Berisikan Dokumen Rahasia, Perpustakaan Terlarang dari Berbagai Negara di Dunia

Perpustakaan pada dasarnya menjadi tembak terbaik tidak hanya untuk membaca buku, namun juga untuk mendapatkan deretan pengetahun baru, mulai dari sains, hingga memasak, dan hal tersebut berlaku untuk semua umur, dari anak-anak hingga mereka yang sudah memasuki usia lanjut.

Perpustakaan juga sejatinya telah hadir sejak zaman kerajaan kuno, Mesopotamia hingga Mesir kuno yang terkenal dengan perpustakaan Alexandria miliknya. Namun pada zaman itu, tidak semua orang memiliki akses yang sama untuk mendapatkan pengetahuan dari tempat bernama perpustakaan.

Entah karena terdapat hukum tertentu yang melarang orang biasa untuk memasuki sebuah perpustakaan hingga isi dari perpustakaan tersebut yang nyatanya terlarang untuk orang biasa atau masyarakat umum, sehingga karena hal itulah di dunia ini terdapat beberapa perpustakaan terlarang.

1. Perpustakaan Gua Di Cina

Perpustakaan Gua Di Cina
Perpustakaan Gua Di Cina via wikipedia.org

Disebut juga sebagai Perpustakaan Dunhuang, atau Gua Seribu Buddha. Sejak ditemukan, seluruh disiplin ilmu akademis telah muncul dari perpustakaan yang dahulu tersembunyi di gurun Gobi tersebut. Perpustakaan ini berisi 50.000 dokumen kuno dalam setidaknya 17 bahasa. 

Salah satu artefak paling berharga adalah Sutra Intan, yaitu salinan salah satu khotbah Buddha yang paling tua yang pernah ditemukan yang ditulis pada tahun 868 M. Sutra Intan ini mengandung pesan langsung oleh Buddha berupa"memotong seperti pisau berlian melalui ilusi duniawi untuk menerangi apa yang nyata dan abadi." 

Tidak hanya Sutra Intan, perpustakaan ini juga memiliki koleksi seni Buddha terbesar di dunia. Perpustakaan berbentuk gua ini juga menyimpan artefak yang berkisar berupa 2.000 Buddha tanah liat yang dicat cerah hingga menyerupai deretan patung indah. 

Namun seaka juga menyimpan sisi kelamnya, nyatanya perpustakaan ini juga menyimpan beberapa dokumen kuno yang meresahkan, seperti cara melakukan ritual pengorbanan manusia secara detail hingga catatan kontrak yang dibuat sebagai pertukaran seorang gadis budak untuk melunasi hutang besar seorang pedagang sutra. 

Di perpustakaan tersebut juga terdapat buku sihir, termasuk buku ramalan yang ditulis dalam huruf Turki. Dijelaskan bahwa anak laki-laki yang menemukan kotoran elang adalah pertanda baik, tetapi jika ia menemukan seekor lembu tua yang dimakan oleh semut, maka pertanda itu sangat buruk. 

Sementara itu, hingga kini tidak ada yang tahu untuk apa perpustakaan ada atau mengapa disegel dan dilupakan begitu lama. Yang pasti seseorang dahulu memang dengan sengaja melarang akses ke orang luar atau siapa pun untuk memasuki perpustakaan misterius tersebut.

2. Ruang Perpustakaan Di Balik Gembok Dan Kunci Australia

Ruang Perpustakaan Di Balik Gembok Dan Kunci Australia
Ruang Perpustakaan Di Balik Gembok Dan Kunci Australia via alizul2.blogspot.com

Di dalam ruangan yang digembok di Perpustakaan Nasional Australia terdapat kumpulan buku terlarang dan terbesar di negara ini. Lokasinya tidak dapat diungkapkan karena berisi ratusan buku yang tidak diizinkan untuk dilihat publik. Teks-teks yang terlarang ini mencakup materi yang berpotensi memunculkan kehancuran, seperti panduan untuk melakukan bunuh diri atau buku teks dengan kesalahan dalam eksperimen yang akan menghasilkan bahan kimia beracun. 

Ruang perpustakaan rahasia ini disebut giftschrank, yaitu sebuah istilah Jerman yang berasal dari kata untuk "Racun" dan "lemari." Setelah Jerman pada akhirnya runtuh, literatur Nazi dikabarkan malah disimpan di giftchranks dan bukannya dibakar.

3. Ruang Arsip Rahasia Vatikan

Ruang Arsip Rahasia Vatikan
Ruang Arsip Rahasia Vatikan via painterest.com

Ruang Arsip Rahasia Vatikan yang berbentuk perpustakaan ini cukup terkenal karena telah menimbulkan banyak kecurigaan dan spekulasi selama bertahun-tahun. Beberapa ahli teori konspirasi mengklaim bahwa ruang arsip itu berisi bukti alien atau prediksi kiamat, sementara yang lain menduga bahwa ruang itu adalah tempat penyimpanan rahasia pornografi. 

Bahkan novel populer The Da Vinci Code memberikan tebakan terbaiknya ke dalam sebuah film dengan judul yang sama. Dengan rak buku sepanjang 85 kilometer (52 mil), sangat mudah untuk melihat mengapa teori konspirasi ini ada. 

Namun baru-baru ini Paus membuka Arsip Rahasia untuk dilihat masyarakat dengan akses yang sangat terbatas. Ada hubungan rahasia yang tampaknya tak akan pernah berhenti dicurigai yaitu antara Paus dan tokoh-tokoh sejarah terkenal seperti Michelangelo, Mozart, Ratu Elizabeth, Abraham Lincoln, dan Hitler. 

Bahkan dikatakan terdapat dokumen tentang persidangan para Ksatria Templar dan Galileo. Ada surat dari Henry VIII di mana dia mencoba meyakinkan Paus untuk mengabulkan perceraiannya dari Catherine dari Aragon agar dia bisa menikahi cinta sejatinya, Anne Boleyn. Ada Mary, Ratu Skotlandia, memohon Paus untuk menyelamatkan hidupnya tepat sebelum dia dieksekusi. 

Dan surat-surat rahasia lainnya.

4. Perpustakaan Bayangan atau Shadow Library

Shadow Libraries
Shadow Libraries via stirworld.com

Beberapa orang sangat yakin bahwa akses ke penelitian ilmiah dan jurnal akademis tidak boleh dibatasi untuk mereka yang memiliki cukup uang untuk membelinya. Karenanya, muncullah perpustakaan pembajak (alias shadow library) di dunia digital. 

Jika kamu pernah mencoba mengakses literatur ilmiah secara online, kamu tentu sudah tahu bahwa banyak artikel lain berada di balik ‘akses bayar’ di situs jurnal tertentu. Akses bayar ini kemudian membatasi akses ke setidaknya tiga perempat dari penelitian dan diskusi ilmiah dunia, yang kemudian menjadi perhatian global. 

Tentunya harga untuk akses ini terus meningkat setiap tahun beberapa bahkan hanya mampu dibayar oleh mereka yang berstatus sebagai milyuner.

5. Perpustakaan Rahasia Suriah

Perpustakaan Rahasia Suriah
Perpustakaan Rahasia Suriah via bbc.com

Sejatinya perpustakaan rahasia Suriah bukan terlarang untuk dikunjungi karena apa yang berada di dalam perpustakaan tersebut, melainkan apa yang tengah terjadi di negara tempat perpustakaan tersebut berada.

Adalah Anas Ahmad, salah satu mantan mahasiswa teknik sipil dan salah satu pendiri perpustakaan tersebut yang menggambarkan perjalan ke perpustakaan sebagai ‘menghindari deretan penembak jitu’. Bersama dengan komunitas sukarelawan lainnya, Anas mengatakan bahwa perpustakaan bawah tanah tersebut sengaja dibangun untuk menjaga berbagai pengetahuan penting hancur akibat perang yang berkecamuk.

Di dalam perpustakaan bawah tanah tersebut dikabarkan memiliki hampir 14.000 buku tentang hampir setiap subjek pengetahuan yang ada, dan perjuangan mengumpulkannya adalah pertarungan hidup dan mati.

6. Loker Rahasia Di Sekolah Katolik Amerika

Loker Rahasia Di Sekolah Katolik Amerika
ilustrasi Loker Rahasia Di Sekolah Katolik Amerika via lovemoney.com

Beberapa orang akan berpendapat bahwa sekolah perlu melarang buku tertentu dari perpustakaan mereka untuk dibaca. Misalnya, anak-anak tidak berdosa yang tidak mungkin diberikan izin untuk membaca instruksi tentang cara membuat bom atau literatur yang mendorong kekerasan atau prasangka. 

Namun, apakah masuk akal untuk melarang The Canterbury Tales, Paradise Lost, atau Animal Farm? melarang buku-buku ini dan buku lainnya yang mereka klaim merusak keyakinan agama. Namun walau demikian, salah seorang siswa mengambil tindakan untuk menentang pelarangan buku tersebut. Nama aliasnya adalah Nekochan. Awalnya siswa ini tidak bermaksud demikian, tetapi dia akhirnya menjalankan perpustakaan ilegal dari loker di sekolahnya. 

Peminjangan berbagai buku yang katanya terlarang tersebut terus-terusan terjadi hingga Nekochan ini harus meminjam loker temannya sebagai tempat menyimpan buku terlarang tersebut.

Membela aksinya, dirinya berkata: Saya akan berada dalam banyak masalah jika saya ketahuan, tetapi saya pikir itu adalah hal yang benar untuk dilakukan karena sebelum saya mulai, hampir tidak ada anak di sekolah tetapi saya sendiri yang tertarik untuk membaca. Sekarang tidak hanya semua anak membaca buku yang dilarang, tapi juga membaca apa pun yang mereka bisa dapatkan. Jadi saya melakukan hal yang baik, bukan?

7. Katakombe Paris

Katakombe Paris
Katakombe Paris via dictio.id

Di bawah temaram dan hiruk pikuk, cinta, dan makanan kota Paris yang romantis, terdapat sebuah jaringan bawah tanah rumit yang menyimpan kegelapannya sendiri. Jauh di bawah tanah tersebut adalah ratusan mil terowongan dalam jaringan kompleks yang merupakan salah satu yang tertua di dunia. 

Jaringan batu Ini adalah kota yang lebih gelap yang hanya dikunjungi oleh sedikit turis karena tingginya risiko bahaya. Seperti sisiko orang sering tersesat hingga dindingnya bisa runtuh kapan saja, sehingga banyak orang yang pergi ke sana memilih memakai helm penambang dan selalu berdoa kepadaTuhan. 

Namun di salah satu sudut jaringan rumit ini, terdapat salah satu ruang rahasia yang disebut sebagai La Librairie. Ruangan ini dikabarkan memiliki rak berukir tengkorak tangan manusia yang diisi dengan buku-buku untuk tujuan diambil dan dibaca. Namun tentu saja untuk menemukan perpustakaan rahasia ini harus memiliki pemandu yang tepat, dan akal yang cukup sehat.

Sumber : 

https://listverse.com/2019/03/11/10-illegal-libraries/


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel