pemberontakan ini didukung Amerika Serikat yang memang anti Muammar Khadafi. Mereka mendukung pemberontak dengan memberi persenjataan dan memberi bantuan udara lewat drone tanpa awak. Negara Qatar dan Prancis mendukung pemberontak juga. Sehingga posisi Muammar Khadafi semakin terjepit.

Pada tanggal 20 Oktober 2011 rombongan Muammar Khadafi yang hendak keluar dari Distrik Surt dibom oleh Amerika Serikat menggunakan drone anti awak. Hasilnya sebanyak 14 kendaraan hancur dan 53 orang tewas.

Muammar Khadafi sendiri selamat kemudian melarikan diri k sebuah villa terdekat. Akibat serangan itu kepala Muammar Khadafi terluka karena erkena granat. Saat sembunyi di pipa besar dia ditangkap oleh kaum pemberontak. Saat ditangkap untuk dibawa ke truk salah satu pemberontak memasukkan benda seperti tongkat atau bayonet ke bagian dubur Muammar Khadafi. Dia nampak kesakitan hingga saat dinaikkan ke truk dia sudah tewas. Diduga dia tewas saat baku tembak. Setelah itu mayatya diletakkan diletakkan di ruang pendingin daging Pasar Kota Misrata. disana jasadnya difoto oleh orang - orang lewat. Pada tanggal 24 Oktober 2011 mayatya yang sudah membusuk kemudian dimakamkan.

4.Mati dipenjara
Presiden Muhammad Mursi
Presiden Muhammad Mursi via kiblat.net
Pada tahun 2011 bersamaan dengan demonstrasi yang menurunkan banyak pimpinan negara di Tunisia dan Libya. Di Mesir juga terjadi demonsrasi yang menjatuhkan Presiden Husni Mobarak. Kemudian dimulailah Pemilu demokratis pertama di Mesir pada Juni 2012 dengan pemenangnya adalah Muhammad Mursi dari Partai Ikhwanul Muslimin dengan suara 50 %. Sayangnya kekuasaan Presiden Muhammad Mursi hanya berkuasa selama satu tahun saja.

Pada tanggal 30 Juni 2013 terjadi demonstrasi melawan pemerintah Presiden Muhammad Mursi. Namun demonstrasi kecil ini kemudian dikalahkan demonstran pendukung Presiden Muhammad Mursi. Saat itulah Jendral Abdul Fattah El Sisi mengambil kesempatan dengan mengkudeta Presiden Muhammad Mursi. Kemudian para pengikut Partai Ikhwanul Muslimin dipenjara oleh tentara. Nasib Presiden Muhammad Mursi kemudian dipenjara.

Di pengadilan Presiden Muhammad Mursi dituduh dengan tuduhan yang oleh banyak negara sebagai tuduhan mengada - ngada. Yakni spionase terhadap Qatar. Saat dipenjara kondisi Presiden Muhammad Mursi memburuk karena pemerintah yang mengkudetanya tidak memberi perawatan kesehatan medis yang baik. Akibatnya Presiden Muhammad Mursi meninggal dunia pada tanggal 17 Juni 2019 karena serangan jantung. Banyak negara mengkiritik Jendral Abdul Fattah El Sisi karena tindakan kudetanya yang membunuh Presiden Muhammad Mursi secara tidak langsung.

5.Diberondong peluru
Presiden Nicolae Ceausescu
Presiden Nicolae Ceausescu via idntimes.com
Presiden Nicolae Ceausescu adalah presiden yang berkuasa di Rumania dari tanggal 9 Desember 19967 hingga tanggal 25 Desember 1989. Dia dikenal sebagai pemimpin negara Rumania yang netral sehingga banyak mendapatkan pinjaman dari banyak negara. Pinjaman itu digunakan untuk program mendirikan pabrik - pabrik di kota yang mengakibatkan urbanisasi besar - besaran dari desa ke kota. Namun sayangnya program ini gaga sehingga menimbulkan banyak hutang kepada Rumania.

Menutupi hutang itu pihak Rumania memberlakukan program ekspor hasil pertanian dan industri negara. Hal ini mengakibatkan ekonomi Rumania ambruk. Akibatnya tahun 1989 terjadi demonstrasi besar - besaran agar Presiden Nicolae Ceausescu turun. Dalam demonstrasi yang terjadi 17 Desember 1989 ini para tentara menembaki demonstrasi. Akibatnya sebanyak 64.000 demonstran tewas sehingga membuat rakyat marah merekapun menduduki istana. Bersama istrinya Presiden Nicolae Ceausescu melarikan diri menggunakan helikopter.

Namun pelarian Presiden Nicolae Ceausescu tertangkap oleh militer yang membelot. Tepat saat Natal di tanggal 25 Desember 1989 dia diadili secara kilat. Presiden Rumania yang beralran sosialis itu dituduh memperkaya diri hingga upaya pembunuhan demonstrasi. Kemudian dia dihukum dengan hukuman mati. Presiden Nicolae Ceausescu dan istrinya diikat dengan tali kemudian dijajarkan di sebuah tembok. Para eksekutor adalah tiga prajurit elit penerjun payung dan beberapa sukarelawan dari pihak pemberontak sipil. Sebelum dieksekusi Presiden Nicolae Ceausescu menyanyikan lagu sosialis, sedangkan istrinya mengumpat ke arah eksekutor. Dalam eksekusi yang divideokan kemudian disebar ke seluruh Eropa itu. sebanyak 120 peluru bersarang di jasad Presiden Nicolae Ceausescu dan istrinya.

sumber
https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/isharyanto/presiden-yang-ditangkap-dan-dimutilasi_552ca2e96ea83400248b4577
https://www.respublika.id/2017/12/10/presiden-liberia-dibunuh-dimutilasi-dagingnya-dimakan-lawan-politik/
https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/kematian-memalukan-mussolini-yang-tak-ingin-ditiru-hitler-cJiz
https://m.liputan6.com/global/read/2221313/28-4-1945-akhir-hayat-diktator-bengis-mussolini-amp-kekasihnya
https://m.detik.com/news/internasional/d-1752212/sebelum-tewas-ditembak-khadafi-diduga-disodomi
https://translate.googleusercontent.com/translate_c?client=srp&depth=1&hl=id&nv=1&rurl=translate.google.com&sl=en&sp=nmt4&tl=id&u=https://en.m.wikipedia.org/wiki/Death_of_Muammar_Gaddafi&usg=ALkJrhjbfbsjKVJwdoUG5BipB2txD_Sz2Q
https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/rekam-jejak-mantan-presiden-mesir-muhammad-mursi-ecAh
https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/muhammad-mursi-mantan-presiden-mesir-meninggal-dunia-di-penjara-ecyK
1https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/nasib-ikhwanul-muslimin-usai-kematian-mursi-ecK4
https://m.liputan6.com/global/read/2687123/25-12-1989-presiden-rumania-dieksekusi-mati-bareng-istri
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Nicolae_Ceau%C8%99escu

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel