Senjata Andalan Produk Rusia yang Merupakan Musuh Berat Amerika Serikat

Setelah Perang Dunia II usah terjadi perang dingin antara negara komunis dengan liberal. Kubu komunis dipimpin Rusia dan kubu liberal dipimmpin Amerika Serikat. Di semua kancah perang antar negara kedua negara ini saling bersaing. Seperti Perang Vietnam dimana pihak Rusia membantu Vietnam Utara sedangkan Amerika Serikat membantu Vietnam Selatan. 

Begitu pula saat pendudukan Uni Soviet di Afganistan. Pihak pemerintah sosialis Afganistan dibantu Rusia sedangkan pemberontak Taliban dibantu Amerika Serikat. Di kehidupan modern saat ini juga sama pihak tepatnya di perang saudara yang terjadi di Suriah. Pihak pemerintah yang dipimpin Presiden Bashar Al-Assad dibantu Rusia sedangkan kaum pemberontak dipersenjatai oleh Amerika Serikat.

Mengenal Rusia memang merupakan negara maju dalam hal persenjataan. Hal ini nampak dari mulai Perang Dunia II hingga saat ini. Banyak persenjataan legendaris yang dibuat negara berjulukan Beruang Merah ini. Mulai dari Senapan AK-47, RPG hingga pesawat MIG yang ditakuti oleh negara - negara barat hingga saat ini.

1.Senapan AK-47
Senapan AK-47
Senapan AK-47 via news.okezone.com
Senapan AK-47 adalah jenis senapan serbu rancangan Mikhail Kalashnikov. Dia adalah perwira militer Rusia yang membuat Senapan AK-47 dengan cara otodidak. Di akhir hayatnya si perancang merasa sedikit tertekan karena Senapan AK-47 digunakan untuk berperang. Untuk menghindari cap seperti itu dia selalu berkata bahwa senjatanya digunakan untuk bertahan bukan menyerang.

Senapan AK-47 sendiri adalah senjata legendaris di dunia. Karena mudah dioperasikan dan cenderung murah daripada senapan sejenisnya. Salah satunya adalah senapan M-16 yang cenderung lebih mudah macet.

Selain berharga murah banyak kelebihan Senapan AK-47 seperti tidak mudah macet ditunjukkan setelah terendam air masih bisa digunakan, operasional mudah dan spare part mudah didapatkan. Sehingga para kaum pemberontak atau gerakan gerilya seringkali menggunakan Senapan AK-47. Bahkan khusus negara Mozambil menggunakan gambar Senapan AK-47 sebagai lambang negaranya. 

Bahkan ada sebuah cerita saat Perang Vietnam para tentara Ameriika Serikat memilih membuang senapan M-16 miliknya. Kemudian mengambil Senapan AK-47 yang ada di tangan para pejuang Vietnam Utara yang telah tewas. Hal itu dilakukan karena senapan M-16 saat itu banyak yang macet karena pengaruh cuaca dan hujan.

2. RPG
granat anti-tank genggam
RPG granat anti-tank genggam via artileri.org
RPG kepanjangan dari Ruchony Protivotankoy Granatomyot yang mempunyai arti pelontar granat anti-tank genggam. Kegunaan dari 

RPG sebenarnya bukan untuk melumpuhkan kendaraan tank tempur utama seperti Tank Tiger Jerman atau Tank M1A1 Abrams. Hal ini karena tank utama tersebut mempunyai pelindung yang kuat. Namun RPG ditujukan untuk menghancurkan kendaraan lapis baja , Bunker, kendaraan beroda dan gedung.

Namun setelah era modern RPG dibuat untuk kebutuhan menghancurkan kendaraan tank utama seperti RPG-29 yang mampu menghancurkan tank Merkava Izrael saat Perang libanon 2006.

Sama seperti senapan AK-47 senjata ini populer ditangan pemberontak dan gerilyawan karena ringan dan mematikan. Sehingga saat mematikan dalam perang gerilya melawan pihak militer reguler. Bahkan RPG dapat digunakan untuk menembak pesawat namun dalam jarak dekat tentunya. Hal ini dilakukan dengan modifikasi pada sistem pembuangan gasnya. Teruji di Perang Soviet-Afganistan dan konflik Somalia tahun 1990.

3.Pesawat Sukhoi SU-57
Pesawat Sukhoi SU-57
Pesawat Sukhoi SU-57 via jejaktapak.com
Sukhoi diambil dari nama Pavel Sukhoi yang merupakan perusahaan dirgantara. Rusia. Perusahaan yang berdiri tahun 1939 ini sudah memproduksi banyak pesawat tempur Rusia dengan nama Sukhoi. Sebagaian besar pesawat ini diekspor Rusia ke negara sosialis dan negara - negara di Timur Tengah yang merupakan sekutu Rusia.

Pesawat Sukhoi ini mempunyai kelebihan dari berbagai pesawat pesaingnya salah satunya adalah generasi F-35. Dari setiap generasi pesaingnya pasti Pesawat Sukhoi mempunyai kelebihan yang selalu menonjol yakni dapat melakukan manuver tempur tidak bisa diimbangi pesawat lain. Salah satunya adalah manuver menanjak secara tegak lurus dan vertikal. Kemudian berjungkir balik 180 derajat dengan stabil.

Selain itu Pesawat Sukhoi SU-57 mempunyai fitur trust vectoring pada knalpotnya. Dengan fitur ini Pesawat Sukhoi SU-57 dapat dibelokkan ke dalam 3 sumbu gerakan tanpa harus mengurangi gaya dorong pesawat. Sehingga tidak heran dengan fitur ini Pesawat Sukhoi SU-57 tidak memerlukan landasaran terlalu panjang saat lepas landas.

 Kelebihan lainnya dari para pesawat tempur Amerika Lainnya seperti F-22 Raptor adalah masalah radar. Karena Pesawat Sukhoi SU-57 ini dilengkapi radar Irbish-E PESA yang dapat mendeteksi keberadaan musuh baik dari darat, udara maupun laut. Sehingga Pesawat Sukhoi SU-57 dapat mengunci target tanpa disadari target kemudian menjatuhkannya tanpa diketrahui target itu.

 Kelebihan lainnya yang tidak kalah penting adalah masalah suku cadang yang melimpah. Sebab sebagian besar komponen inti Pesawat Sukhoi SU-57 ini sama dengan komponen pesawat Sukhoi generasi sebelumnya. Sehingga sangat menghemat biaya tentunya dalam pembelian pesawat ini.

4. Peluru kendali S-300
Peluru kendali S-300
Peluru kendali S-300 via ayobandung.com
Peluru kendali S-300 adalah rudal yang mempunyai perang mencegat pesawat musuh atau rudal balistik milik musuh. Cara kerjanya sederhana yakni mencari sasaran yang berkeliaran di udara kemudian secara otomatis  Peluru kendali S-300 akan mencegat kemudian menghancurkannya.
 Berita terbaru soal  Peluru kendali S-300

Adalah ditempatkannya  Peluru kendali S-300 di Suriah. Setelah pesawat militer Rusia Ilyushin-20 ditembak pesawat tempur Izrael yang saat itu bermusuhan dengan Suriah. Akibatnya sebanyak 15 tentara Rusia tewas karena berada di pesawat itu. Dengan adanya  Peluru kendali S-300 dipastikan Izrael tidak lagi berani mengganggu wilayah udara Suriah karena sudah ditamengi dengan  Peluru kendali S-300. 

Pesaing dari  Peluru kendali S-300 ini adalah Rudal Patriot milik Amerika Serikat. Cara kerjanya juga sama yakni mencegat rudal balistik dan pesawat jet untuk ke masuk wilayah Rudal Patriot trsebut. Untuk penempatannya juga sama dengan Pesawat Sukhoi yakni  Peluru kendali S-300 di negara - negara sekutu Rusia salah satunya Izrael. Sedangkan si pesaingnya yakni Rudal Patriot penempatannya di negara sekutu Amerika Serikat seperti Turki.

5.Tank T-34
Tank T-34
Tank T-34 via historyofthecoldwarpodcasrt.com
Saat Perang Dunia II Jerman menyerang Rusia pada tanggal 22 Juni 1941. Jumplah Tank Tiger yang dikerahkan Jerman saat itu adalah 3000 tank. Sehingga tidak heran di awal serangan pihak Rusia benar - benar babak belur. Mendekati musim dingin pihak Rusia dengan sumber daya yang melimpah berhasil membuat Tank T-34. 

Meski masih mempunyai banyak kelemahan daripada Tank Tiger seperti dek mudah menyerap air,ruangan sangat sempit dan jarak tembak dekat namun Tank T-34 berhasil memenangkan pertempuran melawan Jerman. Kuncinya satu yakni jumplah Tank T-34 yang melimpah. Terbukti angka produksinya mencapai 84.000 ribu. Kemudian secara efisien Tank T-34 digunakan oleh sekutu - sekutu Rusia disaat itu. Salah satunya digunakan memenangkan pertempuran antara pasukan Vietnam Utara melawan pasukan Vietnam Selatan.

Generasi terbaru dari Tank T-34 adalah Tank T-14 Airmata. Dengan harga Rp 54 Miliar tentu tank ini sangat mengerikan. Bahkan tank ini dilengkapi toilet sehingga tentara penggunanya dapat menggunakannya dalam waktu panjang. Hal ini berbeda dengan tank buatan Amerika Serikat yang sama sekali belum ada tekhnologi toilet ini.  Kelebihan lainnya adalah memiliki menara meriam cukup lebar dan aman. Sehingga bisa digunakan untuk mesin perang lainnya seperti tempat meriam. Yang menarik dari tank ini adalah awak tank tidak lagi duduk di dalam kubah. Namun duduk di sebuah kapsul baja depan lambung tank.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel