Senjata yang Sering Digunakan oleh Pemberontak di Dunia

Pemberontak adalah kekuatan perlawanan secara terorganisir untuk melawan sebuah kepemimpinan. Bila zaman sekarang lazimnya melawan sebuah negara. Pemberontakan paling efektif adalah menggunakan kekerasan karena hasilnya dapat segera dirasakan secara langsung. Namun jalur perlawanan tanpa kekerasan juga diperlukan agar perlawanan semakin efektif.

Senjata yang dibutuhkan oleh para pemberontak biasanya bersifat murah, mudah dibawa dan mudah disembunyikan. Bersifat murah karena dana yang dibutuhkan memang terbatas, mudah dibawa karena kelompok pemberontak biasanya kecil maka dibutuhkan mobilitas secara luas saat melawan musuh dan mudah disembunyikan agar saat terjadi penggeledahan dari pihak penguasa bisa disembunyikan. Ada banyak senjata khas milik pemberontak seperti senapan Ak-47, drone, RPG hingga ranjau

1.Senapan AK-47
Senapan AK-47 via techno.okezone.com
Senapan AK-47 adalah senapan buatan Rusia yang dibuat tahun 1947. Senapan ini didesain oleh Mikhail Kalashnikov. Dengan konsep sederhana, tahan banting terhadap cuaca, terhadap pasir bahkan setelah terendam tidak macet membuat senapan ini sangat populer. Bahkan pesaingnya senapan M-16 dapat dikatakan kalah dari senapan ini. Dibuktikan saat Perang Vietnam banyak prajurit Amerika Serikat yang memunguti senapan AK-47 karena senapan M-16 mereka macet.

Senapan AK-47 ini sudah menjadi bagian dari kehidupan pemberontak di dunia. Seperti penggunaan Senapan AK-47 oleh pemberontak Viet Cong dan pemberontakan Sadinista di Nikaragua. Bahkan senjata ini secara resmi terdapat dalam lambang bendera negara Mozambik, Burkina Faso dan kelompok Hizbullah. 

2.Rudal Stinger
Rudal Stinger
Rudal Stinger via cgsstudio.com
Rudal Stinger adalah peluru kendali darat yang biasanya digunakan untuk menembak pesawat atau helipkopter. Rudal Stinger ii adalah buatan Amerika Serikat yag produksinya dimulai tahun 1981. Jarak efektif rudal ini adalah delapan meter. Banyak kelebiha dari Rudal Stinger ini seperti mudah dibawa dan  mudah dioperasikan. Dalam sejarahnya sudah dikonfrimasi bahwa Rudal Stinger telah menembak 270 pesawat udara.

Karena buatan Amerika Serikat kelompok pemberontak yang menggunakan senjata ini adalah kelompok pemberontak yang pro Amerika Serikat. Contohnya adalah pemberontak Taliban yang melawan Uni Soviet tahun 1979 hingga tahun 1989. Konon dalam perang ini Rudal Stinger benar - benar momok menakutkan bagi pesawat - pesawat Uni Soviet. Karena dengan mudah para pemberontak bersembunyi di balik pegunungan kemudian membidik mereka menggunakan Rudal Stinger. Bahkan tidak jarang banyak pemberontak Taliban yang berani mati menyerang pangkalan udara Uni Soviet.

3.RPG
RPG
RPG via wikipedia.org
RPG adalah senjata senjata anti tank yang ditembakkan dari bahu. Senjata dari Rusia ini mempunyai kepanjangan Ruchnoy Protivotankovy Granatomyot. Sebenarnya tank utama biasanya tidak mempan apabila ditembak menggunakan RPG ini. Namun para kaum pemberontak dapat mengakalinya dengan menembak bagian rantai tank itu. Setelah tank macet kemudian menunggu awak tank itu keluar kemudian ditembaki.

Namun senjata ini sangat efektif untuk menghancurkan kendaraan beroda, panser, gedung dan bunker musuh. Menggunakan teknik sergapan kemudian ditembakkan dengan tiba - tiba tentu musuh akan kelabakan menghadapinya. Senjata ini sangat populer di kalangan pemberontak terutama di kalangan Afrika yang mempunyai kecenderungan terus berkonflik. 

Banyak pemberitaan soal penggunaan RPG ini oleh pemberontak. Seperti saat terbunuhnya tentara Ukraina melawan pemberontak pro Rusia karena serangan RPG. Kejadian ini terjadi saat pemberontak menembakkan RPG ke pos pemeriksaan tanggal 22 Mei 2014. Atau kasus jatuhnya helipkopter AS di Afganistan Agustus 2011. Dalam peristiwa ini sebanyak 30 prajurit AS tewas. Helipkopter ini hancur karena ditembak oleh pemberontak Taliban saat lepas landas.

4.Drone
Drone via fr.sputnik.news.com
Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan menggunakan kompoter atau remot jarak jauh. Secara efektif drone ini seringkali dimodifikasi oleh para pemberontak untuk menyerang musuh - musuhnya. Sebab relatif aman menggunakan drone ini pihak pemegang drone bisa bersembunyi aman. Sedangkan drone yang dimodifikasi itu bisa segera mengenai target. Drone modifikasi itu dapat diberi bom yang bila jatuh akan mudah meledak.

Banyak contoh penggunaan drone ini oleh para pemberontak. Contohnya adalah saar pemberontak ISIS bertarung di Mosul, Irak bagian Utara. Para tentara Irak harus menghadapi 60 sampai 100 drone setiap bulannya. Caranya yakni menjatuhkan bom yang ada di drone itu di titik tentara berkumpul. Atau menggunakannya untuk memandu kendaraan berisi pelaku bom bunuh. 

Bahkan saat pelantikan Presiden Venezuela Nicholas Maduro bulan Agustus 2018 drone digunakan untuk mengacaukannya. Yakni dengan meletakkan bahan peledak kemudian diledakkan dekat Presiden Nicholas Manduro. Namun dalam serangan itu presiden sosialis itu selamat sedangkan tentara yang kebetulan berada di dekat drone itu terluka.

5.Ranjau 
Ranjau
Ranjau via hidayatullah.com
Ranjau adalah jenis alat peledak yang cara penggunaannya dikubur didalam tanah. Cara kerjanya saat disentuh siapa saja ranjau itu akan meledak. Senjata ini sangat efektif membatasi gerak lawan. Sehingga tidak heran senjata ini sangat akrab di tangan pemberontak karena sangat berguna untuk mengalahkan pasukan musuh reguler yang jumplahnya lebih besar. 

Terdapat 3 ranjau yang populer di kalangan pemberontak. Yakni ranjau tanam, ranjau anti tank dan ranjau kawat. Untuk ranjau tanam jelas penggunaanya untuk  ditanam dan apabila Terinjak akan meledak, ranjau anti tank adalah ranjau yang ditujukan untuk tank sehingga daya ledaknya sangat besar karena ditujukan untuk menghancurkan tank sedangkan ranjau kawat adalah 2 ranjau yang  saling diikat menggunakan kawat sepanjang 1 meter. Apabila kawat itu terlanggar maka kedua ranjau itu akan meledak.

Banyak contoh kasus penggunaan ranjau ini oleh pemberontakan. Salah satunya adalah ranjau darat yang dipasang oleh pemberontak Houti yang diamankan oleh tentara Arab Saudi saat mengamankan wilayah perbatasan Yaman dengan Arab Saudi. Hasilnya mereka berhasil menjinakkan 1 juta lebih ranjau. 

6. Granat
Granat
Granat via aktual.com
Granat adalah bom yang cara penggunaanya menggunakan tangan untuk dilepas pinnya kemudian dilemparka. Granat ini sangat efektif untuk dilemparkan kepada musuh. Senjata ini secara efektif dapat membunuh 3 sampai 5 orang Apabila lebih ke mungkin hanya mengalami luka-luka. Dalam film seringkali penggunaan granat terdapat banyak kesalahan di dalamnya. Dalam film seringkali diperlihatkan pin granat ditarik menggunakan gigi padahal itu sangat kuat sekali. sehingga secara efektif pin granat hanya bisa ditarik menggunakan tangan.

Banyak kasus penggunaan granat yang dilakukan oleh pemberontak untuk membunuh musuh musuhnya. Seperti kasus pembunuhan Franz Ferdinand  pangeran dari Kerajaan Austria. Peristiwa ini terjadi pada 28 Juni 1914. Pelakunya adalah pemberontak Serbia yang menginginkan kemerdekaan Serbia dari Kerajaan Austria. Saat rombongan Ferdinand berada di Sarajevo, pemberontak Serbia menyerang iringan mobilnya. 

Namun serangan menggunakan granat itu mengenai mobil pengawalnya. Setelah itu dia kembali ke rumah sakit untuk mengecek kondisi anak buahnya. Disaat itulah salah satu pemberontak menembaknya. Kematiannya sekaligus sebagai pemantik terjadinya perang dunia pertama. Ada pula kisah Saay pemberontak cekoslavia membunuh anak buah terbaik Hitler di Praha. Mereka adalah pemberontak cekoslavia yang membunuh Reinhard Heydrich. 

Di pagi hari saat dia brangkat ke kantor menggunakan mobilnya Para pemberontak berusaha untuk membunuh Heydrich dengan senjata otomatis, tetapi mengalami kerusakan sehingga granat kemudian melemparkan di mobilnya. Ledakan  dari granat itu membuat lubang besar di badan mesin mobil.  Para penyerang kemudian melarikan diri , Heydrich berusaha untuk menembak para pembunuh yang melarikan diri tetapi senjatanya juga macet. Dia kemudian terhuyung kembali ke mobil dan tumbang. Setelah dirawat di rumah sakit selama seminggu kemudian dia meninggal dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel