Para Pemimpin Dunia Perempuan Kontroversial

Biasanya pemimpi dunia mayoritas adalah laki - laki. Karena jenis kelamin mempunyai fisik kuat dan lebih agresif daripada kaum perempuan. Misalnya Jenghis Khan yang menghancurkan kebudayaan Islam di Bagdad atau Hitler yang melakukan genosida terhadap kaum Yahudi di Jerman. Namun ternyata berdasarkan sejarah pemimpin dunia tidak hanya kaum laki - laki. Karena ada beberapa negara atau kerajaan yang dipimpin oleh pemimpin berjenis kelamin perempua. 

Bahkan dalam memimpin mereka tidak kalah agresif dari pemimpin laki - laki. Bahkan karena terlalu agresif memunculkan kontroversi dari pemimpin perempuan itu sendiri. Seperti Ratu Mary I yang membunuh hingga presiden perempuan di Korea Selatan yang melakukan mega korupsi.

1. Ratu Mary I dari Inggris membakar hidup - hidup 300 musuhnya
Ratu Mary I dari Inggris membakar hidup - hidup 300 musuhnya
Ratu Mary I dari Inggris via boombastis.com
Dia adalah pemimpin dari Kerajaan Inggris pertama yang berjenis kelamin perempuan. Dimana dia menggantikan adik tirinya yang meninggal di usia 15 tahun. ratu yang berkuasa dari 6 Juli 1553 hingga 19 Juli 1553 ini dikenal sebagai ratu darah atau Bloody Mary. Julukan itu diberikan karena dia menetapkan bahwa Kerajaan Inggris menganut agama Katolik Roma. Sehingga kaum Protestan melakukan protes akan tindakan Ratu Mary itu. Akibatnya Ratu Mary I melakukan pembalasan dengan cara membakar hidup - hidup para penentangnya. Dimana yang sudah terindentifikasikan sejumlah 300 orang. 

Ratu Mary I menikah dengan Pangeran Philip II dari Spanyol. Dimana pernikahan itu terjadi atas politik karena Kerajaan Spanyol menganut agama Katholik Roma. Namun perkawinan itu tidak berjalan bahagia karena Ratu Mary I tidak hamil hal ini membuat Pangeran Philip II meningalkan dia. Hal ini membuat Ratu Mary I sakit bahkan karena sakit parah menyebabkan dia kehilangan penglihatan. Akhirnya dia meninggal dunia kemudian tahta Kerajaan Inggris jatuh ke tangan kakak tirinya Ratu Elisabeth I.

2.Presiden Korea Selatan Park Geun Hye  Korea Selatan terlibat mega korupsi
Presiden Korea Selatan Park Geun Hye
Presiden Korea Selatan Park Geun Hye via news.okezone.com
Presiden Park Geun Hye adalah presiden perempuan pertama dari Korea Selatan. Presiden Park Geun Hye menjabat sebagai presiden Korea Selatan dari tanggal 25 Februari 2013 hingga 10 Maret 2017. Dimana presiden yang ke 18 di Korea Selatan  ini ayahnya dulu juga presiden, namun dikenal sebagai presiden diktator di Korea Selatan. Presiden yang belum menikah pada awalnya disukai rakyatnya karena demokratis,  dekat dengan Amerika Serikat dan bersikap bermusuhan kepada Amerika Serikat.

Namun dia menjadi kontroversial saat ketahuan melakukan banyak korupsi dengan rekannya yang bernama Choi Soon Sil. Dimana skandal tersebut menyeret banyak pihak seperti petinggi perusahaan Samsung, beberapa menteri, politisi dan pengusaha Korea Selatan. Dimana jumplah korupsi yang dilakukan diduga mencapai 774 miliar. Bertepatan dengan demonstasi yang menuntut mundur dirinya pada bulan Oktober dan November 2016 akhirnya dia dipenjara.

3.Cleopatra menjadi raja dengan modal kecantikan
Ratu Cleopatra adalah ratu dari Kerajaan Mesir
Ratu Cleopatra adalah ratu dari Kerajaan Mesir via bangka.tribunnews.com
Ratu Cleopatra adalah ratu dari Kerajaan Mesir yang berkuasa pada 30SM . Dimana pada awalnya ratu cantik yang lahir tahun 69 SM ini adalah anak Raja Ptolemy XII. Namun sayangnya terjadi kudeta di kerajaan ayahnya yang dilakukan oleh pemberontak Berenike IV. Hal ini membuat Ratu Cleopatra melarikan diri ke wilayah pinggiran. 

Bertepatan itu di Kerajaan Romawi pimpinan Yulius Caesar terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh Pompei. Namun pemberontakan ini gagal sehingga Pompei melarikan diri ke Mesir. Kemudian Pompei ditangkap oleh Cleopatra yang kemudian kepala Pompei diserahkan kepada Yulius Caesar. Ternyata saat menyerahkan kepala Pompei itu Ratu Cleopatra membungkus dirinya dengan selimut. Yang kemudian menyerahkan dirinya ke hadapan Yulius Caesar. Akhirnya Yulius Caesar bertekuk lutut kepada Ratu Cleopatra karena kemolekan tubuh dan kecantikannya. Hal ini dimanfaatkan Ratu Cleopatra untuk meminta bantuan Yulius Caesar agar mengusir pemberontak Berenike IV, sekaligus menjadikannya sebagai raja di Mesir. 

Akhirnya Yulius Caesar menuruti kemauan Ratu Cleopatra. Setelah mengalahkan pasukan Berenika IV kemudian Ratu Cleopatra menjadi penguasa Mesir. Bahkan untuk keduakalinya dengan modal tubuh indahnya Ratu Cleopatra meminta Yulius Caesar untuk mengalahkan pemberontakan di Kerajaan Mesir. Hal ini dibuktikan dengan adanya insiden terbakarnya perpustakaan negara di Alexandria.

Seiring waktu Yulius Caesar turun tahta dan diganti oleh Markus Antonius lewat kudeta sipilnya. Untuk kedua kalinya Ratu Cleopatra memanfaatkan tubuh sintalnya untuk memikat Markus Antonius. Dengan imbalan bekerja sama melindungi Kerajaan Mesir dari serangan negara lain. Namun seiring waktu di Kerjaan Romawi pimpinan Markus Antonius terjadi pemberontakan besar yang dilakukan oleh Oktavianus. Dalam pemberontakan ini Markus Antonius dikalahkan. Ketika Kerajaan Mesir dikalahkan Oleh Oktavianus akhirnya Ratu Cleopatra melakukan bunuh diri dengan ular berbisa miliknya.

4.Pemimpin Myanmar  Aung San Suu Kyi yang membiarkan pembantaian Muslim Rohingnya
Pemimpin Myanmar  Aung San Suu Kyi
Pemimpin Myanmar  Aung San Suu Kyi via matamatapolitik.com
Agung San Suu Kyi adalah seorang perdana menteri di Negara Myanmar  yang dilantik tanggal 6 April 2016 hingga sekarang. Dimana sebelumnya dia adalah oposisi dari Junta Militer yang berkuasa di Myanmar. Karena tindakannya menentang militer disana akhirnya dia dipenjara oleh militer selama lima belas tahun dari tahun 1990 hingga 2010. Atas konsistennya dalam memperjuangkan demokrasi di Myanmar tanpa menggunakan kekerasan, dia mendapatkan nobel perjuangan pada tahun 1991. 

Namun San Suu Kyi menjadi kontroversial saat menjadi perdana menteri membiarkan pembantian etnis Rohingnya yang tinggal di Thailand pada tahun 2016. Sebenarnya etnis Rohingnya merupakan asli dari Myanmar. Namun dianggap berbeda oleh Pemerintah Myanmar karena bahasa dan dialek mereka. Dimana mereka beragama Islam dan bahasa Vesali Kuno. Atas perbedaan agama inilah pemerintah Myanmar mengusir mereka dari Myanmar. Disinilah awal dari genosida Etnis Rohingnya.

Jumplah Etnis Rohingnya yang berjumplah 1,5 jiwa ini juga tidak diberi dokumen resmi kewarganegaraan. Kemudian mereka melarikan diri dengan kapal seadanya ke luar negeri mulai dari Malaysia bahkan Indonesia. Semakin memuncak saat kerusuhan di wilayang etnis dimana mengakibatkan 80 nyawa tewas. Akibatnya banyak Etnis Rohingnya ditangkap dengan sewenang - wenang. Atas sikap diamnya terhadap genosida Etnis Rohingnya gelar nobel San Suu Kyi dicabut pada tahun 2017. Bahkan di Mahkamah Internasional denga tanpa dosa San Suu Kyi menepis tindakan genosida tersebut.

5.Wu Zetian ratu Tiongkok yang kejam terhadap oposisi
Wu Zetian ratu Tiongkok
Wu Zetian ratu Tiongkok via akarasa.com
Wu Zetian adalah penguasa perempuan pertama di Kerajaan Tiongkok. Dimana dia berkuasa dari 18 Agustus 690 hingga 22 Februari 705. Kehebatannya saat memimpin Tiongkok adalah memperluas kekuasaan hingga Asia Tengah dan wilayah Korea. Namun dia kejam terhadap para oposisi yang tidak lain para madu dan anak - anaknya. Sebab kala itu memang kaisar di Tiongkok terkenal mempunyai banyak selir yang saling berebut kekuasaan.

Yang pertama selir Han Yuan yang didakwa hendak melakukan kudeta, kemudian mereka diasingkan dan tidak boleh datang ke wilayah ibu kota kerajaan. Terhadap selir Zangsun juga dituduh hendak memberontak bersama para pejabat. Kemudian selir ini diasingkan ke luar ibu kota, sedangkan para pejabat melakukan bunuh diri. Ada juga anak selir Chu yang dihukum mati setelah gelar mereka dihapus. Kemudian selir bernama Li Zhong yang dijadikan tahanan rumah. Setelah tindakan kejammnya itu tidak ada lagi yang berani melawan dia. 

Namun ada pula pejabat bernama Zhang Jiafu yang mengajukan petisi seharusnya yang menjadi raja adalah keponakannya. Namun lagi - lagi pejabat bernama Zhang Jiafu itu dihukum mati. Begitu pula denhan keponakannya yang kemudian dia bunuh dengan menyuruh pejabat Li Zhaode untuk membunuhnya. Bahkan menterinya yang juga berjasa kepadanya tidak luput untuk dicabut kewarganegaraannya karena dianggap akan populer menyaingnya. 

Hingga tahun 704 dia sakit berat kemudian para pesaingnya membunuh dua penasihat utamanya. Kemudian para pesaingnya mengepung kediamannya dan menekan agar tahta diberikan kepada Li Xian anak dari selir lainnya. Akhirnya Wu Zetian menyetujui hal itu tapi dia harus tetap menjadi penasihat kerajaan hingga akhir hayatnya.

6.Ranavalona I penguasa Madagaskar yang membunuh kaum kristen 
Ranavalona I penguasa Madagaskar
Ranavalona I penguasa Madagaskar via wikipedia.com
Ranavalona I adalah penguasa dari Kerajaan Madagaskar yang berkuasa dari tahun 1828 hingga tahun 1861. Dimana ratu yang lahir tahun 1778 ini memperoleh jabatan tersebut setelah kematian sang ayah meninggal dunia pada tanggal 27 Juli 1828. Segera setelah menjadi raja dia menghukum para pesaing politik dan anggota keluarga lainnya yang berpotensi menjadi raja. 

 Kekuasaan Ratu Ranavalona I dikenal sebagai dua kebijakan utamanya. Yakni memberlakukankerja paksa bila tidak bisa membayar pajak dan membantai para penganut Agama Kristen di Kerajaan Madagaskar. Dia membuat aturan bagi rakyat yang tidak bisa membayar pajak harus menggantinya dengan ikut kerja paksa. Sehingga tidak heran Kerajaan Madagaskar maju karena mendapatkan tenaga kerja gratis untuk membangun infrastruktur kerajaan. 

Namun Ratu Ranalova I juga membuat aturan tegas, barang siapa menolak membayar pajak tinggi yang tinggi itu atau menolak kerja paksa sebagai gantinya maka akan dibunuh. Akibatnya angka kematian di Kerajaan Madagaskar sangat tinggi dari 5 juta hanya menjadi 2,5 juta. dimana hal ini hanya terjadi dalam kurun waktu 6 tahun saja, yakni tahun 1833 hingga tahun 1839. Di ibu kota saja yang semula 750.000 menjadi 130.000 nyawa.

Ratu Ranavalona I yang mempunyai agaa tradisional sangat menentang adanya agama baru di Kerajaan Madagaskar yakni Agama Kristen. Karena menurutnya agama itu dapat membuat militer memberontak karena diajarkan oleh bangsa Eropa yang terkenal sebagai bangsa penjajah. Tepatnyya tanggal 26 Februari 1835 melarang adanya Agama Kristen di Kerajaan Madagaskar kecuali bila mau dihukum mati. Akibatnya barang siapa yang terbukti berkaitan dengan Agama Kristen seperti menyimpan alkitan akan dihukum mati dan disiksa. Caranya sangat sadis yakni digantung didekat istana. Jumplah mereka yang digantung total adalah delapan orang. Sedangkan sisanya didenda, dipenjara atau didenda. 

Ada pula percobaan Tangena atau menelan racun yang ada pada tanaman kacang tangena. Ini ditujukan kepada mereka yang dituduh melakukan sihir. dimana setelah makan kacang beracun bila dia hidup maka bukan penyihir. Namun bila ternyata setelah makan kacang ini kemudian mati maka dia adalah penyihir. Hasilnya tahun 1820 sebanyak 1.000 tewas dan tahun 1838 sebanyak 100.000 tewas  

7.Ratu Isabel dari Kerajaan Spanyol yang mengusir Orang Yahudi dan Muslim
Ratu Isabel dari Kerajaan Spanyol
Ratu Isabel dari Kerajaan Spanyol via wikipedia.org
Ratu Isabel dari Spanyol lahir pada tanggal 22 April 1451. Dimana dia menjadi salah satu penguasa Spanyol yang membawa Spanyol dalam kemajuan. Dimana saat berkuasa dari 11 Desember 1474 hingga 26 November 1504 dia banyak melakukan kemajuan. Seperti pemberantasan kejahatan dengan menciptakan Pasukan Persaudaraan Suci. Dimana pasukan ini bertugas berpatroli dan menghabisi para penjahat yang meresahkan di wilayah Spanyol. 

Dia juga melunasi hutang dari raja terdahulu dengan cara menjual tanah terluar wilayah Kerajaan Spanyol. Dia juga mendanai Christoforus Columbus untuk menemukan wilayah jajahan lain, dimana ini cikal bakal kolonialisme Spanyol di dunia.

Dia juga berhasil mengalahkan Sultan Muhammad XII penguasa dari Kerajaan Granada. Setelah itu para umat muslim ditekan untuk masuk agama Kristen bila tidak dipenjara atau diusir. Akibatkan pada masa - masa selanjutnya banyak kaum muslim yang menetap di Afrika Utara. Terhadap kaum Yahudi juga sama diberlakukan sama bila tidak beralih menjadi muslim maka dipenjara atau diusir. Begitu pula masjid di Kerajaan Granada kemudian diganti menjadi gereja. Buku - buku manuskrip muslim juga dibakar habis.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mary_I_dari_Inggris
https://www.google.com/amp/s/dunia.tempo.co/amp/1120413/pengadilan-korea-selatan-tambah-hukuman-park-geun-hye-kenapa
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kleopatra
https://www.google.com/amp/s/www.bbc.com/indonesia/amp/dunia-43329697
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Aung_San_Suu_Kyi
Wikipedia.org mary 1 dari inggris
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Rohingya
https://m.merdeka.com/tag/pembantaian-rohingya/
https://www.google.com/amp/s/www.bbc.com/indonesia/amp/dunia-50743653
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ranavalona_I
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Isabel_dari_Kastila
https://www.nationalgeographic.com/history/magazine/2019/03-04/queen-isabellas-rise-to-spanish-throne/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel